Memiliki kekayaan alam berlimpah dan terdiri dari berbagai suku membuat Indonesia dikenal sebagai negara dengan pilihan wisata kuliner yang tak terhingga.

Selain makanan utama, kudapan dan minuman dingin, rempah Indonesia yang unggul juga melahirkan banyak minuman herbal dengan rasa unik dan nikmat di tiap-tiap daerah. Penasaran kan? Yuk kita intip terlebih dahulu!

  1. Air Guraka

Kredit: instagram @sukmawati_afrianto

Wah, namanya unik ya!? Air guraka adalah minuman yang terbuat dari rebusan jahe merah, serai dan gula merah yang disajikan bersama irisan kenari. Minuman ini berasa dari Ternate dan kerap dinikmati bersama keindahan pantai Indonesia Timur. Duh, nikmat ya!

  1. Loloh Cemcem

Kredit: instagram @loloh.bali

Loloh Cemcem adalah minuman herbal yang berasal dari Pulau Dewata, Bali. Minuman ini terbuat dari tumbukan daun kecemcem (kedondong hutan) yang direbus bersama asam, gula aren, daun sirih, sedikit irisan cabe, kayu manis dan irisan daging kelapa yang masih muda.

Minuman ini memiliki warna hijau dan cita rasa menyerupai permen nano-nano rujak dengan sedikit rasa pahit. Manfaatnya jangan ditanya lagi, sangat banyak! Konon ini adalah minuman para ningrat Bali pada zamannya loh.

  1. Sarabba

Kredit: instagram @lakopimakassar

Kalau yang satu ini adalah minuman khas Suku Bugis dari Makassar. Minuman ini terbuat dari campuran jahe, gula aren, merica bubuk, santan, cengkeh, kayu manis dan kuning telur.

Meskipun banyak yang menganggap minuman ini rasanya seperti bandrek, percayalah Sobat Halal, sarabba punya cita rasa khasnya tersendiri dan tidak kalah berkhasiat.

Minuman ini berwarna coklat dan bertekstur kental, bahkan terkadang santan dalam minuman ini diganti dengan taburan parutan kelapa tua yang disangrai. Wah, sensasional deh rasanya!

  1. Bir Pletok

Kredit: instagram @rasya_shop4

Minuman dengan nama unik ini asli khas Betawi loh! Meski pun namanya terdapat kata ‘bir’, faktanya minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali dan justru memberikan banyak khasiat bagi tubuh.

Minuman yang sudah eksis sejak ratusan tahun lalu ini terbuat dari rebusan jahe, kayu secang, daun jeruk, serai, cengkeh, kapulaga, kayu manis, bunga lawang dan pkamun. Bisa diminum hangat atau dingin. Rasa manisnya berasal dari gula jawa atau madu.

  1. Kopi Rarobang

Kredit: instagram @iruma_khabera

Siapa sangka Indonesia memiliki kreasi kopi herbal yang lebih sehat? Minuman ini berasal dari Ambon loh. Kopi rarobang adalah kopi arabica yang diseduh dengan rebusan air jahe, serai, cengkeh, kayu manis dan pandan.

Tidak ketinggalan, yaitu taburan potongan kenari yang gurih dan kaya manfaat. Rasanya maknyus, gurih, manis sedap!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Minuman Tradisional Nusantara
[Total: 7 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar