Jambi merupakan kota yang terletak di Pulau Sumatra yang juga dikenal sebagai Kota Bertuah, Bumi Melayu, Lancang Kuning atau pun Kota 1000 Ruko. Tak heran jika Sobat Halal menemukan banyak ruko yang tak terhitung lagi jumlahnya ketika berkeliling Kota Jambi.

Penduduk Kota Jambi sendiri terdiri dari Suku Kubu, Kerinci, Palembang, Batin, Bengkulu, dan Minangkabau. Walau demikan, tak jarang juga kita temukan Suku Jawa di Kota Jambi. Wah, ternyata di Kota Jambi terdapat banyak sekali suku ya! Meski pun demikian, kebudayaan di Kota Jambi memiliki banyak kemiripan dengan Minangkabau. Jadi penasaran, ada makanan enak apa saja ya di Kota Jambi? Yuk, kita cermati satu per satu!

1. Dendeng Batokok

Foto via pusakosatu.files.wordpress.com

Sobat Halal jangan lupa cobain masakan satu ini. Dendeng Batokok adalah dendeng yang terbuat dari daging sapi yang diiris-iris dan direbus bersama bumbu. Kemudian daging berbumbu tersebut dipukul hingga pipih lalu dilumuri bumbu dan dibakar atau digoreng terlebih dahulu sebelum akhirnya dilumuri sambal lado mudo.

Sambal lado mudo sendiri terbuat dari cabe hijau, bawang merah, tomat, dan garam. Namun, dilumuri sambal balado juga tetap enak loh!

RM Dendeng Batoko Pusako Satu merupakan warung dendeng legend di Kota Jambi. Lokasinya di Jl. AR Hakim no. 54, Simpang IV Sipin, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Jambi.

Dendeng dibanderol sekitar Rp 120.000 per 10 iris daging sapi. Sobat Halal juga bisa belanja daring melalui instagram @dendengpusako lho, asik!

2. Gulai Kepala Ikan Baung Jumbo

Foto: Youtube Channel Pasukan Kuliner

Sobat Halal wajib mencoba yang satu ini nih! RM Putri Kembar punya masakan andalan berupa Gulai Kepala Ikan Baung, sekali coba pasti nagih. Lokasi RM Putri Kembar ada di Jl. Abdurahman Saleh No.48, Paal Merah, Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36126, Indonesia.

Perlu diingat, menu di rumah makan ini cepat sekali habis. Bahkan mau makan pun harus antri terlebih dahulu, tapi demi gulai yang segar dan lezat tentu tidak masalah. Selain terkenal akan kelembutannya, gulai kepala ikannya tidak berbau amis loh.

Disarankan sobat Halal melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum jam makan siang agar tak kehabisan. Gulai Kepala Ikan di sini dibanderol dengan harga Rp 60.000, murah-meriah-mantap!

3. Es Krim Delico Kumpeh

Foto thejournale via jakartakita.com

Delico adalah es krim lokal kebanggaan Jambi loh Sobat Halal, Delico berpusat di Jl. Kol Pol M Thaher, Pakuan Baru, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36122.

Tersedia juga varian rasa yang enak dan unik, yaitu cokelat, vanila, durian, strawbery, nangka, alpukat, dan green tea. Es krim Delico cocok sekali di makan bersama roti atau menjadi hidangan penutup setelah makan. Selain tidak ‘eneg’, rasanya pun tidak terlalu manis. Mantul, kan?

4. Buah Duku Kumpeh

Buah duku di daerah Jambi juga menjadi buah unggulan, bahkan duku ini mampu bersaing dengan duku dari Palembang, Matesih, dan Condet yang lebih dulu di kenal dan komersil.

Buah duku dari Jambi memiliki keistimewaan tersendiri, yaitu daging buah yang tebal dan kenyal, berwarna bening, manis, tidak berserat, bahkan hampir tidak berbiji. Pokoknya legit, deh! Kerennya lagi, tanaman duku yang berproduksi di kawasan Kumpeh, umurnya mencapai 50 tahun hingga lebih dari 100 tahun.

Bukan main ya Sobat Halal, meski pun jompo, pohon duku tetap produktif.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 1 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar