Peminat custom pixel art mosaic di Indonesia mungkin belum sepopuler di luar negeri. Meski demikian peminat custom pixel art mosaic di Indonesia mulai tumbuh. Namun sayangnya belum banyak penjual yang bisa memenuhi permintaan pasar untuk produk ini, sehingga para peminat harus memesannya dari luar negeri. Hal ini tentunya cukup menyulitkan, selain harganya dan biaya kirim yang cukup tinggi, pengiriman dari luar negeri tentunya lebih merepotkan.

Merasakan sendiri kesulitan itu, salah satu penggemar custom pixel art mosaic akhirnya memutuskan untuk menyediakan produk ini. Dengan mengusung brand Pixobrick, Pipin bersama suami memulai bisnis jasa cetak gambar custom pixel art mosaic dengan media mosaik dari Lego bagi para penggemarnya di Indonesia. Pixobrick yang berkantor di Yogyakarta ini sudah berjalan selama tujuh bulan.

“Awalnya memang dari kesulitan kita waktu cari custom pixel art mosaic di Indonesia. Di luar negeri sih sudah banyak, misalnya Lego Mosaic Maker. Tapi kan harus impor, harga mahal dan pengiriman lama. Akhirnya kita coba peluang ini untuk penggemar bricks di Indonesia. Tentunya dengan harga lebih terjangkau dan pengiriman lebih mudah karena dari Indonesia.”

Apa itu Custom Pixel Art Mosaic?

Custom pixel art mosaic adalah gambar mosaik yang disusun dari blok-blok plastik atau biasa disebut brick. Konsepnya sama seperti mainan Lego yang sudah sangat terkenal. Jika Lego menyusun aneka bentuk dari brick individual menjadi bentuk-bentuk tiga dimensi, custom pixel art mosaic menyusun brick serupa yang akan membentuk sebuah foto mosaik yang unik.

Di luar negeri, custom pixel art mosaic dikenal sebagai salah satu bentuk seni retro. Konsepnya berawal dari tampilan layar permainan-permainan komputer pc ataupun game consoles era 80an saat resolusi piksel layar masih sangat rendah. Berbeda dengan gambar yang dihasilkan dari resolusi piksel yang tinggi seperti saat ini, gambar yang disusun dari kerapatan piksel yang rendah justru memberikan keunikan tersendiri.

Bertekad jadi Brand Pelopor Custom Pixel Art Mosaic di Indonesia

Bagi Pipin dan suaminya, karena awalnya bermula dari hobi, bisnis ini masih sebatas usaha sampingan untuk mengisi waktu luang. Meskipun demikian, mereka tetap menjalankan secara konsisten dan serius. Mereka tahu hasil custom mosaic Pixobrick memiliki keistimewaan tersendiri, menyusun foto atau gambar pixel art dari brick bisa menjadi permainan yang menarik, personal dan tentunya hasil akhirnya memorable.

“Dari kecil suka main bricks. Pixobrick bisa memfasilitasi anak-anak bermain sambil belajar.”

Saat ini Pixobrick ingin memperkenalkan terlebih dahulu kepada kepada masyarakat, bahwa ada solusi untuk membuat custom mosaic di Indonesia, dengan kualitas yang baik, harga lebih terjangkau dan pengiriman lebih mudah.

“Tentunya pengen Pixobrick jadi brand pertama di Indonesia untuk produk custom mosaic, lalu bisa bikin web-store dan local store sendiri.”

Mereka yakin, seiring berjalannya waktu custom brick bakal semakin diminati. Saat ini mereka melihat kompetitor di Indonesia masih sedikit sekali. Sehingga mereka yakin dengan promo dan marketing yang tepat, bisnis ini akan berkembang dengan baik.

Berhubung produk Pixobrick sangat segmented dan sistemnya pre-order dengan estimasi 14 hari, strategi marketing merupakan tantangan utama bagi mereka. Meskipun telah melakukan promosi melalui berbagai media sosial seperti instagram, facebook, twitter dan marketplace seperti Shopee dan Tokopedia, mereka tetap merasa belum menemukan strategi yang pas.

“Jujur, sampai sekarang kami selalu research agar bisa memperkenalkan produk ini. Mulai dari membenahi konten instagram, mengevaluasi tampilan marketplace, hingga melakukan promosi di media sosial secara berkala.”

Ide dan brand Pixobrick merupakan hasil research suami Pipin. Seiring berjalannya waktu, peran tersebut beralih ke Pipin yang juga harus mengelola penjualan sekaligus marketing. Keluarga dan teman banyak memberikan dukungan mereka, bahkan mereka juga membantu membuat konten promosi dan menawarkan produk ke orang-orang terdekat.

“Dari strategi marketing yang sudah-sudah hasilnya dapat dilihat,  Pixobrick yang awalnya hanya dikenal oleh teman-teman, sekarang akun instagram @pixobrick mulai diikuti oleh masyarakat yang lebih luas.”

Selain itu, untuk mempermudah proses penjualan custom mosaic, setiap transaksi yang masuk, termasuk dari marketplace, mereka selalu mengakomodir keinginan dan kebutuham klien melalui koordinasi baik melalui whatsapp atau email.

“Kita tidak akan pernah tahu kalau tidak mencoba. Dan dalam merintis bisnis, dibutuhkan tekad yang kuat dan tidak mudah putus asa. Harus yakin bahwa semua akan tercapai jika kita mau berusaha.”

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Pixobrick
[Total: 5 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar