FAUST merupakan bisnis fotografi berbasis di Muntilan, Magelang, yang digeluti oleh Huma sejak tahun 2013 lalu. Huma sendiri memiliki latar belakang pendidikan fotografi di universitas seni ternama, yaitu Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Berbekal visi, hobi dan skill yang mumpuni, sejauh ini Huma berhasil memulai dan mempertahankan usahanya selama 9 tahun.

“Jalani bisnis ini awalnya karena hobi dan minat di seni fotografi. Selain itu, juga ada latar belakang pendidikan fotografi. Lama-lama jadi mata pencaharian tetap.”

Jasa fotografi yang Huma tawarkan sendiri berfokus kepada layanan pre-wedding dan wedding. Huma memberikan pilihan 3 paket untuk kliennya, mulai dari violet, brown dan gold. Dengan pilihan 3 paket istimewa tersebut, Huma ingin memberikan yang terbaik dengan mengabadikan momen-momen di mana kliennya tengah mewujudkan mimpinya ke dalam bentuk dokumentasi foto.

Pengen banget ke depannya punya studio foto sendiri.”

Huma sendiri merasa sangat yakin terhadap bisnisnya ketika mulai pertama kali. Namun, pandemi yang muncul sejak Maret 2020 lalu perlahan mengikis keyakinannya tersebut karena bisnisnya tidak semulus biasanya.

“Ya banyak yang cancel, sepi acara, belum lagi banyak aturan PPKM yang mau gak mau harus diikuti demi kebaikan bersama. Yang paling ngenes ya itu, klien yang sudah deal berujung cancel karena tidak boleh bikin acara.”

Meskipun keyakinannya sempat terkikis, pendapatannya sempat terganjal oleh pandemi yang berkepanjangan, Huma tidak menyerah begitu saja. “Ora obah, ora mamah“, Huma mencari solusi lain dengan memperluas jaringan kerjasama dengan wedding organizer dan bisnis sejenis yang menyokong keberlangsungan usahanya.

“Kalau dulu promosi getuk tular dan via media sosial aja impact-nya udah oke, sekarang gak bisa gitu. Harus kerjasama dan mengadakan promosi lebih agresif lagi supaya ada klien yang nyantol.”

Berbicara soal keunggulan, menurut Huma jasa fotografi memiliki keunggulan masing-masing. Huma mengaku bahwa ia selalu berusaha memberikan yang terbaik, mulai dari SDM fotografi, pelayanan, hingga pengeditan foto. Seluruh pekerjaannya disesuaikan keinginan dan kebutuhan klien, sehingga soal kepuasan Huma selalu mengembalikan segala sesuatunya kepada klien.

“Keunggulan terbukti ya kalau klien puas dan merekomendasikan jasa saya, alhamdulillah. Bagi saya kalau mau sukses ya harus berusaha, pantang menyerah dan harus diimbangi dengan doa.”

Dalam perjalanan bisnisnya, Huma merasa sangat didukung oleh orang tua, keluarga dan partner kerjanya. Tidak hanya materi, mereka juga mencurahkan segenap tenaga dan semangat untuk mendukung bisnis Huma selama ini.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Faust Fotografi
[Total: 2 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar