Sate Bulayak (via lombokbaratkab.go.id)

Lombok yang dikenal sebagai Pulau Seribu Masjid terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Selain dikenal dengan keindahan alam yang eksotis, kuliner khas daerahnya pun sering menjadi incaran bagi para wisatawan.

Berbicara soal pulau yang satu ini, Sobat Halal pasti sudah sangat familiar dengan Ayam Taliwang, kan? Nah, ternyata selain Ayam Taliwang, masih ada makanan khas lain yang wajib dicoba karena rasanya tak kalah nikmat dan tak terlupakan.

1. Sate Ikan Tanjung

Sate ikan Tanjung (via gadizalombok.com)

Sate ini biasanya terbuat dari ikan Makalang atau Marlin yang dibakar bersama campuran bumbu rempah yang rasanya cukup pedas, biasanya dimakan bersama nasi dan lontong. Rasanya pun gurih dengan aroma rempah yang menggoda.

2. Ares

Ares (foto: instagram.com/tengakarta)

Ares adalah makanan khas yang terbuat dari pelepah pisang muda, biasanya sering disajikan dalam acara pernikahan Suku Sasak. Selain rasanya pedas, perpaduan rasa manis dan gurihnya turut memanjakan lidah.

3. Poteng Jaje Tujak

Poteng jeje Tujak (foto: instagram.com/dian_viraz)

Merupakan makanan tradisional Lombok yang terbuat dari tepung beras  yang dimakan bersama fermentasi beras ketan atau tape ketan yang dimasak bersama daun suji atau pandan.

Makanan ini tergolong langka karena merupakan makanan yang sering disajikan saat Lebaran. Namun, jika ingin mencoba, Sobat Halal bisa berburu makanan ini di rumah makan tradisional.

4. Tanaq Maiq

Tanaq Maiq (via insidelombok.id)

Tanaq Maiq merupakan ikan nila yang dimarinasi lalu dibalur dengan minyak kelapa dan dibakar dengan menggunakan tusukan bilah-bilah bambu. Meskipun terlihat tidak berbumbu, namun setelah disantap rasa gurih dan kelembutan daging ikan nila terasa sempurna di lidah. Biasanya disajikan bersama sambal totok dan urap sayur khas lombok.

5. Bebalung

Bebalung (via temukonco.com)

Makanan khas satu ini terbuat dari iga sapi yang dimasak dengan bumbu pedas dan rempah khas Lombok. Bebalung disajikan dengan taburan bawang merah goreng yang melimpah, jangan ragukan kesegaran dan kenikmatannya ya Sobat Halal.

6. Ayam Pelalah Lombok

Ayam Pelalah Lombok (via Youtube Lonnie cafe)

Masakan satu ini merupakan makanan khas hasil persilangan dengan makanan khas Pulau Dewata. Ayam pelalah dikenal dengan bumbu rendaman khas yang rasanya gurih dan pedas. Jika ayam pelalah khas Bali disuwir-suwir, ayam pelalah khas Lombok justru berupa potongan-potongan bagian tubuh ayam. Namun demikian, rasanya tidak kalah nikmat.

7. Sate Bulayak

Sate Bulayak (via lombokbaratkab.go.id)

Bulayak adalah lontong yang terbuat dari beras ketan. Sate Bulayak sendiri sering disajikan bersama daging ayam atau sapi yang telah dibumbui khas Sasak disertai bumbu cocolan yang terbuat dari kacang dan santan. Uniknya, masyarakat menggunakan daun enau atau aren untuk membungkus bulayak yang disajikan.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 2 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar