Makanan khas dari berbagai negara ini memang sangat menggugah selera. Mungkin ada kekhawatiran Sobat Halal menyangkut kehalalan makanan di bawah ini. Hal ini terutama karena namanya yang cenderung tidak familiar atau mungkin terlalu kebarat-baratan.

Tentu saja pada akhirnya soal halal atau tidak tidak bergantung pada namanya tapi bergantung dari bahan yang digunakan dan cara memasaknya. Jika dibuat dari bahan yang halal dengan cara memasak yang halal pula, makanan-makanan luar negeri di bawah ini bisa saja menjadi makanan halal yang aman untuk disantap.

Faktanya ada banyak kok restoran halal menyajikan makanan-makanan berikut. Sekali lagi yang penting perhatikan saja apakah restorannya menyajikan makanan halal atau tidak. Kalau iya berarti makanan di bawah ini bisa Sobat Halal nikmati.

1. Tom Yam Goong, Thailand

Tom Yam Goong (foto youtube)

Tom Yam Goong merupakan masakan asli Thailand yang terbuat dari cumi, udang, dan isian seafood lain dengan kuah yang bercita rasa asam-pedas. Makanan ini cocok untuk di makan saat hari hujan.

2. Lasagna, Italia

Lasagna (via insanelygoodrecipes.com)

Siapa yang tidak kenal Lasagna ya? Lembaran pasta yang disusun, dibalur saus bechamel, marinara, bertabur keju dan daging ini punya banyak penggemar dari berbagai belahan dunia loh. Rasa creamy dan segar yang didapat dari buah tomat siap menggoyang lidah Sobat Halal.

3. Pho, Vietnam

Beef Pho (via asianfoodnetwork.com)

Pho merupakan makanan yang terbuat dari bihun, kaldu, dan daging ayam atau sapi. Pho memiliki aroma yang harum dan rasa yang lezat, mencium aromanya saja bisa membuat kita lapar. Konon makan ini sudah ada sejak abad 19 dan merupakan masakan asli Vietnam yang dipengaruhi oleh cita rasa Cina dan Perancis.

4. Taco, Mexico

Taco (via coles.com.au)

Taco merupakan makanan kebanggan Mexico, makanan ini cocok dimakan kapan saja. Taco terbuat dari potongan daging sapi yang dibumbui dengan garam dan minyak zaitun, lalu diberi irisan bawang bombay beserta potongan sayur lainnya seperti selada, daun ketumbar, dan taburan jagung manis yang dilipat bersama tortila panggang.

Sobat Halal akan dimanjakan dengan rasa segar dan gurih, sekaligus sensasi ‘kriuk’ di saat bersamaan.

5. Bibimbap, Korea

Dolsot Bibimbab (foto oleh Guilhem Vellut)

Pencinta drama Korea pasti tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Makanan ini terbuat dari nasi putih hangat yang diberi topping irisan daging sapi, tumis sayur dan acar sayur yang diberi berbagai macam saus khas Korea.

Dan tidak ketinggalan, telur berair adalah topping terakhir yang diletakkan sebelum semua bahan tersebut dicampur bersama nasi. Yummy!

6. Beef Stroganoff, Rusia

Beef Stroganoff (via woolworths.com.au)

Makanan dari Rusia ini adalah makanan yang terbuat dari potongan daging sapi yang ditumis bersama bawang putih dan bawang bombay, kemudian disiram kaldu daging, saus asam dan saus krim di atasnya. Cocok dimakan bersama nasi, kentang, dan mie.

7. Biryani, India

Chicken Biryani (via food52.com)

Nah kalau makanan yang satu ini, kehalalannya sudah mendunia, bahkan sudah identik dengan makanan halal. Jika di luar negeri kita susah cari restoran halal, maka Briyani biasanya bakal jadi pilihan Sobat Halal.

Sekilas makanan ini terlihat seperti nasi goreng, namun rasanya jauh berbeda karena terbuat dari bumbu kari yang kompleks dan memiliki bulir nasi yang lebih panjang dibandingkan nasi biasa.

Pada umumnya, makanan ini diberi topping berupa daging ayam, kambing atau sapi yang telah dimasak kari. Konon makanan ini pertama kali diolah oleh komunitas muslim yang berada di anak Benua India.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar