Dapur Rempah adalah perintis healthy catering rumahan yang berada di Kota Purwokerto. Melalui tag line “Your healthiest option”, Dapur Rempah telah berkreasi sejak tahun 2018 lalu hingga saat ini dengan menawarkan menu-menu sehat berkualitas yang mendukung kebutuhan nutrisi pelaku diet, program kenaikan berat badan, menjaga berat badan atau membangun otot (bulking).

“Sesuai dengan tag line Dapur Rempah, kami ingin menjadi pilihan tepat dan sehat bagi para pelaku diet sehat,” terang Mawar, selaku founder Dapur Rempah.

Berawal dari pengalaman pribadi, sejak 2017 Mawar mulai tekun mempelajari berbagai macam diet, melalui program diet sehat yang ia jalani dengan mengganti pola makan akhirnya membuahkan hasil. Target diet Mawar berhasil dicapai pada tahun 2018,

“Sejak diet jadi sering berkreasi dengan masakan dan sharing lunch ke beberapa teman karena saya merasa badan saya jadi lebih sehat sejak mengganti pola makan. Berkat masukan dan dukungan dari teman-teman saya jadi memulai bisnis ini.”

Selain menjadi healthy catering dan pilihan sehat para pelanggan, Mawar juga berharap eksistensi Dapur Rempah di Purwokerto dapat memberikan edukasi bahwa memakan makanan sehat dan menjadi lebih sehat rasanya begitu nikmat.

instagram @_rempah

Meskipun sempat vakum pada Maret 2021 dan kembali beroperasi Juni 2022, Mawar meyakini, bahwa bisnis yang ia mulai dengan niat baik, cara yang baik dan dia lakukan sepenuh hati, maka hasilnya akan berbanding lurus dan memberikan manfaat bagi sekitar.

“Ke depannya saya ingin punya dapur yang mumpuni dan bisa memenuhi kuota harian yang lebih besar, bisa punya bulkstore kebutuhan pokok dengan produk-produk yang baik dan segar yang diambil langsung dari petani,” terang Mawar optimis.

Selain mengenalkan makanan sehat dengan rasa yang nikmat, Dapur Rempah memiliki menu yang variatif dan berbeda setiap harinya. Selain itu, menu-menu dapur rempah dikreasikan dengan sangat hati-hati dan melalui research,

“Kami sering bereksplorasi, trial and error, untuk mendapatkan sajian terbaik yang bisa kami berikan kepada pelanggan nantinya.”

Sejauh ini kendala yang kerap Mawar hadapi adalah seputar stok sayur yang tidak pasti karena beberapa sifatnya musiman, cuaca saat pengiriman pesanan pelanggan dan beberapa kondisi dapur yang sering di luar dugaan, seperti gas habis atau kendala teknis lainnya.

Karena kita masih sistem pre order jadi memang harus serba disiapkan diawal, setidaknya seminggu sebelum open pre order kita sudah mempersiapkan segalanya. Dari pengalaman yang sebelumnya pun kami sekarang jadi lebih adaptif dan flexible dalam menyikapi stok sayur musiman dan fluktuasi harga bahan pokok di pasar, jadi bisa langsung ambil keputusan cepat kalau ada hal-hal yang di luar rencana. Termasuk kontrol persediaan gas dan hal-hal lain yang kerap dibutuhkan dengan lebih terorganisir,” terang Mawar.

instagram @_rempah

Selain tantangan di atas, Mawar juga sering dihadapkan dengan tantangan waktu produksi dan juga teknis pengiriman di lapangan. Namun, berkat keaktifan dalam berkomunikasi dan hospitality yang baik, Dapur Rempah berhasil menemukan solusi terbaik.

Bisa sampai dititik ini itu berkat 6 pelanggan setia kami sejak awal Dapur Rempah berdiri. Selain memberikan dukungan dengan membeli produk kami, mereka juga banyak memberikan masukan dan saran untuk pengembangan, termasuk ide-ide menu yang menarik. Itulah kenapa mereka berenam menjadi sangat berkesan dan penting sekali bagi kami, mereka membersamai kami selama ini. Ide-ide menu memang juga banyak berasal dari pelanggan. Selebihnya dukungan dari orang-oramg terdekat dan tim dapur kami sendiri,” kenang Mawar.

Semua promosi Dapur Rempah hingga saat ini hanya dilakukan melalui instagram @_rempah dan dari mulut ke mulut saja,

Karena kapasitas dapur kami ada batas maksimumnya, terkait pengolahan yang cukup memakan waktu contohnya kami gak bikin nasi pake rice cooker, semua kami olah secara manual untuk menjaga kualitas nasi kita juga. Semakin banyak yang kami masak, kami semakin takut tidak bisa menjaga kualitas kalau tidak jeli dan hati-hati.

Meskipun memiliki keterbatasan tersebut, kualitas Dapur Rempah akan selalu ditingkatkan. Terutama pada bahan-bahan pokoknya karena pelanggan merasa puas dan sehat sudah menjadi tujuan utama Dapur Rempah sejak awal beroperasi.

instagram @_rempah

Melalui metode pemasaran tersebut, jumlah pelanggan yang segmented menjadi terukur dan bisa diajak untuk saling diskusi seputar diet serta makanan sehat. Ternyata dalam proses pemasarannya pun Mawar juga menemukan tantangan tersendiri dalam mengedukasi masyarakat,

“Tidak semua orang mau diedukasi, terutama dengan adanya tren diet yang bermacam-macam itu. Kuncinya ya, tetep kreatif, fokus dan tidak goyah.”

Bagi Mawar, apa pun yang dihadapi dalam sebuah bisnis, semangat adalah salah satu bahan bakar yang harus dimiliki dalam diri, “Apalagi kalau mau bisnis yang berangkat dari hobi atau diniatkan dari hati, ya harus bener-bener niat dan gak selalu money oriented. Kalau diusahakan lama-lama pasti ada jalannya.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Dapur Rempah
[Total: 4 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar