Foto ilustrasi "Outdoor Breakfast" oleh Ikhlasul Amal [via flickr]
Share artikel ini:


Walau sebentar lagi Indonesia akan mencapai penghujung musim hujan, kita semua pasti merasakan setiap hujan turun, rasa lapar pun melanda. Udara dingin dan lembab memang biasanya menjadi salah satu faktor yang menentukan untuk pemilihan makanan. Makanan berkuah panas dan melimpah menjadi pilihan yang tepat untuk menemani hari berhujan.

Sebelum musim hujan terlewati, kita intip masakan-masakan berkuah khas Indonesia yang cocok untuk menemani dinginnya hujan!

1. Nasi Gandul

Nasi Gandul (via jatengprov.go.id)

Nasi daging sapi yang berkuah gurih- manis dan kecoklatan ini berasal dari Kota Pati. Jika Sobat Halal bepergian ke Kota Pati, rumah makan dengan menu Nasi Gandul akan sangat mudah dijumpai, dari kelas kaki lima hingga bintang lima.

Pada umumnya, kuah kaldunya dimasak dengam tembikar besar dari tanah liat yang digantung di atas kobaran arang. Nasi Gandul sendiri disajikan di atas piring yang sudah dialasi daun pisang, ditaburi potongan daging sapi, taburan bawang dan guyuran kuah yang bikin ketagihan.

Potongan daging sapi bisa diganti menjadi otak, usus, limpa, hati, lidah atau babat sesuai selera Sobat Halal. Mantap kan!?

2. Gulai Kancah

Gulai Kancah (via youtube)

Masakan satu ini berasal dari Bukittinggi. Makanan yang kaya akan rempah-rempah ini memiliki kuah berwarna merah dan cukup pedas. Rempahnya yang dominan dapat membantu menjaga kesehatan badan dikala curah hujan, angin dan udara sedang tidak bersahabat.

Isian gulai ini biasanya berasal dari sandung lamur dan bermacam-macam jeroan sapi. Sobat Halal tidak perlu khawatir akan aroma jeroannya, sebab aromanya tertutup sempurna oleh campuran rempah yang melimpah. Penasaran kan? Segera masukkan menu ini dalam meal plan kalian!

3. Soto Sulung

Soto Sulung (kredit foto instagram @ini_ikka)

Soto Sulung merupakan masakan asli Surabaya. Tidak jauh berbeda dari masakan berkuah lainnya, soto ini memilili kuah bening dengan rasa rempah yang kuat. Namun demikian, rasa gurih dan segar tetap terasa saat disantap.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk Masakan Serba Kuah Khas Indonesia
[Total: 5 Rata-rata: 4.6]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar