Ilustrasi: Frank Zhang via unsplash

Bagikan artikel ini

Siapa yang tak kenal boba? Minuman manis dengan tambahan boba ini jadi favorit banyak orang, sehingga berbagai macam brand boba menjamur di Indonesia. Meskipun demikian, Sobat Halal perlu cermat dalam mengonsumsi boba.

Seperti yang dilansir dari situs resmi MUI, bahwa ada hal-hal yang dapat menentukan ketidakhalalan sebuah boba. Pertama, tahap pembuatan gula pasir yang dekolorisasinya menggunakan bahan karbon aktif.

Jika prosesnya menggunakan arang tambang atau kayu, maka produk tersebut aman dari zat-zat yang haram. Namun berbeda jika menggunakan arang tulang, harus bisa dipastikan apakah tulang tersebut berasal dari tulang hewan halal dan disembelih sesuai dengan syariat islam.

Kedua, penggunaan gelatin pada pembuatan boba itu sendiri. Selain tapioka, ada beberapa boba yang menggunakan bahan dasar gelatin agar jadi kenyal. Gelatin sendiri bisa terbuat dari tulang atau kulit hewan.

Berhubung umumnya gelatin merupakan produk impor, harus dipastikan terlebih dahulu apakah bobanya terbebas dari gelatin yang terbuat dari babi atau tidak? Selain itu, Sobat Halal harus teliti terhadap keberadaan khamr dalam boba, seperti rum, baileys, kahlua dan sejenisnya.

Nah, biar tidak galau dan tetap bisa menikmati boba tanpa rasa was-was, Sobat Halal bisa memilih salah satu dari brand boba di bawah ini, sebab sudah mengantongi sertifikat halal loh!

1. Xi Bo Ba

Sumber: mbv-group.com

Xi Bo Ba lahir dari kerjasama Kulo Group dan Mitra Boga Ventura. Brand yang bikin gandrung anak-anak muda milenial ini meledak di pasaran berkat rasa, varian dan topping yang unik, salah satunya matcha dan lotus biscoff.

Pada 19 November 2021, Mitra Boga Ventura memberikan pernyataan terkait serifikat halal Xi Bo Ba. So, no more worries #TimXiBoBa.

2. Xing Fu Tang

Sumber: instagram.com/xingfutang_indonesia

Xing Fu Tang merupakan franchise Taiwan yang dibawa masuk ke Indonesia. Meskipun beberapa bahan utama Xing Fu Tang didatangkan dari Taiwan, namun beberapa bahan seperti susu, Xing Fu Tang memakai produk dalam negeri. Sedangkan boba dibuat sendiri guna menjaga kesegarannya.

Brand dengan varian Brown Sugar Boba yang meledak di pasaran ini resmi mengantongi sertifikasi halal pada 26 April 2022 setelah melewati 2 tahun proses sertifikasi. Xing Fu Tang juga memenangkan Halal Award 2022 Best New Comer Halal Certified Company tanggal 7 July 2022.

3. Teguk Indonesia

Sumber: teguk.co.id

Teguk Indonesia hadir sejak tahun 2018, menghadirkan minuman kekinian dengan bahan berkualitas, rasa mewah dan harga kompetitif bagi masyarakat Indonesia.

Dalam situsnya, Teguk Indonesia mencantumkan status halal dengan logo halal MUI terbaru, jajan boba di Teguk Indonesia jadi aman ya, Sobat Halal!

4. Kopi Kenangan

Sumber: kopikenangan.com

Kopi Kenangan berdiri di Indonesia pada tahun 2017. Brand ini sempat menghebohkan media di Indonesia karena mendapat suntikan dana yang menjanjikan sejak awal berdiri. Berkat strategi dan langkah bisnis yang diambil, Kopi Kenangan  berhasil dinobatkan sebagai unicorn.

Kopi Kenangan mengurus sertifikasi halal sejak dini, pada tahun 2019 seperti disebut dalam situsnya bahwa bisnis ini telah memenuhi 11 kriteria halal MUI dari produk hingga fasilitas bisnis dan mengantongi status halal dengan jaminan level A (sangat baik).

5. Share Tea

Sumber: instagram.com/sharetea.indonesia

Share Tea merupakan franchise bubble tea asal Taipei yang sudah ada sejak tahun 1992. Kehadirannya di Indonesia dikelola oleh PT. Prime Restaurant Indonesia sejak September 2012.

Seiring berjalannya waktu outletnya menjamur dengan varian minuman inovatif, salah satunya boba. MUI menyatakan bahwa Share Tea telah mengantongi sertifikat halal, hal tersebut juga disampaikan melalui media sosial Share Tea. Jajan boba di Share Tea gak pake was-was, ya, Sobat Halal!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk boba halal
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar