Siapa sih yang tidak suka dengan mie? Mie merupakan makanan yang paling banyak dijumpai dan digemari di kawasan Asia tak terkecuali di Indonesia. Kemanapun Sobat Halal pergi ke negara-negara di kawasan Asia pasti bakal menemukan jajanan mie dalam aneka bentuk.

Tak mengherankan karena selain nikmat disantap, mie adalah makanan yang mudah disiapkan dalam berbagai variasi, baik dari cara penyajian, cara memasak, topping, bumbu, bahan utama dan lain sebagainya. Jadi meskipun sama-sama berbahan dasar terigu berkat berbagai variasi tadi rasanya bisa jauh berbeda, dengan ciri khas masing-masing tentunya.

Di Indonesia  jajanan mie bakso atau mie ayam adalah sajian mie yang sangat populer dan tersedia dari Sabang sampai Merauke. Nah sekarang kita lihat yuk di negara-negara Asia yang lain sajian mie apa saja sih yang khas dan populer.

Tapi, as a friendly reminder, karena topping dan tambahan bumbunya macam-macam, pastikan dulu kehalalannya sebelum Sobat Halal jajan aneka sajian mie berikut ya!

1. Mi Goreng

Mi Goreng Jawa (kredit: R Eris Prayatama via unsplash)

Mie goreng adalah mie favorit “sejuta umat”, makanan ini banyak dijumpai di Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Pada umumnya, mie ini terbuat dari mie telur yang dimasak bersama tumisan bumbu, sayur mayur yang dikombinasikan dengan topping seafood, telor, ayam, atau sapi dan kemudian ditaburi bawang goreng serta seledri.

2. Wonton Noodles

Wonton Seafood (kredit: zhangtingzhi via pixabay)

Di Hongkong, Wonton adalah pangsit. Wonton noodles sendiri merupakan makanan favorit penduduk Hongkong. Biasanya pangsit ini disajikan bersama mie dalam bentuk basah atau kering bersama semangkuk kaldu sapi atau ayam.

Selain itu, wonton noodles terkenal memiliki tekstur mie yang lembut loh! Tapi jika memesan makanan yang satu ini pastikan dulu kehalalannya ya!

3. Ramen

Ramen (kredit: Diego Lozano via unsplash)

Ramen merupakan sebutan mie di Jepang. Pada umumnya ramen disajikan dengan kuah kaldu yang kental bersama potongan daging, rumput laut, telur setengah matang dan taburan biji wijen sangrai.

Tak mengherankan jika ramen memiliki bau khas yang sedap dan menggugah selera, hmmm yummy deh!

4. Pho

Pho (kredit: Kirill Tonkikh via unsplash)

Pho adalah sajian mie khas Vietnam yang mudah dijumpai di Hanoi dan Ho Chi Minh City. Pho sendiri merupakan mie yang terbuat dari beras yang disajikan dengan kuah kaldu sapi atau ayam yang telah dibumbui dengan ketumbar, bunga lawang, dan jahe.

Selain topping sapi atau ayam, biasanya pho ditaburi kemangi, daun mint, atau daun bawang. Uniknya, pho semakin nikmat disantap saat ditambahkan merica dan perasan jeruk nipis, yummy!

5. Saimin

Saimin (via hawaiimagazine.com)

Eits jangan salah, ini bukan nama orang dari Jawa, karena ini adalah nama sajian mie yang berasal dari Hawaii. Saimin sendiri adalah menu yang diadaptasi dari Tiongkok dan meledak di pasaran Hawaii sekira tahun 1960. Saimin sendiri memiliki arti sebagai mie tipis yang lentur dan lembut.

Pada umumnya, Saimin disajikan dengan kuah kaldu cokelat bening yang gurih bersama taburan daging sapi atau ayam, kamaboko atau fish cake, kacang polong, wortel, daun bawang.

Kuah kaldunya sendiri terbuat dari ayam atau sapi yang diberi tambahan jahe. Supaya lebih nendang, biasanya ditambahkan irisan telur atau udang. Hmmm, yummy!

6. Bibim Guksu

Bibimguksu (via restaurantkorean.ro)

Mie yang satu ini berasal dari Korea. Mie ini terbuat dari gandum yang direbus dan disajikan ke dalam kuah dingin yang dicampuri pasta cabai merah, gochujang, cuka, bawang putih, gula, mentimun, taburan wijen sangrai dan irisan telur.

Tidak heran jika rasanya manis, asam, asin seperti permen nano-nano. Unik kan!?

7. Laksa

Laksa (kredit: Kina via unsplash)

Sajian mie yang satu ini berasal dari Malaysia dan Singapura. Seperti mie pada umumnya, laksa terbuat dari mie telur yang tebal dan padat. Namun demikian, mienya tetap lembut dan lentur saat disantap.

Terkadang laksa juga disajikan menggunakan bihun, bisa diatur sesuai selera. Laksa terkenal akan kuah kentalnya yang menggoda yang dilengkapi bumbu kari, santan dan asam. Selain itu, terdapat topping dari udang segar yang juicy, yummy!

8. Ash Reshteh

Ash Reshteh (kredit: via-iranpress.com)

Sajian mie yang satu ini merupakan sajian sup musim dingin khas Persia yang kerap disantap di awal tahun. Pada umunya, ash reshteh disajikan dengan kuah khask dengan campuran kunyit, herbal dan lentil.

Khask sendiri adalah pasta sejenis yogurt tetapi lebih asam dan kental. Selain itu, terdapat sayuran bayam dan parsley. Sehingga tidak heran jika mie sup yang satu ini memiliki rasa dan aroma yang khas serta kuat, benar-benar autentik!

9. Pad Thai

Pad Thai (kredit: Ruth Georgiev via unsplash)

Mie ini terbuat dari beras dan berasal dari Thailand. Bentuknya pipih dan lebar seperti kwetiaw. Pada umumnya, pad thai adalah mie yang ditumis dengan bumbu asam khas Thailand bersama taoge, kucai, kacang, tahu dan udang.

Tidak mengherankan jika pad thai kaya akan rasa dan memiliki aroma khas yang unik. Pad thai semakin nikmat saat disantap bersama perasan jeruk nipis dan bubuk cabai.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Aneka Masakan Mie
[Total: 6 Rata-rata: 4.8]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar