Share artikel ini:


Sobat Halal, ternyata tubuh kita bisa stress loh jika pola makan tidak terjaga.  Di tengah pandemi tentu menjaga asupan makanan dan minuman yang sehat menjadi sangat penting bagi kita dan keluarga. Selain mengurangi resiko terkena masalah kesehatan, mengkonsumsi makanan sehat dapat membantu menjaga imunitas.

Yuk kita simak beberapa penjelasan di bawah ini!

1. Jaga Asupan Sayur dan Buah

Seringkali kali kita melupakan asupan sayur dan buah karena rutinitas yang padat atau karena menyimpan keduanya tidak selalu mudah, sayur dan buah cepat sekali layu. Namun, selain merupakan sumber serat, sayur dan buah juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Kurangnya konsumsi buah dan sayur juga menurut The World Health Report dapat menyebabkan kanker gastrointestinal sebesar 19%, penyakit jantung iskemik sebesar 31% stroke sebesar 11% di seluruh dunia.

Ada sekitar 2,7 juta warga dunia yang meninggal setiap harinya akibat kurangnya konsumsi sayur dan buah. Rendahnya konsumsi kedua sumber serat tersebut menjadikannya masuk ke dalam 10 besar faktor penyebab kematian di dunia.

2. Kurangi Konsumsi Makanan & Minuman Kemasan Atau Siap Saji.

Makanan dan minuman siap saji memang menjanjikan keragaman, kualitas dan kemudahan bagi konsumen. Namun, Sobat Halal perlu mempertimbangkan juga dampak negatifnya terhadap tubuh jika konsumsi tersebut tidak dibatasi dan diimbangi dengan asupan gizi serta vitamin yang tepat.

World Health Organization (WHO) dan Food and Agricultural Organization (FAO) menyatakan bahwa ancaman potensial dari residu bahan makanan dan minuman siap saji terhadap kesehatan manusia dibagi dalam 3 katagori, yaitu :

a) aspek toksikologis yang merupakan kategori residu bahan makanan dengan sifat beracun terhadap organ-organ tubuh,

b) aspek mikrobiologis, kemungkinan mikroba dalam bahan makanan dan minuman yang dapat mengganggu keseimbangan mikroba baik dalam saluran pencernaan manusia,

c) aspek imunopatologis, yaitu keberadaan residu yang dapat menurunkan kekebalan tubuh.

Sebagai pengingat, dalam makanan dan minuman siap saji tak jarang di antaranya mengandung beberapa zat adiktif seperti sulfit, pewarna buatan, MSG, BHT & BHA, dan pemanis buatan.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu
[Total: 1 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar