Ilustrasi (foto: Roman Odintsov via pexels)
Share artikel ini:


Gelato, makanan beku yang aslinya dari Italia dan sepintas tampilannya terlihat sama dengan es krim. Tapi tahukah Sobat Halal, sebenarnya gelato berbeda dengan es krim. Gelato umumnya mengandung lebih sedikit kalori, lebih sedikit gula, dan kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan es krim. Sebagai perbandingan, 100 gram gelato vanilla mengandung 90 kalori dan 3 gram lemak, sedangkan es krim dengan takaran yang sama mengandung 125 kalori dan 7 gram lemak.

Mirip dengan es krim, gelato terbuat dari bahan dasar custard (semacam adonan puding) dari susu, krim, dan gula. Perbedaannya terletak pada proporsi bahannya, gelato memiliki lebih banyak susu dan lebih sedikit krim dibandingkan dengan es krim. Gelato juga biasanya tidak mengandung kuning telur yang digunakan dalam es krim.

Sedangkan dalam penyajiannya, es krim disajikan pada suhu antara -20 dan -12 derajat Celcius, sedangkan gelato antara -14 dan -9 derajat Celcius. Ini berarti gelato tidak membuat mulut mati rasa seperti halnya es krim, memungkinkan lidah merasakan rasa yang lebih kaya. Tapi akibatnya gelato lebih cepat meleleh daripada es krim.

Meski aslinya dari Italia ternyata gelato banyak juga lho penggemarnya di Indonesia. Dan kabar baiknya sudah banyak juga lho ternyata gelato yang produknya terjamin halal. Sobat Halal penggemar gelato, yuk cek dan coba 6 gelato halal ini.

1. Ademuy Gelato

Instagram @ademuygelato

Mengusung tag line “Lokal Natural Halal Gelato”, Ademuy Gelato sudah mengantongi Sertifikat Halal, HACCP dan CHSE. Wah lengkap banget ya Sobat Halal! Artinya selain halal, Ademuy Gelato juga bebas dari bahan berbahaya dan pasti higienis.

Ademuy Gelato yang berdiri sejak tahun 2016 di Jogjakarta dengan bendera CV. Yumeda Pangan Sejahtera. Selain gelato Ademuy juga menyediakan produk olahan susu lainnya seperti natural ice cream powder & softmax, pasteurized milk, keju mozzarella, greek’s yoghurt, popsicle, dan produk susu lain.

Uniknya varian rasanya tak hanya yang biasa seperti rasa cokelat, strawberry, dan vanilla, Ademuy juga menghidangkan varian gelato khas citarasa Nusantara seperti rendang dan pecel. Wah unik banget ya!

2. Tempo Gelato

Instagram @tempo.gelato.official

Memulai usahanya dari sebuah outlet kecil di Jogja pada tahun 2015, Tempo Gelato Prawirotaman menghiasi outlet-nya dengan nuansa Industrial eropa dan sentuhan khas rural (pedesaan) Indonesia. Dengan tagline “The best gelato and sorbet in Yogyakarta with authentic and original recipes”, sejak 2019 Tempo Gelato memperluas outletnya dan menjadi salah satu kebanggaan Kota Jogja.

Tempo Gelato menyediakan 65 pilihan varian rasa! Mulai dari varian basic seperti coklat, stroberi, vanila, green tea, leci, melon, mangga, stroberi dan rasa buah lainnya, sampai varian rasa yang tak lazim seperti jahe, kemangi, dan varian kekinian seperti mint, oreo, kit-kat dan masih banyak lagi. Hati-hati Sobat Halal bisa kebingungan memilih varian rasa yang ada!

Berikan bintang kamu untuk gelato halal
[Total: 10 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
2 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Dinilai
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar