Susu almond adalah jenis susu bebas laktosa yang terbuat dari kacang-kacangan. Susu ini bisa menjadi alternatif bagi individu yang memiliki intoleransi laktosa yang terdapat di susu sapi. Di Kota Jambi, Susu Almond Dhira hadir menawarkan susu almond dengan kualitas terbaik yang diberi sentuhan inovasi dari hasil alam Indonesia.

Susu Almond Dhira adalah susu almond homemade tanpa gula dengan banyak varian rempah-rempah asli Indonesia seperti dituturkan oleh Neneng Sriwahyuni selaku pemilik. Neneng sebelumnya adalah seorang Ahli Gizi RS Swasta di Provinsi Jambi yang setelah menikah memutuskan mengundurkan diri dari pekerjaannya agar bisa fokus mengurus rumah tangga.

Namun, di tengah-tengah menjalankan peran sebagai ibu rumah tangga yang sangat sibuk dan anak-anak sudah tumbuh besar, di satu titik ia merasa seperti ada yang kurang dalam hidupnya. Apalagi Neneng sudah terbiasa aktif bekerja bahkan sejak masa kuliah.

“Saya kok jadi berasa kurang produktif, jatuhnya seolah hidup saya seperti tidak menghasilkan apa-apa padahal sebenarnya menjadi ibu rumah tangga itu sibuknya bukan main. Saat itulah ide untuk membuka usaha muncul agar bisa tetap produktif meski di rumah saja,” kenangnya.

Bisnis susu almond ini dipilih Neneng Sriwahyuni bermula dari pengalaman pribadinya sebagai salah satu orang yang alergi laktosa yang terdapat di susu sapi dengan gejala diare, kembung, mual dan muntah setiap konsumsi susu sapi.

Selain itu, ia sendiri adalah seorang ahli gizi, bukan berarti ilmunya tidak bisa memberikan manfaat bagi orang lain sekali pun ia sudah tidak bekerja. Buktinya ia berhasil memproduksi susu almond yang termasuk salah satu superfood yang kaya akan vitamin dan mineral.

Di rumahnya, Neneng juga menerapkan pola hidup sehat, seperti  misalnya dengan meminimalisasi penggunaan gula rafinasi karena ada banyak bahaya yang mengintai, bahkan ia juga tidak menyediakan stok gula pasir di rumahnya. Oleh karena itu, ia ingin sekali mengajak orang lain untuk belajar hidup sehat,

“Saya ingin bermanfaat untuk orang banyak salah satunya bisa saya realisasikan dengan membantu orang-orang yang “ingin” dan sedang belajar hidup sehat, karena mengubah pola makan dari yang terbiasa konsumsi minuman manis tinggi kalori tapi minim gizi ke minuman sehat dan bergizi tinggi itu berat apalagi bagi yang sudah ketergantungan.

Dari pengamatannya, Neneng melihat banyak orang yang susah untuk lepas dari rasa ingin minum minuman manis. “Apalagi kalau harus repot-repot ke dapur dulu untuk meracik minuman, menyiapkan bahan, memblender dan segala macamnya, banyak yang tidak ada waktu untuk itu atau malah malas,” tuturnya.

Neneng menuturkan orang-orang dengan alergi laktosa di susu sapi tetap membutuhkan asupan kalsium untuk menunjang kesehatan tulang dan gigi. Susu almond bisa jadi alternatif yang baik, sebab susu almond berasal nabati, tapi tinggi kalsium, kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral serta memiliki rasa gurih-manis alami. Susu almond juga rendah kalori, mengandung banyak magnesium, dan mineral lain.

Dibandingkan produk susu lainnya, susu almond tidak berbau langu seperti susu nabati lainnya. Apalagi Neneng Sriwahyuni memanfaatkan kurma ke dalam ramuan susu almond, selain sebagai pemberi rasa manis alami, kurma juga membuat susu almond menjadi lebih creamy dan kental.

Selain itu, ia juga menambahkan rempah-rempah Indonesia yang sejak dahulu kala sudah terkenal sering digunakan dalam pengobatan tradisional (herbal). Untuk tambahan mineral alami, ia juga memberikan garam himalaya ke dalam susu almond.

Jangan heran jika ramuan Susu Almond Dhira menjadi kaya rasa, kaya varian dan memberikan banyak manfaat berkali-kali lipat bagi konsumennya,

“Jadilah susu almond sehat, bergizi dan siap minum untuk temen-temen agar tetap bisa konsumsi minuman sehat di sela-sela segudang aktifitas lainnya. Selain itu, bisa juga jadi suplemen tambahan bagi ibu-ibu pasca bersalin, yang sudah lelah mengurus bayi, lelah secara fisik dan psikis di tambah lagi stres karena asi tak kunjung keluar karena susu almond sudah terkenal manfaatnya sedari dulu sebagai booster asi. Alhamdulillah banyak konsumen Susu Almond Dhira yang sudah merasakan manfaatnya.”

Mengacu pada perjalanan dan perkembangan usahanya, Neneng Sriwahyuni ingin sekali bisnis yang ia bangun semakin berkembang, dikenal banyak orang baik di dalam kota maupun di luar kota. Ia ingin segera memiliki offline store dan produk yang ready setiap hari,

Neneng Sriwahyuni meyakini usaha yang ia tekuni akan berkembang karena produknya memiliki nilai manfaat yang tinggi dan banyak peminatnya,

“Alhamdulillah sekarang produk Dhira sudah banyak dikirim ke luar kota juga. 5 tahun ke depan harapannya sudah tidak ada kendala tenaga dan waktu lagi agar temen-temen yang sedang membutuhkan produk kami tidak harus menunggu untuk mendapatkannya. So far, selama 3 tahun ini masih pakai sistem PO karena keterbatasan tersebut.”

Sejak awal 2019,  Neneng mengakui bahwa peminatnya terus bertambah dan pemasaran produknya sudah tidak dalam kota saja. Ini jadi kesempatan bagi Neneng untuk mengepakkan sayap lebih jauh karena yakin peluangnya masih besar .

Selama menjalankan bisnis, Neneng Sriwahyuni mengakui ia kerap menghadapi tantangan manajemen waktu. “Jujur agak susah dalam manajemen waktu, karena saya juga ibu rumah tangga dengan 2 anak balita tanpa ART. Jadi sering bentrok antara urusan domestik rumah tangga dengan mengurus bisnis,” terang Neneng Sriwahyuni.

“Setelah berdiskusi dengan suami, sekaligus satu-satunya investor di bisnis saya, akhirnya kita putuskan bahwa produksi susu almond dilakukan pukul 3 dini hari sampai selesai sehingga tidak mengganggu urusan rumah tangga dan tidak mengabaikan hak anak meskipun lumayan mengurangi jatah tidur malam hari.”

Dalam perjalanan bisnisnya, Neneng Sriwahyuni sangat didukung oleh suaminya. Selain sebagai investor, sang suami juga kerap terjun langsung untuk membantu proses produksi susu almond. Selain itu, ada orang tua dan saudara yang membantu menjaga anak-anak saat pesanan membludak,

“Selain mereka semua saya juga punya konsumen setia, tanpa dukungan dari mereka maka produk ini tidak akan bertahan sampai saat ini. Soalnya banyak konsumen yang setia konsumsi dari awal launching produk, dari produknya belum di kenal orang sampai saat ini.”

Susu Almond Dhira melakukan promosi dari instagram, endorsement beberapa selebgram, “saya juga dapat bantuan promosi dari konsumen melalui fitur tag instagram, juga dari mulut ke mulut saat ada yang membutuhkan maka konsumen setia Dhira tidak ragu untuk merekomendasikan produk saya. Pernah juga diliput koran, sangat membantu branding produk saya.”

Saat masa terburuk pandemi Covid-19, Neneng Sriwahyuni juga bekerja sama dengan salah satu instansi pemerintah sebagai suplier susu almond yang bisa menjadi booster imunitas pegawai.

“Alhamdulillah pesanan yang awalnya kurang dari 20 botol dalam sekali produksi, mulai naik menjadi 50 botol dan sekarang bahkan tembus menjadi lebih dari 100 botol dalam sekali produksi,” terang Neneng Sriwahyuni,

Naiknya pesanan menjadi tantangan baru bagi Neneng, karena proses produksinya menjadi semakin berat akibat jumlah produksi naik berkali-kali lipat. Di sisi lain, Neneng harus tetap aktif membangun digital marketing di instagram. Banyak yang harus dilakukan dan dipelajari setiap hari, tapi Neneng mengakui tetap menikmati setiap prosesnya.

Harapannya, dengan inovasi dan ketekunan yang ia miliki, semua target Neneng Sriwahyuni dalam mengelola Susu Almomd Dhira segera tercapai,

“Kalau ingin memulai usaha maka kamu harus yakin dengan produkmu dan harus tahu nilai produkmu agar kamu juga bisa meyakinkan orang lain bahwa produk kamu juga memberikan nilai manfaat yang baik untuk mereka. Pokoknya mulai saja dulu, jangan ragu apalagi terlalu banyak rencana yang bikin gak fokus. Simpan ide dan kreatifitas setelah bisnis kalian mulai berjalan, itu waktu yang tepat untuk bereksplorasi dengan ide kalian.”

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Susu Almond Dhira Jambi
[Total: 7 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
1 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Dinilai
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar