Masjid Al Irsyad Satya (foto: kotabaruparahyangan.com)

Kabupaten Bandung Barat mempunyai salah satu masjid yang ikonik di Jawa Barat, yaitu Masjid Al-Irsyad Satya. Masjid yang berada di Komplek Kota Baru Parahyangan ini merupakan bagian dari Al-Irsyad Satya Islamic School.

Dibangun pada tahun 2009 (7 September 2009/17 Ramadhan 1430 H) dan selesai pada tahun 2010 (27 Agustus 2010/17 Ramadhan 1431 H), dengan diarsiteki oleh Ridwan Kamil, yang kini adalah Gubernur Jawa Barat. Masjid ini bisa memuat 1500 jamaah dan berada di lahan seluas 1 Ha.

Masjid ini pun mendapat penghargaan “The Best 5 Building of The Year 2011 untuk Kategori Bangunan Religi, versi Archdaily & Green Leadership Award tahun 2011” yang diberikan oleh BCI Asia.

Masjid Al-Irsyad Satya memang memiliki desain bangunan yang tidak umum. Keseluruhan bangunannya hanya berbentuk kubus, tidak memiliki kubah setengah lingkaran seperti masjid lainnya. Bagian dalam masjid juga dibuat sangat simpel, hanya ada karpet untuk shalat, rak gantung untuk mukena dan rak Al-Quran, mimbar, dsb. Warna pada masjid ini juga hanya terdiri dari 3 warna, yaitu hitam, putih, dan abu-abu.

Masjid Al Irsyad Satya {foto: kotabaruparahyangan.com)

Dekorasi utama dari masjid ini adalah kolam yang berada dibagian depan masjid, yang sekaligus menunjukan arah kiblat. Kolam tersebut terhitung dangkal, terdapat ikan didalamnya dan juga dekorasi utama berupa bola bertuliskan kaligrafi “Allah SWT”. Di belakangnya, desain masjid sengaja dibuat tanpa dinding, sehingga pemandangan diluar menjadi background bagi kolam tersebut.

Bagian mihrab yang terbuka memberi kesan infinity sekaligus menyatukan interior masjid dengan alam {foto: kotabaruparahyangan.com)

Desain masjid ini juga menjadikan sirkulasi udaranya sangat baik. Karena, selain dari dinding di belakang kolam yang terbuka, seluruh sisi permukaan dinding masjid juga memiliki lubang-lubang yang dihasilkan oleh susunan batu bata dan desainnya.

Susunan batu bata tersebut juga menghasilkan bacaan dua lafaz Arab, yakni Laailaha Ilallah, Muhammad Rasulullah. Selain itu pilar lampu di dalam masjid berjumlah 99 buah, sesuai dengan Asmaul Husna yang juga tersemat pada setiap pilarnya.

Bangunan berbentuk kubus dengan mozaik kaligrafi kalimat syahadat {foto: kotabaruparahyangan.com)

Area luar masjid memiliki tangga rendah dan dua lorong yang terdiri pilar putih untuk menuju pintu masuk. Terdapat juga pepohonan, sehingga membuat area sekitar masjid sedikit teduh.

Jika anda berkunjung ke Kota Bandung, sebaiknya tidak melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke masjid ini. Mengambil jalur Tol Padaleunyi dan ambil jalur keluar Padalarang adalah jalan tersingkat untuk mampir.

Kontak:
DKM Masjid Al-Irsyad Satya
Jl.Parahyangan KM 2.7
Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat, 40553
Telp. [+62 22] 680 3956


Berikan bintang kamu
[Total: 7 Rata-rata: 4.4]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar