Beragam bentuk masjid dapat ditemukan di mana saja. Ada banyak masjid dengan arsitektur yang memiliki kekhasan tersendiri dari masing- masing daerah atau negara. Tidak heran jika bangunannya memiliki sentuhan budaya masing-masing daerah dan tentu saja kreatifitas para perancangnya.

Seiring berjalannya waktu, bentuk masjid pun semakin unik dan kreatif. Tahukah Sobat Halal, di berbagai belahan dunia ini ada beberapa bangunan masjid yang unik dan luar biasa. Kita telusuri satu per satu yuk!

1. Shah Faisal Mosque, Islamabad

Kredit foto: Ali_Mujtaba via paktrips.com

Masjid dengan perpaduan desain modern dan tradisional ini merupakan hadiah dari King Faisal dari Saudi Arabia. Bentuk masjid yang terinspirasi dari bentuk tenda Suku Badui atau Bedouin di Arab Saudi ini dibangun pada tahun 1976 hingga 1986 di kaki Bukit Margalla, Islamabad.

Masjid ini dibangun oleh arsitek asal Turki yang bernama Vedat Dalokay dan kapasitasnya mencapai 300.000 jamaah.

Selain keindahan arsitekturnya, masjid ini memiliki kolam di tengahnya. Tak heran Masjid ini sempat menjadi masjid terbesar pada tahun 1986 – 1993.

2. Great Mosque of Djenne, Mali

Kredit foto: Geourdu via thisisafrica.me

Masjid yang menyerupai benteng ini berada di Mali dan diberi gelar sebagai the largest mud bricks building in the world oleh UNESCO. Bangunan yang dibuat dari tanah liat ini telah berdiri sejak abad ke-13 dan telah mengalami beberapa sentuhan dari berbagai arsitektur hingga bisa seperti sekarang ini.

Berdasarkan legenda, masjid ini didirikan oleh Sultan Muslim pertama di Mali, yaitu King Koi Konbor, yang menggunakan material lokal untuk memberikan tempat nyaman bagi para umat muslim yang ada di tempat tersebut.

Renovasi masjid ini kerap dilakukan dari waktu ke waktu karena masjid terus mengalami retakan dan erosi akibat hujan di Afrika. Renovasi terakhir yang dilakukan pada masjid ini adalah pada tahun 1907. Namun demikian, gaya arsitektur Sudano-Sahelian tetap dipertahankan dari masa ke masa.

3. Education City Mosque, Ar-Rayyan

Kredit foto Qatar Foundation vi qf.org.qa

Masjid ini berada di Al Rayyan, Qatar dan merupakan bangunan bergaya kontemporer yang melambangkan Islam sebagai agama yang kompatibel terhadap kemajuan dan perkembangan jaman dari masa ke masa.

Ruangan utama dan halamannya dapat menampung sekitar 2.800 jamaah. Selain bangunannya yang unik, di tempat ini juga terdapat Qur’anic Botanic Garden dan The Oxygen Park. Di tempat ini, Sobat Halal dapat menemukan kaligrafi di sepanjang dinding bangunan masjid.

4. Nasir Al-Molk Mosque,Shiraz

Foto via tehrantimes.com

Masjid yang dibangun pada masa kepemimpinan Dinasti Qajar ini merupakan masjid bergaya tradisional khas abad 19 di Shiraz, Iran, dan dijuluki sebagai The Pink Mosque.

Bangunan pada masjid ini dikelilingi oleh stainned glass dengan dominasi warna pink yang dapat memantulkan cahaya sehingga karpet dan tembok masjid dipenuhi oleh pantulan cahaya dengan berbagai macam warna yang didominasi oleh warna pink. Hal tersebut menciptakan atmosfir spiritual tersendiri bagi sebagian orang.

Akibat semburat warnanya yang indah di dalam masjid itulah, masjid ini kerap disebut juga sebagai The Rainbow Mosque atau The Kaleidoscope Mosque.

5. The Paradise Has Many Gates, Riyadh

Kredit foto: Ajlan Gharem via archdaily.com

Masjid yang satu ini bukan bangunan permanen ya, tapi lebih merupakan sebuah instalasi seni. Masjid unik dan transparan ini didesain oleh Ajlan Gharem yang merupakan seniman muda sekaligus guru matematika di Riyadh, Arab Saudi.

Proyek seni ini sempat menuai pro dan kontra, namun masjid ini akhirnya mendapatkan penghargaan Jameel Prize Vancouver Biennale atas desain kontemporarinya yang sarat budaya serta filosofi.

Selain itu, karya seni ini merupakan lambang keterbukaan dialog antarkomunitas, wadah kreatifitas dan sharing budaya bersejarah antara satu dengan yang lainnya.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Masjid-Masjid Unik
[Total: 4 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar