Foto: Ulrike Leone via pixabay

Bagikan artikel ini

Namanya memang “menyeramkan” karena ada kata babi-nya. Tapi jangan khawatir bulu babi adalah salah satu bagian dari biota laut dan sama sekali tidak ada hubungan dengan hewan babi di darat yang jelas haram untuk dimakan.

Seperti dilansir Kumparan, dengan mengutip dari Halal MUI, Anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dr. KH. Abdurrahman Dahlan, MA, mengungkapkan bahwa semua hewan laut itu halal untuk dikonsumsi sebagai hewan laut bulu babi halal untuk dikonsumsi.

Bulu babi memang cuma penamaan saja, di beberapa daerah dikenal juga sebagai landak laut atau dalam bahasa Inggris disebut sea urchin. Tampilannya memang lebih mirip landak dan terlihat sangar karena punya lusinan duri yang melindungi tubuhnya.

Bulu babi atau landak laut adalah hewan laut pemakan tumbuhan. Populasi landak laut biasanya banyak ditemukan di perairan subtropis atau tropis, termasuk salah satunya di perairan Indonesia yang suhu perairannya cukup hangat. Banyak studi yang menganggap bulu babi sebagai hama laut, sebag jika populasinya berlebih bisa mengancam ekosistem pantai dangkal karena bisa merusak hamparan rumput laut dan terumbu karang.

Bulu babi di habitat aslinya (foto: Stefan Sebok via unsplash)

Tidak mengejutkan jika Sobat Halal banyak menjumpai populasi bulu babi saat berkegiatan di pantai yang banyak karangnya. Hati-hati jangan sampai menginjaknya karena durinya mengandung bisa yang meski tidak seberbahaya bisa ular dan tidak mematikan, tapi rasanya bisa sangat menyakitkan.

Namun, di balik citranya yang cukup menyeramkan, ternyata bulu babi layak untuk dikonsumsi. Di Jepang, Itali dan Korea, juga di banyak daerah di Indonesia, daging dan telur bulu babi sudah banyak dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari dan obat.

Banyak cara untuk menikmati hewan laut yang satu ini. Sekarang kita cermati satu per satu dulu yuk, olahan bulu babi yang konon cukup lezat ini!

1. Tagliatelle

via ilispasta.gr

Tagliatelle adalah varian olahan pasta yang berasal dari Itali. Pada umumnya, gonad atau telur bulu babi, diaduk bersama tagliatelle. Rasa gonad yang manis dan umami ini menjadi booster rasa yang menakjubkan untuk sajian tagliatelle.

2. Sushi

via sushimakingkit.org

Di Jepang, gonad biasanya menjadi topping sushi nigiri, shasimo atau disajikan menjadi gunkan-maki. Dalam sajian ini, gonad memiliki warna keemasan yang persuasif dan rasa umami yang menonjol.

3. Hot Pot

Kagurazaka Ishikawa via cityfoodsters.com

Gonad kerap menjadi salah satu topping untuk hot pot berbahan nasi-sayur atau mie-sayur. Dengan kuah berkaldu yang light dan segar, biasanya gonad diolah bersama tambahan daging sapi atau telur yang diaduk. Yummy!

4. Toast

via foodrepublic.com

Daging bulu babi bisa diolah menjadi topping roti untuk sarapan pagi dan disajikan bersama scrambled egg. Dagingnya yang lembut memiliki cita rasa tersendiri, biasanya dimarinasi lalu di-grill dan diberi taburan seledri. Aromanya menggelitik dan menarik loh!

5. Canape

via tastewiththeeyes.com

Canape merupakan makanan bite-size atau makanan sekali-caplok yang cocok sebagai makanan pembuka atau snack. Biasanya canape yang menambahkan daging bulu babi dan telurnya memakai wadah telur rebus yang telah dibelah.

Selain memakai daging bulu babi dan gonad, keduanya diolah bersama caviar dan rempah khusus sehingga membuat canape ini memiliki rasa creamy dengan aroma rempah yang menggoda.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk makanan unik ini
[Total: 4 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar