Share artikel ini:


Catur Retno Susanti yang akrab dipanggil Caca atau Mbak Caca, adalah seorang enterpreneur muda pemilik Unyus Kitchen asal Purwodadi Grobogan. Meskipun masih terbilang muda, Caca berhasil menjalankan bisnis kulinernya sejak 8 tahun lalu.

“Sebenarnya bukan sebuah cita-cita juga sih, berawal dari susah diatur, pengennya justru mengatur, jadinya kupikir kalau aku kerja mungkin nggak bakal betah kali ya, lalu mutusin aja buka usaha sendiri. Dari situ ternyata aku semakin sadar, membuka usaha udah nggak jadi kerjaan lagi, tapi benar-benar sesuatu yang aku senangi dan memang passion aku di situ.”

Sebelum akhirnya menggeluti bidang kuliner secara total, Caca mengaku sempat mencoba berbagai usaha, seperti berjualan pulsa, kosmetik, ikut MLM, event organizer, dan lain sebagainya. Namun, pada akhirnya Caca merasa klik setelah menekuni bidang kuliner dan membuka Unyus Kitchen untuk pertama kalinya.

“Setelah mencoba semuanya, akhirnya sampai sekarang masih menggeluti bisnis kuliner yang bertahan dan berkembang dengan cepat. Bisnis inilah yang membawaku bisa mewujudkan mimpi-mimpiku.”

Caca sendiri memiliki gambaran yang besar terkait bisnisnya. Selain mengembangkan usaha dan membuka banyak cabang, Caca sangat bersyukur usahanya dapat membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat luas.

Setelah berhasil mengelola Unyus Kitchen, Caca mulai membuka cabang kuliner lainnya sehingga ia memiliki target tersendiri. Dalam kurun waktu 1 hingga 5 tahun ke depan, ia menantang dirinya untuk mengejar omzet 1 milyar pertama di usia 30 tahun.

Caca yakin bisnisnya akan terus berkembang dan sukses, sebab selama ini ia menjalankannya bukan tanpa usaha, melainkan mengerahkan seluruh daya dan upaya yang ia miliki.

“Produk-produk kuliner kita itu murni diproduksi sendiri, bukan ambil produk olahan dari supplier untuk dimasak ulang. Jadi, kita punya karakter dan cita rasa tersendiri kalau dibandingkan dengan kompetitor lain, rasanya tidak pasaran,” terang Caca lugas.

Sepanjang perjalanan bisnisnya, Caca sudah berulangkali menghadapi tantangan dan hambatan. Tantangannya pun bermacam-macam, dari faktor internal hingga eksternal Caca sudah merasakannya. Sejauh ini Caca kerap dihadapkan dengan komplain pelanggan, masalah kekaryawanan, operasional, dan lain sebagainya.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk Unyus Kitchen
[Total: 8 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar