Foto-foto via mosqpedia.org

Seni arsitektur moderen tidak hanya diaplikasikan untuk membuat bangunan gedung dan rumah dengan desain-desain yang menarik, namun juga memberikan terobosan gaya bangunan yang unik di banyak masjid di seluruh dunia.

Desain arsitektur kontemporer ini memberikan bentuk masjid yang cukup unik dan terkesan antimainstream jika dibandingkan dengan arsitektur masjid konvensional. Bentuk masjid konvensional umumnya berbentuk bangunan kotak dengan kubah dan menara, sementara masjid-masjid berikut ini seolah keluar dari pakem.

Meskipun demikian masjid-masjid ini tidak kehilangan fungsi utamanya sebagai tempat untuk melaksanakan ibadah. Yuk, kita lihat beberapa di antaranya!

1. Cologne Central Mosque – Cologne, Jerman

Masjid ini didesain oleh Paul Bohm yang terinspirasi dari gaya arsitektur pada masa Ottoman. Masjid ini memiliki kubah utama berbentuk kapsul dan 2 menara yang menjulang tinggi di sisi kanan dan kirinya.

Namun demikian, Paul Bohm berhasil melakukan modernisasi lebih kompleks lagi dengan menambahkan dinding kaca di sisi-sisi bangunan masjid tersebut.

2. KAPSARC Mosque – Riyadh, Arab Saudi

KAPSARC merupakan kependekan dari King Abdullah Petroleum Studies and Research Center yang berada di Riyadh. Terinspirasi dari bangunan suci Ka’bah umat islam di dunia dan terletak di tengah taman. Masjid ini terlihat sangat futuristik dan estetik.

Namun demikian, bangunan masjid ini juga memiliki filosofi tersendiri. Seperti misalnya terdapat kolam yang mengitari tempat ini dan pada pintu masuknya terdapat jembatan kaca sebagai akses masuk ke bangunan utama masjid, melambangkan transisi untuk sejenak menanggalkan hal-hal yang bersifat duniawi untuk bersiap ibadah dengan suci dan khusuk.

Kaca-kaca yang berada di gedung ini pun memantulkan cahaya lampu, sehingga selain menjadi penerang, juga membuat masjid ini seolah terapung di atas air.

3. The Islamic Center of Rijeka –  Rijeka, Kroasia

Alih-alih terlihat seperti masjid, bangunan masjid ini justru lebih menyerupai pesawat luar angkasa besar berwarna keperakan. Masjid ini sepenuhnya berbentuk kubah dengan satu menara spiral yang terbuat dari baja dan beton.

Selain itu, masjid itu dibangun di atas bukit dengan pemandangan Laut Adriatik sehingga lampu di atas menaranya bagai suar bagi kapal yang lewat, bahkan masjid ini dapat dilihat dari Teluk Kvarner Bay.

4. Yesil Vadi Mosque, Istanbul, Turki

Turki adalah negara yang terkenal dengan masjid-masjid yang usianya sudah ratusan bahkan ribuan tahun. Bentuk masjid yang ada di Turki umumnya hampir serupa, berbentuk bangunan kubah dan banyak menara. Konon menara masjid yang ada di masjid seluruh dunia adalah pengaruh dari arsitektur masjid di Turki.

Masjid Yesil Vadi atau Yeşil Vadi adalah sebuah masjid di Istanbul, Wilayah Marmara, Turki yang merupakan masjid dengan arsitektur kontemporer. Masjid ini adalah hasil rancangan Adnan Kazmaoglu dari MAM Architectural Research Center.

Yang unik adalah bentuk kubah yang menjadi ruang utama dalam masjid ini berbentuk seperti belahan bumi. Dengan struktur setengah bola berdiameter 25 meter setidaknya masjid ini dapat menampung sekira 350 jamaah shalat. Di dalamnya terdapat juga ruang pertemuan yang dapat menampung hingga 250 orang, perpustakaan, unit kegiatan sosial, dan halaman plasa yang dapat digunakan untuk berkegiatan.

Masjid Yesil Vadi memiliki 11 jendela yang mengalirkan cahaya ke ruang utama dan akan menerangi ukiran kaligrafi yang menghiasi interior masjid. Gerbang utamanya terbuat dari pintu kaca geser dan stainless steel. Marmer adalah material yang menjadi struktur utama masjid.

5. Al-Irsyad Mosque, Bandung Barat, Indonesia

Masjid Al-Irsyad berlokasi di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Arsitektur masjid ini terbilang unik karena menggunakan batu tumpuk sebagai fasad utama untuk menciptakan efek tektonik dan terbaca sebagai teks/kaligrafi Islami pada fasad sebagai elemen grafis dan pengingat shalat.

Masjid ini juga dirancang untuk menyatu dengan alam. Batu-batu yang ditumpuk membentuk dinding memungkinkan ventilasi alami terjadi sehingga tidak perlu AC. Dikelilingi oleh air, suhu sekitar masjid akan lebih rendah selama musim panas. Di bagian depan mimbar berbentuk terbuka dengan sebuah bola kaligrafi berlafaz Alloh yang berada di atas kolam dangkal. Pemandangan alam di depan masjid menjadi latar belakang dari mimbar.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Desain Masjid Unik
[Total: 5 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar