Ciacio Home adalah brand lokal yang dikelola oleh Alycia, wanita multitalented asal Jogja yang memulai usahanya sejak awal 2021 lalu. Ciacio Home menyediakan produk pakaian rumah homewear, semi daily wear (ada juga yang menyebutnya homeware).

Fokus awalnya produksi baju tidur semi daily wear yang bisa sekalian dipakai untuk jalan-jalan santai atau hangout. Setelah lancar di pemasaran edisi pertama, dress daily wear dan mukena akhirnya juga saya produksi.”

Sebelum membuka usaha ini, Alycia adalah seorang wanita karir yang juga menjadi reseller parfum-parfum import. Meskipun menjadi reseller parfum impor telah berbuah manis, Alycia tidak ingin ilmu yang ia miliki dari sekolah fashion yang ia ikuti sejak SD hingga SMA terbuang begitu saja. Sejak awal Alycia juga ingin memiliki brand sendiri karena dirasa lebih greget dan lebih puas dalam menjalaninya.

“Pada dasarnya saya pribadi mencintai fashion, ada banyak referensi tentang fashion yang ingin saya kenalkan ke semua wanita. Saya ingin mengajak mereka agar lebih aware dan semangat berpenampilan menarik tidak hanya saat keluar rumah saja, tetapi juga saat berada di dalam rumah. Ciacio Home menawarkan home wear casual yang bisa dijadikan daily wear juga,” terang Alycia.

Alycia mengakui membangun brand sendiri dari nol tidak mudah, prosesnya penuh dengan kesulitan yang luar biasa. Alycia juga menabung cukup lama demi merealisasikan mimpinya yang satu ini. Namun, berkat passion akan fashion dan keinginan kuat yang ia miliki, Alycia dapat menjalaninya dengan happy dan kesulitan justru menjadi tantangan tersendiri.

Walaupun masih tergolong baru, Alycia yakin usahanya akan berkembang lebih besar. Selain usaha, ia juga mengandalkan Allah karena tidak ada hasil yang mengkhianati usaha. Selain itu, Alycia masih memiliki banyak referensi dan rencana inovatif untuk Ciacio Home,

“Selain mengembangkan desain, rencananya pengen nambah item untuk mulai produksi baju pria dan anak-anak. Ini mulai terpikirkan karena saya baru saja menikah. Tidak hanya home wear atau daily wear saja, tapi juga family wear.”

Ciacio Home digarap dengan sangat profesional oleh Alycia. Mulai dari pemilihan fabric atau bahan yang berkualitas tinggi hingga penjahit ditentukan dengan sangat detail, “Milihnya penjahit kelas butik yang berpengalaman, hasil jahitannya hampir zero tolerance dan desainnya juga lebih unik dibanding lainnya.

Pasang surut dalam berbisnis merupakan hal biasa. Hanya karena Ciacio Home masih baru, tidak berarti Alycia tidak mengalami fase yang pelik tersebut.

“Kalau memulai dari nol itu jatuhnya memang seperti learning by doing. Permasalahan selalu ada dari survey pemilihan kain dan penjahit, kendalanya justru ada di penerapan kualitas produk dengan standar zero tolerance dari kesalahan. Mengejar kesempurnaan ternyata bikin proses produksi butuh waktu yang cukup lama karena proses pengerjaannya sendiri pun memakan waktu, akibatnya PO baju banyak yang molor.

Baru memulai saya sudah kena mental karena merasa mengecewakan customer yang sudah PO, paling pamali kan bikin customer kecewa. Di tahap awal tersebut ya mau gak mau tetap lanjut sambil minta maaf ke customer, selanjutnya saya cari kandidat penjahit lain yang lebih taktis dan sesuai kebutuhan Ciacio Home,” kenang Alycia.

Meskipun hampir menyerah menemukan penjahit yang sreg di hati, Alycia berhasil meski pun kerap berganti penjahit. Selain tantangan tersebut, instagram Ciacio Home juga sempat terkena hack oleh oknum tak bertanggung jawab,

“Padahal instagramnya baru mulai sedikit naik followers-nya, eh, tiba-tiba kena hack dan harus memulai dari awal lagi.  Ngumpulin semangat untuk bikin konten digital marketing dari awal lagi itu luar biasa sulit, yah, tapi pelan-pelan dijalani lagi.”

Dalam masa-masa sulit, penguatan dari orang tua dan pasangan, dukungan para sahabat, serta berpegang kepada Allah merupakan pondasi Alycia hingga ia mampu mengumpulkan lagi semangatnya untuk mencari solusi bagi usahanya,

Berkat dukungan mereka semangat jadi membara, seiring berjalannya waktu masalah juga terselesaikan satu per satu. Yang dipertaruhkan jelas biaya yang tidak kecil, tapi saya jadi dapat pelajaran-pelajaran berharga dalam tiap prosesnya.

Ciacio Home dapat berkembang hingga titik seperti sekarang berkat kontribusi orang-orang terdekat Alycia, “mama sering menemani survey kain dan penjahit, pasangan saya selalu jadi motivator kalau saya lagi down, sedangkan sahabat-sahabat saya terlibat aktif dalam pembuatan campaign ads Ciacio Home yang pertama dan termasuk customer pertama saya.”

Sejauh ini Alycia membuat online campaign yang unik dan menarik untuk Ciacio Home, sebagai brand pendatang baru ia membuat penasaran dan mengajak audiens untuk mencari tahu tentang Ciacio Home.

Ia juga memanfaatkan instagram dan facebook adsense, bahkan beberapa teman selebgram juga terlibat dalam membantu promosi Ciacio Home. Dampak online campaign jauh di atas ekspektasi karena berhasil menarik perhatian beberapa konsumen, sehingga PO edisi pertama pun membludak.

Meskipun usahanya berjalan cukup baik, tidak lantas Alycia puas dengan hasil saat ini. Ke depannya ia masih ingin mengembangkan Ciacio Home menjadi lebih baik lagi,

Buat teman-teman yang ingin usaha atau sedang memulai usahanya, jangan mudah menyerah dan selesaikan setiap persoalan satu per satu. Pada intinya dalam setiap bisnis itu pasti banyak learning by doing-nya, gak ada yang instan langsung berjalan lancar. Tetap yakin bahwa setiap kesulitan pasti ada jalan keluarnya dan jangan takut gagal atau memulai lagi dari awal karena hasil tidak akan mengkhianati usaha.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Ciacio Home
[Total: 5 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar