Sate, kari dan rendang merupakan olahan daging biasa yang terhidang di meja saat hari raya tiba. Mungkin masih ada daging dari hari raya yang masih tersisa di kulkas, agar masakannya sedikit berbeda dan menambah pengalaman baru, Sobat Halal bisa menambahkan beberapa masakan daging anti-mainstream berikut ini.

  1. Rabeg

Instagram @mang.anbae

Makan kari daging kambing sudah biasa. Rabeg adalah makanan khas Cilegon, Banten dengan bumbu menyerupai kari Arab yang berpadu dengan bumbu khas Banten. Bahan utama adalah jeroan kambing dan masakan ini tidak memakai santan loh!

  1. Sambal Goreng Babat

Instagram @sasmitaedo

Sambal goreng khas semarang ini dimasak dengan bahan utama babat sapi dengan bumbu pedas. Enak disantap dengan nasi putih maupun dengan nasi goreng.

  1. Dendeng Balado

Instagram @dendengbalado.mamiyosi

Daging tipis yang punya taste gurih-manis bisa juga dinikmati dengan  bumbu balado. Bayangkan semangkok dendeng balado tersedia di meja dan siap untuk disantap.

  1. Kambing Bakar Balanga

Kredit foto: @warisankuliner.com

Masakan ini asalnya dari Gorontalo dan dibakar di dalam balanga. Bumbunya didominasi rempah seperti jinten, pala, kapulaga, merica yang ditumis bersama bumbu lainnya.

  1. Bistik Daging

Instagram @dapur_shitashi2020

Sajian satu ini merupakan menu 4 bintang yang mencukupi kebutuhan gizi tubuh. Biasanya dibuat dari panggangan daging sapi atau kambing giling yang diberi saus kecoklatan berasa gurih-manis. Bistik disajikan bersama kentang, buncis, wortel, selada dan bawang bombay.

  1. Sei Sapi

Instagram @seisapikanafatmawati

Sei asalnya dari Nusa Tenggara Timur. Daging sapi yang diasap ini biasanya dibumbui garam dan rempah, kemudian disajikan bersama sambal lu’at, jeruk nipis dan tumisan daun pepaya atau singkong.

  1. Krengsengan

Instagram @evee.kusuma

Olahan khas Surabaya ini terbuat dari potongan daging kambing yang tumis bersama rempah dan bumbu kecap hingga meresap. Sweet and savory, yummy!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk aneka olahan daging
[Total: 2 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar