Ring of Fire atau Cincin Api merupakan julukan bagi rangkaian gunung api di pasifik yang juga mengelilingi Indonesia. Ring of fire sendiri merupakan pertemuan tiga lempeng tektonik dunia, yaitu Lempeng Pasifik, Eurasia dan Indo-Australia.

Akibatnya, gempa dan gunung meletus merupakan hal yang lumrah terjadi di Indonesia, bahkan letak geografis tersebut membuat Indonesia menjadi pemilik museum dengan tema mitigasi bencana terbanyak di Asia loh! Yuk kita intip satu per satu!

1. Museum Gunung Api Merapi, DIY

Kredit foto: .javatravel.net

Museum ini banyak menceritakan tentang gunung berapi, khususnya Merapi. Sobat Halal dapat mengenal Merapi lebih jauh melalui scale model yang menggambarkan erupsinya sejak abad ke-18, cinema screening, relik letusan Merapi, instalasi ornamen ruang atraktif hingga seismograf. Selain itu, terdapat simulator gempa bumi di museum ini loh.

2. Museum Tsunami Aceh, Banda Aceh

Kredit foto: @hansibrahim via tripadvisor

Museum Tsunami Aceh ini merupakan museum yang dibangun sebagai bentuk peringatan bencana tsunami Aceh 2004 silam. Museum yang dirancang oleh arsitek Ridwal Kamil ini memiliki berbagai ruangan tematik yang menarik, di antaranya sumur doa, lorong tsunami, fotografi, dokumenter, visual dan sebagainya.

Selain menjadi sarana edukasi mitigasi, Ridwal Kamil ternyata juga mendesain bangunan museum sebagai bangunan mitigasi yang punya banyak fungsi loh, khususnya saat ada bencana!

3. Museum Geologi, Bandung

Kredit foto: trip.com

Museum pengetahuan alam yang berada di Bandung ini tidak kalah menarik Sobat Halal. Museum ini memiliki koleksi bebatuan dari masa ke masa. Fosil hewan juga salah satu keistimewaan di museum ini, semua ditata secara apik dan juga atraktif. Selain itu, ada video edukatif tentang masa awal pembentukan bumi, tsunami, gempa dan sebagainya.

4. Museum Mini Sisa Hartaku, DIY

Kredit foto: wisatajeepmerapijogja.com

Berbeda dengan museum lainnya, museum ini memiliki konsep tersendiri dan menawarkan pemandangan lokasi sisa-sisa bencana yang nyata. Tulang sapi, rumah rusak tanpa penghuni, perkakas dan benda-benda lainnya dapat Sobat Halal temukan di sini. Jika Sobat Halal ingin berkunjung, berkendara dengan jeep sewaan merupakan ide yang bagus.

5. Museum Geopark, Batur

Instagram @museumgeoparkbatur

Museum dengan gaya bangunan yang menarik ini sayang sekali untuk dilewatkan. Selain terdapat cinema tentang Gunung Batur sejak zaman pra sejarah hingga masa kini, museum ini memiliki koleksi batu, kerak lava atau lava beku, model dan audiovisual yang menayangkan big bang theory, formasi galaksi, bumi, matahari, bahkan kultur setempat.

Menurut keterangan di instagramnya @museumgeoparkbatur, museum ini buka setiap hari dan masuknya tidak dipungut bayaran alias gratis lho!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Museum Tematik Bencana
[Total: 4 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar