Bagikan artikel ini

Ayam panggang adalah hidangan Nusantara yang bisa Sobat Halal jumpai di mana saja. Rasanya terkenal gurih dan lembut, cocok sekali dipasangkan dengan nasi hangat, sambal, lalap dan kerupuk.

Jika di Indonesia ayam panggang dibumbui dengan aneka rempah, di berbagai belahan dunia pun tidak jauh berbeda. Hanya saja masing-masing punya ciri khas tersendiri dan beberapa diantaranya merupakan olahan ayam panggang terbaik dunia.

Sobat Halal bisa menemukan aneka olahan ayam panggang khas dari berbagai negara di dunia di bawah ini.

1. Frango Assado, Portugal

via ncultura.pt

Hidangan ini termasuk sangat aromatik karena didominasi oleh herbs, seperti thyme, basil, parsley, rosemary, peppermint dan oregano. Sebelum dipanggang, ayam akan dimarinasi dengan minyak zaitun, lada, soy sauce, bawang putih, bawang merah atau bombay lalu dilumuri butter.

Rasanya gurih dan teksturnya lembut loh. Biasanya frango assado disajikan bersama nasi hangat atau kentang goreng, sambal piri-piri yang pedas dan salad tomat-selada yang segar.

2. Shish Taouk, Turki

via closetcooking.com

Hidangan khas Turki ini berbahan utama ayam tanpa tulang yang dimarinasi bersama earthy spices, perasan lemon, yogurt, bawang putih, lada hitam dan garam. Rasanya gurih dan segar, biasanya dihidangkan bersama vegetables saute, yogurt, garlic mayo dan kentang atau roti prata.

3. Huli-Huli, Hawaii

via keviniscooking.com

Huli-huli merupakan ayam panggang khas Hawaii yang memiliki rasa berlapis-lapis. Sebelum dipanggang ayam dimarinasi terlebih dahulu dengan bawang dan garam lalu diolesi jus nanas murni, saus tomat, soy sauce, madu atau kurma, air jahe, brown sugar dan taburan wijen.

Huli-huli chicken biasa disajikan bersama nasi hangat dan potongan nanas yang segar, rasanya nano-nano deh!

4. Yakitori, Jepang

via food.grab.com

Yakitori adalah ayam panggang khas Jepang yang penyajian mirip seperti sate. Selain potongan daging ayam, biasanya ditambahkan potongan bawang bombay, paprika dan bawang yang segar.

Sebelum dipanggang, ayam biasanya dimarinasi dengan garam lalu diolesi saus tara yang manis berulang-ulang bahkan saat dipanggang. Tekstur daging ayam yang empuk dan perpaduan rasa sayurannya sangat menggugah selera.

5. Pechuga De Pollo a La Plancha, Spanyol

via quebuenasazon.com

Di Spanyol menu ini banyak diminati para penggiat diet sehat. Pada dasarnya olahan ini terbuat dari ayam fillet yang dimarinasi dengan perasan lemon, oregano, garam, lada dan bawang putih yang dipanggang dengan butter.

Untuk menikmatinya, biasa disajikan bersama nasi hangat atau kentang kukus, mashed potato. Wajib banget dicoba!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk aneka olahan ayam panggang dunia
[Total: 4 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar