Airy Garden (foto-foto koleksi Airy Garden)

Airy Garden merupakan usaha yang menawarkan aneka kebutuhan gardening dan nursery di Kota Subang. Usaha ini telah berdiri sejak tahun 2018 lalu dan dikelola secara langsung oleh Eka, pemiliknya.

“Dulunya saya kerja kantoran dari tahun 2003 sampai 2019 dan punya pengalaman di 7 perusahaan yang berbeda, karena jenuh saya putuskan untuk resign dan waktu itu bertepatan dengan kehamilan anak pertama saya. Latar belakang pendidikan juga pertanian, jadi ya nyambung aja untuk buka usaha budidaya tanaman hias, sambil fokus ke anak dan tetap menghasilkan pemasukan dari rumah.”

Wanita yang biasa dipanggil Ibu Eka oleh karyawan dan rekan bisnisnya ini menjelaskan bahwa latar pendidikan pertaniannya memberikan banyak kontribusi dalam mengelola usaha. Meskipun ilmu pertanian berbeda dengan budidaya tanaman hias, dalam prakteknya, Eka berhasil menerapkan pengetahuan dasar untuk bercocoktanam tanaman hias sekaligus perawatannya.

Airy Garden memiliki ciri khas tersendiri jika dibandingkan kompetitor lainnya. Keunikan dan nieche sebagai nursery sekaligus penjual tanaman-tanaman unik, langka dan eksotik tidak lantas membuatnya mematok harga yang tidak masuk akal di pasaran. Dengan harga yang masih terjangkau, Airy Garden menawarkan koleksi tanaman yang cukup lengkap, mulai dari tanaman biasa hingga tanaman premium.

Target 5 Tahun ke depan, Menembus Pasar Ekspor Mancanegara

Ke depannya, Eka ingin Airy Garden tumbuh  menjadi nursery dan gardening store terbesar dan terlengkap di Kabupaten Subang sekaligus menjadi eksportir tanaman hias ke mancanegara.

Selain itu, Airy Garden berupaya memberdayakan sumber daya masyarakat sekitar lingkungan Airy Garden, membuka lapangan pekerjaan khususnya bagi anak-anak muda yang tidak mempunyai pekerjaan tetap, memberdayakan petani tanaman hias dan juga masyarakat sekitar dalam supply tanaman apabila diperlukan. Tidak tanggung-tanggung, bahkan Eka juga mengedukasi seluruh karyawan dan masyarakat setempat dengan ilmu pengetahuan seputar budidaya dan bisnis tanaman hias.

“Target 5 tahun kedepan menembus pasar ekspor mancanegara dan mendominasi penjualan domestik. Kami juga bermimpi mempunyai nursery utama yang memiliki konsep modern untuk kantor pusat Airy Garden, memiliki area nursery khusus pembibitan, dan juga bisa mengembangkan bisnis ke bidang lainnya.”

Airy Garden (foto-foto koleksi Airy Garden)

Selain berusaha, Eka juga senantiasa berdoa dan meminta bimbingan Allah SWT. Dengan demikian, jika Tuhan menghendaki, visi dan misi Airy Garden menjadi nursery tanaman hias terbesar dan terlengkap di Kabupaten Subang bisa tercapai.

Ikhlas, Tawakal dan Persisten Kunci Dalam Menghadapi Tantangan dan Ujian

Sepanjang perjalanan Airy Garden beroperasi, Eka mengakui bahwa cobaan yang datang kepadanya tidaklah sedikit. Mulai dari kehabisan modal, hingga pernah mengalami pembatalan order puluhan juta rupiah oleh klien padahal barang sudah disiapkan.

Puncaknya adalah Juli tahun 2021, yaitu ketika ibunda tercinta berpulang karena wabah Covid-19. Selain itu, Eka sekeluarga dan beberapa karyawan juga sempat terkena wabah tersebut.

“Saat itu saya merasa sangat terpuruk, bahkan hampir hilang semangat untuk memimpin perjalanan Airy Garden. Pokoknya saya merasa berada di titik terendah dalam hidup, kehilangan Ibu, keuangan minus, banyak outstanding yang macet karena sekitar 2 mingguan usaha kami tutup total.”

Dengan motivasi dalam dirinya, Eka dapat bangkit kembali berkat dukungan dari orangtua, suami, anak dan seluruh keluarga juga karyawan Airy Garden. Berangkat dari pengalaman tersebut, Eka menyadari bahwa kuncinya adalah ikhlas, tawakal dan persisten.

“Saya percaya Allah tidak akan membebani saya dengan sesuatu yang tidak bisa saya pikul. Segala sesuatunya saya kembalikan kepada Sang Maha Kuasa.”

Memulai Bisnis Secara Tidak Sengaja

Sebenarnya Eka memulai usaha Airy Garden secara tidak sengaja. Bermula dari kelompok pengajian di Daarut Tauhid, Jakarta Selatan, yang ternyata anggotanya sama-sama mempunyai hobi merawat tanaman.

Dari sering membahas tanaman hias, mereka mulai mengoleksi tanaman hias hingga akhirnya salah satu anggota kelompok meminta tolong untuk menata ulang taman di rumahnya dan mengonsultasikan jenis tanaman yang cocok untuk ditanam di rumah.

“Saya ingat waktu itu saya antar tanaman 1 mobil ke daerah Ciledug dengan total orderan sekitar 400 ribuan, harga ‘teman’ tuh.”

Lambat laun, Eka dan rekan indekos di Rawamangun, Jakarta Timur, mulai mendapat pekerjaan pembuatan taman hingga instalasi tanaman hias dari rumah ke rumah di sekitar Jabodetabek.

Hal tersebut berlanjut setelah menikah dan pindah rumah kontrakan di Bintara, Bekasi Utara. Rumah kontrakan yang baru tersebut memiliki tanah berukuran sepetak di bagian halaman, dibantu oleh rekannya yang bertugas melakukan packing tanaman, Eka berhasil mengubah tanah sepetak tersebut menjadi mini nursery.

Hingga akhirnya Eka pindah domisili, yakni kembali ke kampung halaman di Subang dan merekrut ayah serta sepupunya untuk membantu mengoperasikan Airy Garden. Setelah berjalan 2 tahun di Subang, kini Airy Garden memiliki 9 orang karyawan.

“Kami semua bersama-sama membangun Airy Garden, pokoknya dari zero to hero. Dalam keadaan suka atau duka. Orderan banyak atau sepi, kita hadapi bareng-bareng.”

Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Value Perusahaan

Sejauh ini Airy Garden kerap melakukan promosi di IG, marketplace (tokopedia dan shopee), dan promosi dari mulut ke mulut juga sangat membawa dampak besar bagi usahanya. Selain itu, pemasangan logo, banner dan menjadi sponsor team bola voli di Subang juga dilakukan. Eka melakukan tersebut sebagai upaya untuk membangun awareness masyarakat sekitar mengenai eksistensi Airy Garden.

Pengaruh promosi terhadap peningkatan order Airy Garden terbilang cukup signifikan. Tantangan promosi pun juga banyak, dari pembuatan postingan yang menarik traffic dan berpotensi untuk meningkatkan follower serta minat beli, hingga mengelola klien lama dan baru. Belum lagi tantangan promosi di marketplace, harus siap perang harga secara terbuka dengan kompetitor lainnya.

Memiliki komitmen tinggi untuk menjadi trusted seller, bersaing secara harga kompetitif dengan mengedepankan kualitas tanaman dan menerapkan standar packing super aman merupakan value dari Airy Garden guna mendukung keberhasilan promosi tersebut dalam melayani klien.

“Dari berbagai pengalaman yang sudah saya lewati, mungkin saya bisa sampaikan, bahwa tidak ada mimpi yang terlalu tinggi selama kita punya kemauan untuk menggapainya. Yang paling utama, libatkan Allah di setiap langkah agar apapun rintangan dan ujian yang kita hadapi terasa lebih mudah.”

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Airy Garden
[Total: 6 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar