Foto Supri Yanto [via unsplash]

Semarang yang juga merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah memiliki julukan sebagai Kota Atlas. Selain salah satu daerah aneka industri, pusat perbelanjaan dan wisata, Semarang juga terkenal akan wisata kulinernya yang beraneka ragam. Mulai dari warung kaki lima, cafe hingga restoran.

Ada banyak ragam kuliner khas Semarang yang siap memanjakan lidah Sobat Halal. Kapanpun Sobat Halal merasa ingin bersantap, mau pagi siang atau malam tak sulit menemukan tempat kuliner di Semarang. Nah kali ini kita telusuri kuliner khas malam yang bisa kita nikmati sambil menyusuri keindahan Semarang di waktu malam.

Apa saja ya pilihannya? Sobat Halal, yuk kita jelajahi satu per satu!

1. Bakmi Jowo Pak Gareng

Bakmi Jowo Pak Gareng
foto instagram@diantierwita

Terletak di Jalan Wot Gandul Dalam No. 171, mie dan nasi goreng di warung ini dimasak satu persatu menggunakan arang. Selain terkenal enak, harganya juga cukup ramah di kantong loh.

2. Nasi Ayam Bu Sami

nasi ayam bu sami
foto: instagram@dimas.gembul

Warung legendaris milik Bu Sami ini berdiri sejak 1975, lebih dikenal dengan nama Nasi Ayam Pojok Matahari dan buka setiap pukul 23.00 – 06.00 WIB. Nasi ayam adalah hidangan populer masyarakat Semarang, tak heran jika di kota tersebut banyak penjual Nasi Ayam.

Namun demikian, konon racikan Nasi Ayam Bu Sami adalah juaranya. Selain perpaduan rasa gurih dan manis yang sangat pas,  pilihan lauk tambahannya juga bervariasi seperti telur, tahu, ayam goreng, ayam opor, ceker, dan aneka sate.

3. Es Puter Cong Lik

Es Puter Cong lik
Foto: instagram@mahasiswakulineran

Buka sejak tahun 1980, es krim legendaris Semarang ini menawarkan  4 varian untuk dinikmati, yaitu durian, kelapa muda, cokelat, dan alpukat. Es Puter ini disajikan bersama irisan roti, mutiara dan toping pilihan seperti, es ini juga dibuat tanpa bahan pengawet loh, Sobat Halal.

4. Tahu Petis Prasojo

Tahu Petis Prasojo
Foto: instagram@tahu.petis.prasojo

Perpaduan manis dan gurih Petis Hitam Semarang tidak ada tandingan, terlebih jika disantap dengam cabe rawit segar. Tahu Petis Prasojo terletak di Pujasera Simpang Lima, Pleburan.

5. Nasi Gandul Pak Memet

Foto: instagram@anandheeaa

Nasi Gandul merupakan nasi putih yang disiram dengan kuah bercita rasa gurih-manis dengan warna kecoklatan. Biasanya disajikan dengan topping tambahan seperti empal, otak, kulit dan jeroan lainnya. Lokasi / alamat Nasi Gandul Pak Memet terletak di Jalan Dokter Cipto No.12, Bugangan.

6. Kacang Ijo Kapuran

Foto: instagram@b_bagus_w

Sudah kenyang dengan aneka makanan berat di atas? Jika masih belum ngantuk dan masih ingin menikmati malam di Semarang sekaligus menutup perjalanan kuliner malam dengan minuman manis nan menyegarkan badan? Yuk arahkan langkahmu ke kawasan Gang Kapuran, tepatnya Jl. Ki Mangunsarkoro, Gabahan, Semarang Tengah. Di sana Sobat Halal bisa menikmati minuman hangat wedang di Warung Tenda Kacang Ijo Kapuran.

Warung yang sudah berjualan sejak 1975 ini menyediakan tiga hidangan favorit yaitu wedang kacang tanah, wedang kacang ijo, dan wedang duren. Tapi selain disajikan sebagai wedang hangat, tiga varian tadi juga bisa dipesan sebagai minuman dingin alias es, yang cukup sering dipesan adalah Es Kacang Tanah.

Selain minuman juga menyediakan aneka camilan untuk menemani seperti aneka gorengan, siomay goreng, siomay rebus, lumpia, ada juga arem-arem dan bacang. Warung Kacang Ijo Kapuran buka mulai pukul 3-4 sore sampai menjelang tengah malam.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 1 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar