Share artikel ini:


Idul Adha merupakan hari besar umat muslim yang juga dikenal sebagai Idul Nahr, Idul Qurban atau hari raya haji dan dirayakan setiap 10 Dzulhijjah. Idul Adha pasti mengingatkan kita terhadap kisah teladan Nabi Ibrahim.

Idul Adha juga merupakan sarana dalam memaknai ketaqwaan, hablumminnallah, habliminnannas dan kualitas diri umat muslim. Selain pemaknaan tersebut, Idul Adha identik dengan budaya makan bersama dan juga olahan khas daerah.

Makanan yang identik dengan Idul Adha di berbagai negara ternyata memiliki kekhasannya masing-masing. Kita cari tahu yuk, Sobat Halal!

  1. Tagine, Afrika Utara

Kredit: instagram @kitchen.star_

Tagine merupakan makanan hari raya khas Maroko dan Libya. Pada dasarnya, tagine sendiri merupakan peranti makan berupa pot atau gerabah yang diisi berbagai macam sayuran dan daging. Biasanya tagine dari daerah satu ke daerah lainnya, terdapat kombinasi isian yang berbeda-beda.

  1. Nasi Biryani, Asia Selatan

Kredit: instagram @shasha210621

Nasi biryani berasal dari India dan Pakistan. Nasi biryani merupakan beras basmati yang diolah bersama rempah dan minyak samin, lalu diberi topping berupa daging atau ayam panggang, kacang, telur, kentang dan lain sebagainya.

  1. Sate, Indonesia

Foto koleksi HLID

Makanan yang terbuat dari potongan daging sapi atau kambing yang ditusukkan ke lidi dan dibakar ini sudah menjadi ikon saat hari raya Idul Adha di Indonesia. Sate disuguhkan bersama saus kacang atau kecap yang diberi rajangan bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan cabe.

  1. Musagaah, Timur Tengah

Kredit: instagram @hadramiah.restaurant

Musagaah dikenal juga sebagai balado khas Arab. Biasanya terbuat dari cincangan atau potongan daging dengan bumbu rempah pedas dan dilengkapi sayur seperti kentang, labu, wortel atau terong.

  1. Nalli Nihari, India

Kredit: instagram @banocuisine
Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk Hidangan Khas Idul Adha
[Total: 4 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar