Foto: instagram.com/mangkok_ayam

Sobat Halal, siapa sih yang tak pernah pakai mangkok bergambar ayam jago? Mangkok ayam jago pasti familiar sekali dengan kehidupan kita sehari-hari, apalagi yang hobi jajan.

Ternyata mangkok ayam jago yang eksis melewati lintas generasi ini punya sejarah yang panjang loh! Awal mula mangkok dengan gambar ayam jago ini muncul di Tiongkok pada kejayaan Dinasti Ming dan mulai diproduksi dalam jumlah besar pada masa Dinasti Qing.

Di Tiongkok mangkok ini banyak dipakai dalam acara adat pernikahan tradisional masyarakat. Gambar ayam, bunga peony dan daun pisang pada mangkok yang memiliki filosofi kemakmuran, kekayaan atau kesejahteraan dan keberuntungan, itulah mengapa dalam keseharian masyarakat di Tiongkok tidak lepas dari mangkok ini.

Ternyata mangkok dengan gambar ayam tersebut mendunia dan banyak ditemukan di produk selain keramik, seperti baju, syal, gelas, nampan, topi dan lain sebagainya yang diperjual belikan di Indonesia.

Dari zaman ke zaman, mangkok tersebut mengalami perubahan. Meskipun demikian, penggunaan mangkok ayam jago di Indonesia masih tetap sama. Sadar atau tidak, berikut adalah makanan yang identik dengan mangkok ayam jago!

1. Soto

instagram.com/sotoayamcakhari_gs

Berdasarkan buku Denys Lombard, soto (dalam masyarakat Tiongkok disebut caudo atau jau to) merupakan salah satu kekayaan kuliner Tiongkok yang dibawa oleh imigran Tiongkok ke Indonesia.

Dari dulu hingga sekarang, mangkok ayam jago selalu dipakai dalam penyajian segala jenis soto di warung-warung makan.

2. Bakso

halallife.id/hub/bakso-urat-arema-soringin

Seperti halnya mangkok ayam itu sendiri, kuliner satu ini merupakan kuliner yang sudah ada pada masa Dinasti Ming dan merupakan akar dari seni kuliner ala Tiongkok – Indonesia.

Bak-So dalam masyarakat Tiongkok memiliki arti daging giling dalam bahasa Indonesia, sejak dulu hingga saat ini bakso di Indonesia disajikan dengan mangkok ayam jago.

3. Mie Ayam

halallife.id/hub/mie-ayam-ceker-berkah-jaya

Mie ayam juga merupakan kekayaan kuliner Tiongkok yang dibawa oleh imigran Tiongkok ke Indonesia. Awalnya mie ayam dikenal sebagai bakmi.

Seiring berlalunya waktu, nama mie ayam yang disajikan dengan mangkok ayam jago lebih akrab dikenal oleh masyarakat Indonesia.

4. Rawon

instagram.com/rawon_greget

Eksistensi rawon tercatat dalam Prasasti Taji, ternyata makanan khas Jawa Timur yang dikenal sebagai black soup ini sudah ada sejak tahun 901 Masehi dan bernama rarawwan.

Meskipun merupakan salah satu makanan otentik Indonesia, rawon di Indonesia banyak disajikan dengan mangkok atau piring dengan corak ayam jago.

5. Bubur Ayam

instagram.com/buryamnoi

Comfort food bagi kebanyakan orang yang satu ini sudah ada sejak tahun 238 SM loh! Awalnya makanan ini muncul saat musim paceklik pada masa pemerintahan Kaisar Kuning. Hasil olahan beras yang dimasak menjadi bubur memiliki volume yang lebih tinggi sehingga cukup untuk menghidupi rakyat kala itu.

Pada masa pemerintahan Kaisar Qi, bubur dikenal menjadi hidangan di saat seseorang sakit. Banyak penjual bubur di Indonesia hingga saat ini masih memakai mangkok ayam jago untuk menyajikan makanan tersebut.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Mangkok Ayam Jago
[Total: 5 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
2 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Dinilai
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar