Foto: Riki Risnandar via pexels

Gethuk atau getuk adalah jajanan tradisional khas Indonesia yang terbuat dari umbi-umbian. Dulu kudapan ini hanya bisa dijumpai di pinggir jalan atau di pasar tradisional saja. Tetapi seiring berlalunya waktu gethuk kini sudah “naik kelas” dan bisa dengan mudah ditemukan di toko-toko kue, tentu saja dengan kemasan yang lebih mewah.

Sebelum Sobat Halal berburu gethuk, kita cari tahu jenis-jenisnya dulu yuk!

1. Gethuk Lindri

Gethuk Lindri (instagram.com/gethuklindriuna)

Gethuk Lindri terbuat dari gilingan singkong yang diberi warna dan disusun seperti rakit. Biasanya disajikan bersama taburan kelapa yang gurih, yummy!

2. Gethuk Goreng

Gethuk Goreng (instagram.com/getukgoreng_bubanun_jogja)

Gethuk Goreng ini asalnya dari Banyumas loh! Gethuk ini terbuat dari singkong yang dibentuk bulat kemudian diberi campuran gula merah dan digoreng hingga renyah. Rasanya enak dan nagih.

3. Gethuk Singkong

Gethuk Singkong (instagram.com/gethuk_singkong_wisanggeni)

Gethuk ini merupakan olahan gilingan singkong dengan rasa manis. Biasanya berbentuk kotak dan berwarna putih atau kecoklatan. Warna kecoklatan biasanya karena warna dari gula aren, penyajiannya disertai parutan kelapa yang gurih.

4. Gethuk Trio

Gethuk Trio (instagram.com/getuktrio58)

Gethuk ini merupakan oleh-oleh khas Magelang, diberi nama trio karena gethuk ini punya 3 warna. Gethuk ini dibuat dari gilingan singkong yang sangat halus, santan dan gula. Tak heran jika rasanya gurih, manis dan legit.

5. Gethuk Sukun

Gethuk Sukun (instagram.com/alley_owein)

Selain terbuat dari singkong, gethuk juga terbuat dari sukun. Gethuk sukun terbuat dari sukun yang masak dan dikukus lalu digiling bersama gula serta sedikit garam. Meskipun tidak selembut gethuk yang terbuat dari singkong, gethuk ini memiliki rasa gurih-manis, tekstur yang padat dan sangat aromatik.

6. Gethuk Pisang

Gethuk Pisang (instagram.com/gethukpisangalkayyis)

Gethuk Pisang konon merupakan makanan putra putri raja pada jaman dahulu, asalnya dari Kediri, Jawa Timur. Gethuk ini terbuat dari pisang masak yang dikukus kemudian digiling bersama gula dan garam. Rasanya lembut, lumer dan aromanya khas.

7. Gethuk Kurung

Gethuk Kurung (instagram.com/getukyoko)

Gethuk ini terbuat dari singkong yang dikukus dan digiling bersama gula, asalnya dari Desa Kurung, Klaten, Jawa Tengah. Gethuk ini punya banyak warna. Sekilas seperti gethuk pada umumnya, tetapi saat digigit Sobat Halal dapat merasakan isian selai nanas berwarna keemasan yang lumer di dalamnya. Wah, perpaduan rasa manis, gurih dan asamnya luar biasa nikmat loh!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk aneka gethuk
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
2 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Dinilai
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar