Bandung Street Food (foto: ds/HalalLifeID)

Baru-baru ini TasteAtlas menobatkan salah satu kota di Indonesia, yakni Kota Bandung sebagai kota dengan makanan tradisional terbaik di dunia. Dalam ajang TasteAtlas Awards, Bandung menduduki nomor ke-11 terbaik dunia dalam kategori World’s Best Traditional Food Citites.

TasteAtlas adalah perusahaan yang didirikan oleh para jurnalis dan pengusaha pada tahun 2015. Perusahaan yang berpusat di Kroasia tersebut merupakan ensiklopedia dan atlas dunia untuk hidangan dengan bahan-bahan lokal yang autentik dan tradisional.

Seluruhnya ada 50 kota di dunia yang masuk dalam penobatan kuliner tradisional terbaik ini. Sepuluh kota teratas di dunia sebelum Bandung adalah Mexico City, Bangkok, Naples, Hongkong, Buenos Aires, Paris, Bucharest, Rome, New Delhi, dan Seoul di urutan ke-10. Peringkat dilakukan berdasarkan penilaian para kritikus makanan ditambah lebih dari 100 ribu rating di situs TasteAtlas.

Keren, kan!? Yuk kita intip, makanan apa aja sih yang mencuri perhatian TasteAtlas!?

1. Mie Kocok

Mie Kocok Bandung (foto: ds/HalalLifeID)

Mie kocok adalah sajian berkuah sejenis mie bakso tapi dengan mie gepeng kuning dengan cita rasa kaldu dari rebusan kaki sapi yang kental. Mie kocok biasanya disajikan bersama irisan kaki sapi atau kikil, tauge, irisan seledri, taburan daun bawang dan jeruk nipis. Bisa juga ditambahkan pilihan bakso atau kerupuk kulit.

Dinamakan mie kocok karena cara saat merebus mienya dikocok-kocok dengan saringan besi di dalam panci kuah sebelum dihidangkan ke dalam mangkok.

2. Batagor

Instagram @batagorbandungpelangi

Batagor adalah jajanan khas Bandung yang dikenal hampir di seluruh pelosok negeri. Nama batagor sendiri diambil dari akronim bakso tahu goreng. Ya batagor awalnya adalah adaptasi dari makanan bakso tahu yang sudah duluan populer namun dibuat variasi dengan cara digoreng sebelum disajikan.

Di Bandung batagor mulai populer pada medio 80-an. Batagor disajikan dengan pilihan bumbu kacang yang lezat dengan perasan air jeruk nipis atau bisa juga ditambah kuah bakso. Yummy!

3. Kupat Tahu

Instagram @rendosraos

Kupat tahu Bandung merupakan menu favorit untuk sarapan. Kupat tahu yang terdiri dari ketupat beras disajikan dengan tahu kuning panas dan toge rebus, lalu disiram bumbu kacang dan kecap manis. Rasanya pun menjadi manis-gurih.

Di seantero Bandung Raya dapat ditemukan penjual kupat tahu dengan mudah. Ada beberapa variasi kupat tahu yang populer jadi pilihan, misalnya kupat tahu Padalarang, kupat tahu Singaparna, dan kupat tahu petis.

4. Soto Bandung

Instagram @bekalnya_dapurvane

Seperti halnya soto-soto yang lain, soto khas Bandung memiliki bahan utama berupa irisan daging sapi dan kuah kaldu yang lezat. Namun, yang membuatnya berbeda dengan soto lain adalah penggunaan lobak putih, tomat dan kedelai goreng sebagai tambahan dalam isiannya.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Makanan Tradisional di Bandung
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar