Ilustrasi foto oleh Wiendietry Rusli (via flicker)

Tidak hanya nasi goreng, rendang dan opor Indonesia saja loh yang terkenal di mancanegara. Indonesia yang dikenal sebagai surga kuliner juga memiliki jajanan khas daerah yang diburu banyak kalangan.

Ada ratusan jenis kue daerah tersebar dari Sabang hingga Merauke, tapi kue apa ya yang kerap dicari penikmat kuliner? Yuk kita cari tahu!

1. Serabi

via instagram @leorini_mislian

Serabi atau masyarakat Sunda menyebutnya Surabi, adalah kue khas dari Bandung. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras dan santan kelapa murni, tak heran jika rasanya lembut dan gurih.

Biasanya serabi disajikan bersama air santan, air gula merah, atau kering orisinil. Yummy!

2. Onde-onde

via youtube

Kalau lihat wijen, biasanya yang terlintas di kepala adalah onde-onde. Bundar, manis, kenyal, dan bertabur wijen, itulah Onde-onde. Kue khas satu ini berasal dari Mojokerto.

Kue ini terbuat dari tepung terigu atau ketan dan diberi isian kacang hijau. Kue ini mudah ditemukan di mana saja loh!

3. Klepon

via topwisata.info

Penggemar klepon mana suaranya!? Klepon merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk bulat seperti bakso, biasanya diberi warna hijau alami dari daun pandan. Klepon berisi gula merah cair dan bertabur kelapa parut muda di atasnya.

Selain rasanya yang enak, kue ini memberikan sensasi tersendiri saat isian gula merah lumer di mulut kita ketika digigit. Hmmmm, yummy!

Tapi hati-hati jangan gigit setengahnya nanti gula merahnya nyemprot ke baju.

4. Getuk

via wikipedia

Kudapan satu ini nyaris ada di setiap daerah. Namun demikian, kue khas ini populer di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kue ini terbuat dari ketela pohon atau singkong yang ditumbuk kemudian dikukus dan disajikan bersama taburan kelapa muda yang telah diparut.

5. Kue Ape

via instagram @jejoyfoodies

Kue khas Jakarta ini terbuat dari adonan pancake. Hanya saja bentuknya lebih tipis dan renyah di pinggiran, tapi lembut dan basah di bagian tengah yang menyerupai cekungan.

Nikmati saat masih panas dan baru diangkat biar masih renyak pinggirannya, soalnya kalau sudah dingin teksturnya jadi melempem. Kue ini biasanya berwarna hijau, rasanya lembut, renyah dan gurih. Mau coba?

6. Lupis

via resepedia.id

Kue yang terbuat dari beras ketan ini bentuknya menyerupai segitiga-segitiga berukuran kecil hingga besar.

Biasa dibungkus dengan daun pisang dan disajikan bersama getuk lindri, taburan kelapa muda, serta siraman gula merah. Rasanya tidak perlu diragukan lagi, sudah pasti mantap!

7. Kue 8 Jam

via tribunnews

Sesuai namanya, kue tradisional ini memang harus dimasak selama 8 jam dalam kukusan dengan api yang sangat kecil (slow cook).

Kue yang terkenal di Palembang ini terbuat dari telur bebek, agar-agar putih, susu kental manis, margarin dan gula loh! Rasanya manis dan legit, biasanya satu iris saja sudah membuat kenyang. Mantap kan?!

8. Bingka

via kalteng.go.id

Kue Bingka merupakan kue khas Banjar, Kalimantan Selatan. Kue ini terbuat dari tepung, kentang, susu, gula dan santan, sehingga tidak heran jika kue ini memiliki rasa empuk, manis dan lumer dimulut. Wajib coba dong!

9. Sagu Lempeng

via instagram @lilylewi73

Kue khas Papua yang satu ini cocok sebagai teman minum teh. Sesuai dengan namanya, kue ini terbuat dari sagu dan berbentuk seperti batu bata. Setelah dipanggang dan diiris bentuknya seperti lempengan berwarna merah kecoklatan. Meskipun agak keras, tetap tidak mengurangi kenikmatan rasanya loh!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 8 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar