Adelly Kitchen merupakan usaha kue rumahan milik Yustina Ade Krista yang menawarkan kue-kue sederhana. Produk-produknya terbuat dari bahan-bahan sehat, tanpa pengawet dan pewarna buatan. Selain berangkat dari hobi, Adelly Kitchen mulai beroperasi pada tahun 2020, yaitu bertepatan dengan pandemi yang merebak dan memukul mundur sektor perekonomian Indonesia.

“Dengan niat membantu suami memperbaiki ekonomi keluarga, karena suami tidak bisa bekerja lagi di kantornya dan pandemi, ya, sebenarnya spontan saja ide jualan kue ini muncul. Karena ini kegiatan yang paling bisa saya lakukan di rumah sambil jagain anak. Saya pun merasa enjoy sibuk di dapur.”

Awalnya Yustina menawarkan bolu jadul dengan sistem pre order, tanpa disangka respon pembeli melebihi ekspektasi, sehingga semangat dan keinginannya mengembangkan Adelly Kitchen pun tumbuh. Dari titik inilah Yustina berupaya menjaga dan meningkatkan kualitas produk serta terus berinovasi agar tidak tergerus persaingan. Optimisme Yustina terhadap Adelly Kitchen juga ikut tumbuh berkat antusiasme para pelanggan dan pecinta kue yang sudah pernah mencicipi produk-produk Adelly Kitchen.

Selain diolah dengan bahan sehat yang bebas pengawet dan pewarna buatan, produk Adelly Kitchen merupakan produk homemade yang dibuat hanya ketika dipesan saja, sehingga kue selalu fresh saat diterima oleh pelanggan.

“Satu tahun kedepan pengennya Adelly Kitchen lebih dikenal dan dipercaya masyarakat, kedepan semoga sudah punya toko offline, tidak hanya online.”

“Pernah dulu menjelang hari raya, rencana mau jualan kue kering, sudah kulakan kemasan ratusan ribu, tetapi tidak ada orderan. Ya modal jadi mandek disitu, akhirnya ya tetap jalani saja jualan seperti hari-hari biasanya. Kemasan yang terlanjur dibeli ini disimpan dulu, bisa dipakai lagi tahun depan.”

Kejadian tersebut memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi Yustina. Berangkat dari pengalaman tersebut, ia mulai membuat kue kering kemasan kecil sebagai perkenalan, kadang dibagikan secara cuma-cuma untuk pelanggan sehingga ketika hari raya berikutnya tiba, bagi mereka yang merasa cocok banyak yang mulai memesan kue basah mau pun kering di Adelly Kitchen.

“Adelly Kitchen bisa seperti sekarang ini berkat support dari suami saya, tetangga serta teman-teman kami. Dan tentunya para pelanggan kue kami.”

Sampai saat ini promosi juga masih banyak dibantu oleh teman-teman, kebanyakan memberikan rekomendasi pada keluarga, teman dan tetangga. Selain itu, para pelanggan kue juga turut berperan dalam proses Adelly Kitchen dikenal banyak orang, yakni  dengan memberikan testimoni, bahkan mengunggah di story akun media sosial para pelanggan kue, sehingga dari mulut ke mulut Adelly Kitchen mulai dikenal.

Selain itu, Yustina juga melakukan promosi lain seperti promo-promo diskon, giveaway, dan tester gratis. Bahkan paid promotion pun tidak luput dari opsi promosi yang dilakukan untuk Adelly Kitchen.

“Sejauh ini dampak promosi luar biasa, apalagi untuk pemula. Begitu buka toko online, pembeli order silih berganti.”

Meski pun tidak banyak orderan setiap harinya, tapi pembeli datang silih-berganti secara konsisten. Mempertahankan dan meningkatnya kekonsistenan ini merupakan tantangan tersendiri bagi Yustina. Sedikit demi sedikit, berapa pun hasilnya tetap disyukuri. Oleh karena itu, Yustina mempelajari resep baru untuk menambah produk yang dijual.

“Untuk teman-teman yang ingin memulai usaha, jangan takut gagal, ups and downs dalam setiap usaha itu pasti ada, jangan menyerah, selama kita jujur, berada di jalan yang benar, tidak ada lagi yang perlu ditakutkan. Jangan pernah lupa berdoa, lets do our best, let God do the rest.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Adelly Kitchen
[Total: 5 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar