Ilustrasi (foto: Roman Odintsov via pexels)

Gelato, makanan beku yang aslinya dari Italia dan sepintas tampilannya terlihat sama dengan es krim. Tapi tahukah Sobat Halal, sebenarnya gelato berbeda dengan es krim. Gelato umumnya mengandung lebih sedikit kalori, lebih sedikit gula, dan kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan es krim. Sebagai perbandingan, 100 gram gelato vanilla mengandung 90 kalori dan 3 gram lemak, sedangkan es krim dengan takaran yang sama mengandung 125 kalori dan 7 gram lemak.

Mirip dengan es krim, gelato terbuat dari bahan dasar custard (semacam adonan puding) dari susu, krim, dan gula. Perbedaannya terletak pada proporsi bahannya, gelato memiliki lebih banyak susu dan lebih sedikit krim dibandingkan dengan es krim. Gelato juga biasanya tidak mengandung kuning telur yang digunakan dalam es krim.

Sedangkan dalam penyajiannya, es krim disajikan pada suhu antara -20 dan -12 derajat Celcius, sedangkan gelato antara -14 dan -9 derajat Celcius. Ini berarti gelato tidak membuat mulut mati rasa seperti halnya es krim, memungkinkan lidah merasakan rasa yang lebih kaya. Tapi akibatnya gelato lebih cepat meleleh daripada es krim.

Meski aslinya dari Italia ternyata gelato banyak juga lho penggemarnya di Indonesia. Dan kabar baiknya sudah banyak juga lho ternyata gelato yang produknya terjamin halal. Sobat Halal penggemar gelato, yuk cek dan coba 6 gelato halal ini.

1. Ademuy Gelato

Instagram @ademuygelato

Mengusung tag line “Lokal Natural Halal Gelato”, Ademuy Gelato sudah mengantongi Sertifikat Halal, HACCP dan CHSE. Wah lengkap banget ya Sobat Halal! Artinya selain halal, Ademuy Gelato juga bebas dari bahan berbahaya dan pasti higienis.

Ademuy Gelato yang berdiri sejak tahun 2016 di Jogjakarta dengan bendera CV. Yumeda Pangan Sejahtera. Selain gelato Ademuy juga menyediakan produk olahan susu lainnya seperti natural ice cream powder & softmax, pasteurized milk, keju mozzarella, greek’s yoghurt, popsicle, dan produk susu lain.

Uniknya varian rasanya tak hanya yang biasa seperti rasa cokelat, strawberry, dan vanilla, Ademuy juga menghidangkan varian gelato khas citarasa Nusantara seperti rendang dan pecel. Wah unik banget ya!

2. Tempo Gelato

Instagram @tempo.gelato.official

Memulai usahanya dari sebuah outlet kecil di Jogja pada tahun 2015, Tempo Gelato Prawirotaman menghiasi outlet-nya dengan nuansa Industrial eropa dan sentuhan khas rural (pedesaan) Indonesia. Dengan tagline “The best gelato and sorbet in Yogyakarta with authentic and original recipes”, sejak 2019 Tempo Gelato memperluas outletnya dan menjadi salah satu kebanggaan Kota Jogja.

Tempo Gelato menyediakan 65 pilihan varian rasa! Mulai dari varian basic seperti coklat, stroberi, vanila, green tea, leci, melon, mangga, stroberi dan rasa buah lainnya, sampai varian rasa yang tak lazim seperti jahe, kemangi, dan varian kekinian seperti mint, oreo, kit-kat dan masih banyak lagi. Hati-hati Sobat Halal bisa kebingungan memilih varian rasa yang ada!

3. Gelato di Lenno

Instagram @gelato_di_lenno

Menarik menyimak sejarah Gelato di Lenno yang menurut pemiliknya itu berawal dari perjalanan keluarga ke Italia pada bulan Juli 2017 yang sangat berkesan. Salah satunya adalah bisa menikmati Gelato Italia asli yang terasa sangat segar tanpa perasa buatan. Rasanya sangat pas di lidah, segar dan tidak terlalu manis. Gelato Italia yang pertama mereka nikmati berada di kota Lenno di pinggiran Danau Como yang sangat terkenal keindahannya.

Gelato di Lenno yang sudah bersertifikat Halal MUI dan BPOM, menggunakan bahan dasar impor Halal Italia, pasta impor Halal Italia, susu segar, dan buah-buahan terbaik yang ada di Surabaya. Gelato halal mereka tidak menggunakan bahan-bahan non halal, seperti alkohol, rum, dll. Varian rasanya yang bisa dipilih mulai dari Hershey’s Gold Coffee, Strawberry Cheesecake, dan Bubble Gum.

Jangan lupakan kesegaran sorbetnya, ada 7 varian rasa lho yaitu, mangga, rujak kweni, sirsak, nangka, dark choco, durian, dan matcha. Untuk cuci mulut setelah makan, pasti yummy deh!

4. North Pole Gelato

Instagram @northpolegelato

North Pole Gelato yang sudah memiliki outlet di 4 lokasi yaitu AEON Mall BSD, Lippo Mall Puri, Sunter Mall dan Summarecon Mall Bekasi ini sudah memiliki sertifikat halal MUI. Gelato yang mereka sajikan tanpa telur, gelatin dan pengawet. Dan pastinya mengandung lebih sedikit lemak & kalori dibandingkan es krim!

Varian rasanya cukup beragam, pistachio, chocho ferrero, thai tea, hokkaido milk, bluberry sorbet vegan, lemon sorbet, strawberry sakura, jasmine green tea, lotus biscoff dan masih banyak lagi. Salah satu varian yang cukup favorit adalah varian Lotus Biscoff yang konon menurut salah satu review konsumen, rasa manisnya pas dan tidak meninggalkan after taste berlebih. Wah Sobat Halal pasti penasaran kan?!

5. Nora Gelato

Instagram @noragelato

Dengan tagline “Halal Gelato Cafe” Nora Gelato mengklaim membuat gelato dan sorbet secara tradisional dengan resep spesialnya sendiri tidak menggunakan bahan-bahan siap pakai (premix). Bahkan kerucut wafel, mangkuk, dan keripiknya pun dibuat sendiri. Gelato dan sorbet Nora Gelato lebih rendah lemak dan gula. Dibuat dengan cinta dari awal, menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi, alami dan segar, di dalam dapur modern higienis Nora di Jakarta.

Variannya jangan tanya, banyak banget! Ini beberapa diantaranya Ferrero Rocher, Berry Yogurt, Madina Dates, Mango Bliss, Honey Lemon Spirulina, Snickers Peanut Butter dan masih banyak lagi. Bahkan salah satu variannya, Philly Cherry Chocolate pernah menjadi juara 1 di kompetisi Gelato Indonesia.

6. Frutta Gelato

Instagram @fruttagelato_

Sobat Halal sedang berwisata di Bali dan mencari gelato halal? Jangan khawatir karena ada Frutta Gelato yang mengklaim “First Gelato Halal in Bali”. Frutta Gelato adalah perusahaan Indonesia yang menyediakan gelato berkualitas tinggi, dibuat dengan bahan-bahan alami yang bersumber secara lokal. Ada 24 varian rasa yang bisa dipilih dengan tetap mempertahankan harga yang murah.

Menjadi merek gelato bersertifikat Halal pertama di Bali, Frutta Gelato seolah ditakdirkan untuk menembus pasar Indonesia, mengingat sebagian besar penduduk Indonesia beragama Islam. Merek dengan kuat berdiri di atas mentalitas ini, sehingga menciptakan ceruknya sendiri dan menetapkan target pasarnya sendiri.

Ada 22 varian rasa yang bisa dinikmati, mulai dari chocolate, snicker, durian, apple crumble, nutella chocolate brownies, dll. Di Bali, outlet Frutta Gelato tersebar di seluruh wilayah Bali. Dan bagi Sobat Halal yang berada di Jabodetabek, jangan khawatir ada juga koq outlet Frutta Gelato di sana.


Berikan bintang kamu untuk gelato halal
[Total: 9 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
1 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Dinilai
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar