Ilustrasi foto: Adam Novianto via unsplash

Meski konon nasi goreng bukan asli masakan Nusantara melainkan adaptasi dari makanan dari Tiongkok, tapi kini nasi goreng tak terbantahkan sudah menjadi salah satu makanan khas Indonesia. Bahkan warga asing penikmat kuliner Indonesia pun menyebutnya dalam kata aslinya “nasi goreng” dan tidak diterjemahkan menjadi “fried rice”.

Pada awalnya, di Indonesia nasi goreng bermula dari kebiasaan masyarakat untuk memanaskan nasi putih sisa agar bisa dimakan panas-panas. Lalu agar rasanya tetap lezat maka ditambahkan bumbu dan rempah tradisional.

Masyarakat di berbagai daerah di Indonesia menambahkan bumbu dan rempah khas daerahnya. Sehingga meskipun sama-sama dimasak dengan cara menggoreng nasi putih, rasanya bisa berbeda-beda. Lalu seiring dengan waktu, ditambahkan pula berbagai bahan lauk, mulai dari telur, daging ayam, daging sapi, udang, dll. Dan akhirnya lahirlah aneka ragam nasi goreng khas di berbagai daerah di Indonesia.

Sobat Halal penikmat nasi goreng, inilah 5 nasi goreng khas dari berbagai daerah di Indonesia yang sama-sama nikmat untuk disantap.

1. Nasi Goreng Padang

Instagram @warung.uda

Nasi goreng Padang dikenal akan rasa pedas yang nikmat dan warna merahnya yang menarik hati. Nasi goreng khas Padang biasanya dibumbui cabe giling, bawang merah, bawang putih, garam, kecap manis, taburan daun bawang dan juga seledri. Dan kerupuk merah ciri khas makanan Minang tak ketinggalan menyemarakkan rasa.

2. Nasi Goreng Sunda

Instagram @nasigoreng_sunda

Nasi goreng Sunda dikenal akan rasanya yang gurih, warna nasi goreng pada umumnya berwarna cokelat samar atau berwarna kuning cerah karena campuran kunyit. Racikan bumbunya berupa bawang putih, bawang bombay, merica, garam, kecap manis dan cikur atau kencur.

3. Nasi Goreng Bali

Instagram @pandan.garden

Nasi goreng Bali terkenal sebagai nasi goreng yang aromatik dan berwarna cokelat pucat. Bumbunya pun lebih kompleks dari nasi goreng lainnya, yaitu bawang merah, bawang putih, kencur, kunyit, kemiri, lengkuas, terasi, cabe rawit merah, daun salam, daun jeruk, serai, kecap ikan, saus tiram, garam, merica dan tak ketinggalan sambal matah. Wow!

4. Nasi Goreng Jawa

Instagram @nasigorengjawa.nyt

Dibandingkan nasi goreng lainnya, nasi goreng jawa memiliki warna cokelat tegas, rasa gurih manis dan bumbu yang komplek. Bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, gula, garam, merica, kecap manis, ebi sangrai, cabe merah besar dan cabe rawit.

5. Nasi Goreng Aceh

Instagram @daus.1970

Nasi goreng Aceh biasanya berwarna cukup gelap, aromatik dan gurih. Bumbunya berasal dari perpaduan bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, cabai merah keriting, terasi, pala, kecap manis, saus tiram, gula dan garam.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk nasi goreng khas Indonesia
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar