Kartika, Amsterdam (via restaurantkartika.com)

Makanan Indonesia terkenal dan melegenda di dunia. Cita rasa dan perpaduan bumbu yang kaya akan rempah, kuat dan berani, membuat masakan Indonesia banyak digemari oleh banyak kalangan, bahkan banyak makanan Indonesia yang diburu di luar negeri.

Tak mengherankan jika kini banyak restoran atau warteg khas Indonesia yang beroperasi di luar negeri dan menjadi terkenal. Selain itu, menu-menunya juga halal loh! Wah, apa saja ya? Yuk kita cari tahu bersama!

1. Cafe Betawi, Al Karama – Dubai, UAE

Cafe Betawi ini berada di Dubai, tepatnya di daerah Al Karama sejak tahun 2007. Walaupun diberi nama Cafe Betawi, menu tempat ini tidak melulu makanan Betawi asli tetapi juga ada sate, nasgor, nasi liwet, gado-gado, sop buntut, bebek goreng, dan masakan Indonesia lainnya.

Konon, tidak hanya pengunjung asli Indonesia yang menggemari masakan di tempat ini, pelancong dan penduduk asli Dubai pun banyak menggilai masakan Indonesia di Cafe Betawi

2. Sky Cafe, Queens – New York, Amerika Serikat

via ethnicepicurenyc.com

Sky Cafe merupakan tempat makan yang berada di Queens, New York, Amerika. Meskipun namanya terdengar sangat kebarat-baratan, tetapi menu utama tempat ini adalah masakan khas Sumatera yang autentik.

Selain autentik, masakan di tempat ini terkenal karena cita rasa khas rumahan yang sangat melekat di hati para pengunjung. Sky Cafe menawarkan lontong sayur, mie ayam, rendang, pempek, dan es sekoteng khas Medan. Namun, jika Sobat Halal berkunjung ke Sky Cafe, jangan lupa mencicip anstar dan lapis legit mereka yang terkenal enak ya!

3. Kartika, Amsterdam, Belanda

via restaurantkartika.com

Kartika merupakan restoran khas Indonesia yang berada di Amsterdam, Belanda. Restoran ini terkenal akan rasa gado-gado dan pisang gorengnya yang nikmat. Tidak seperti pisang goreng di Indonesia yang dijual dengan harga murah, di Belanda harga pisang goreng mencapai 30.000 per potongnya, loh!

Namun demikian, rupanya menu makanan prasmanan juga sangat digemari oleh para pelanggan. Menu prasmanan di Kartika dikenal sebagai ‘Rijttafel Ramayana’, yakni prasmanan yang menyajikan menu autentik Indonesia yang menyerupai warung nasi Padang di Indonesia.

4. Simpang Asia, Los Angeles, Amerika Serikat

(via zomato.com)

Simpang Asia merupakan restoran tua khas Indonesia ini berada di Los Angeles, Amerika Serikat. Tidak hanya usianya yang tua, tapi Simpang Asia terkenal akan kelezatan masakannya loh. Restoran ini digemari oleh orang Indonesia, Asia, hingga penduduk asli Los Angeles sendiri.

Menunya yang sangat disukai adalah nasi rames khas Indonesia, mie tek-tek, nasi bungkus, gado-gado, sate, dan opor ayam. Tidak hanya itu, Simpang Asia juga menawarkan menu-menu Indonesia yang berkonsep vegan loh.

Snack-nya tidak ketinggalan, dari lemper, prata, kroket hingga risol juga tersedia. Dan yang tidak ketinggalan, Simpang Asia juga menyediakan Sambal Belacan atau terasi bagi para pelanggan yang mencintai rasa pedas. Hmmm, yummy!

5. Fluffy Lamb – Fremantle Market, Perth, Australia

via halalfood.com.au

Fluffy Lamb merupakan restoran yang menawarkan menu street food ala Indonesia di Perth, Fremantle Market. Restoran ini menawarkan sejumlah variasi sate Indonesia dan sajian berbahan daging lainnya. Proses memasaknya pun menggunakan arang sebagai bahan bakarnya. Wah, terbayang aromanya ya?!

Tidak hanya orang Indonesia yang gemar makan di tempat ini, namun Fluffy Lamb juga sangat populer di kalangan warga setempat, khususnya para pecinta daging dan selera Nusantara. Jika Sobat Halal pecinta daging, jangan lupa mencicip hidangan di Fluffy Lamb ketika kalian sedang mengunjungi Fremantle Market ya!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Restoran Indonesia di Luar Negeri
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar