Frankfurt am Main Airport (foto Gerald Friedrich via pixabay)

Sudah masuk waktu sholat tapi sedang berada di bandara? Tentu bukan masalah saat berada di bandara di negara-negara yang mayoritas penduduknya muslim. Di bandara di seluruh wilayah Indonesia, Malaysia, Brunei, atau di Timur Tengah mudah sekali menemukan mushola untuk melaksanakan kewajiban sholat.

Tapi kini, bukan hanya di bandara negara-negara mayoritas muslim saja, hampir semua bandara besar di seluruh dunia menyediakan tempat untuk pelancong muslim bisa melaksanakan sholat, termasuk di bandara-bandara besar di Eropa. Meski tidak seluruhnya dikhususkan sebagai mushola, karena ada juga yang menyediakannya di tempat yang digabung untuk kegiatan berdoa dari berbagai agama lain. Biasanya tempat seperti itu disebut sebagai multi faith prayer room atau disebut juga sebagai meditation room.

Kali ini kita kenali tempat yang bisa untuk melaksanakan sholatdi bandara utama di 5 kota di Eropa. Bandara-bandara ini adalah bandara utama di Eropa yang biasanya melayani penerbangan dari dan ke Indonesia sekaligus menjadi hub penghubung untuk penerbangan lanjutan di benua Eropa.

1. Paris – Prancis: Charles de Gaulle Airport (CDG) dan Orly Airport (ORY)

Charles de Gaulle

Fasilitas mushola di Bandara Charles de Gaulle bisa diakses di gerbang keberangkatan terminal 2E, berlokasi di Gate L dekat Yotel. Juga tersedia di gerbang kedatangan terminal 2F. Buka mulai pukul 4:00 s.d. 23:30. Waktu sholat lokal tersedia di lokasi mushola.

Orly Airport

Sementara di Bandara Orly fasilitas musholla bisa diakses di lantai 1 ruang A726. Jam buka 5:00 s.d. 23:30

Info lebih lanjut: https://www.parisaeroport.fr/en/passengers/services/prayer-area

2. Roma – Itali: Leonardo Da Vinci Fiumicino Airport (FCO)

Fasilitas mushola di bandara Roma (FCO) disatukan dengan tempat kegiatan ritual agama lain atau multi-faith prayer room. Berlokasi Kedatangan Internasional Terminal 3.

Info lebih lanjut: https://www.adr.it/web/aeroporti-di-roma-en/pax-fco-prayer-rooms

3. Frankfurt – Jerman: Frankfurt am Main Airport (FRA)

Frankfurt am Main Airport, Jerman mungkin bandara yang paling serius dalam menyediakan ruangan yang khusus difungsikan sebagai mushola. Beberapa bahkan diantaranya dihiasi dengan ornamen masjid dan dilengkapi karpet khusus yang mengarah ke arah kiblat.

Petunjuk mushola di situs resmi bandara pun menggunakan gambar Al-Quran sebagai ilustrasi fotonya. Karenanya tak mengherankan jika banyak pengguna mengatakan pengelola Frakfurt Airport sangat serius dalam menyediakan fasilitas bagi pelancong muslim.

Tersedia fasilitas wudhu dan shalat yang terpisah untuk laki-laki dan perempuan. Jam buka mushola pukul 5.00 s.d. 23:00. Setiap hari Jumat, di mushola terminal 1 dan 2 diadakan kegiatan sholat Jumat berjamaah. Lokasinya bisa diakses di:

  • Terminal 1B, Lantai 3, Keberangkatan, Ruang 201.3014-3015
  • Terminal 1B, Lantai 2, dekat Gate B22
  • Terminal 2D, Lantai 3, dekat Gate D1
  • Terminal 2E, Lantai 2, Kedatangan

Info lebih lanjut: https://www.frankfurt-airport.com/en/flights-and-transfer/leisure-activities/muslim-prayer-rooms.html

4. London – Inggris: Heathrow Airport (LHR)

Hampir di setiap terminal di Bandara London Heathrow tersedia mushola untuk melaksanakan sholat di Bandara London Heathrow di area multi faith prayer room.

  • Terminal 2: Keberangkatan (setelah pos keamanan), dekat Gate A21
  • Terminal 2: T2B (setelah pos keamanan), antara Gates B34 and B35
  • Terminal 3: Keberangkatan, Level 1 (sebelum pos keamanan)
  • Terminal 3: Keberangkatan (setelah pos keamanan), dekat Lounge A
  • Terminal 4: mezzanine floor (sebelum pos keamanan), dekat Yotel
  • Terminal 4: Keberangkatan (setelah pos keamanan), dekat Gates 3 and 4
  • Terminal 5: check-in Zone A (sebelum pos keamanan)
  • Terminal 5: Keberangkatan (setelah pos keamanan), dekat Gate A8
  • Terminal 5: T5B (setelah pos keamanan), dekat Gate B34
    Terminal 5: T5C (setelah pos keamanan), dekat Gate C52

Info lebih lanjut: https://www.heathrow.com/at-the-airport/terminal-facilities/multi-faith-prayer-rooms

5. Amsterdam – Belanda: Schiphol Airport (AMS)

Di Bandara Schiphol mushola disatukan dengan tempat kegiatan agama penganut agama lain di meditation room. Namun selain hari Minggu pukul 11 saat dilaksanakan kebaktian di sini, umumnya ruangan ini lebih banyak berfungsi sebagai musholla.

Disediakan penunjuk arah kiblat dan sajadah bagi yang akan melaksanakan sholat. Tempat wudhu ada di toilet sekitar 20 m di balik meditation room. Lokasi bisa diakses di lantai 2 setelah melewati pemeriksaan paspor.

Info lebih lanjut: https://news.schiphol.com/cry-pray-smile-meet-and-wonder-in-silence/


Berikan bintang kamu untuk mushola di bandara di Eropa
[Total: 4 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar