Share artikel ini:


Indonesia merupakan salah satu negara penghasil buah-buahan terbesar di Asia Tenggara. Tanahnya yang subur merupakan anugerah luar biasa, tak heran jika berbagai jenis tumbuhan hidup dengan baik. Mulai dari sayuran, buah-buahan sampai pohon-pohon kayu keras.

Ada banyak jenis buah-buahan tropis yang merupakan tanaman endemik Indonesia dan Asia Tenggara. Beberapa jenis di antaranya bahkan merupakan buah-buah yang mulai langka ditemui di Indonesia. Ternyata buah-buah langka ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan loh!

Sambil piknik Sobat Halal bisa banget berburu buah-buah langka berikut ini, yuk kita cermati apa saja itu!

1. Rokam

Rokam (instagram.com/fatindhaniah)

Rokam merupakan buah eksotis yang banyak di temukan di Sumatera. Meskipun penyebarannya tidak merata, tetapi banyak yang menyukai buah ini. Rasanya masamnya pas sekali untuk dinikmati di siang yang terik.

Konon di Sumatera tumbuhan ini tumbuh di alam liar. Buah rokam memiliki banyak khasiat dan nutrisi seperti vitamin C, lemak, serat dan beberapa nutrisi lainnya Masyarakat memercayai buah rokam bermanfaat untuk menyamarkan bekas gigitan serangga, mengatasi nyeri menstruasi, menyembuhkan gangguan pencernaan dan mengatasi diare.

2. Jamblang

Jamblang (instagram.com/pusattanamanpupukorganik)

Jamblang atau disebut juwet di beberapa daerah ini merupakan buah yang hanya tumbuh di negara tropis, salah satunya Indonesia. Rasanya asam, manis dan segar. Bentuknya seperti anggur dengan ukuran yang lebih besar. Uniknya, selalu meninggalkan bekas hitam keunguan di lidah dan mulut setelah memakannya, hehe!

Buah ini berkhasiat untuk mencegah risiko diabetes, meningkatkan aliran darah, meningkatkan kesehatan jantung, mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kesehatan pencernaan, meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan kesehatan tulang.

3. Gandaria

Gandaria (instagram.com/rosita.gunawan59)
Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk buah-buah langka ini
[Total: 4 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
1 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Dinilai
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar