Sobat Halal, ternyata tubuh kita bisa stress loh jika pola makan tidak terjaga.  Di tengah pandemi tentu menjaga asupan makanan dan minuman yang sehat menjadi sangat penting bagi kita dan keluarga. Selain mengurangi resiko terkena masalah kesehatan, mengkonsumsi makanan sehat dapat membantu menjaga imunitas.

Yuk kita simak beberapa penjelasan di bawah ini!

1. Jaga Asupan Sayur dan Buah

Seringkali kali kita melupakan asupan sayur dan buah karena rutinitas yang padat atau karena menyimpan keduanya tidak selalu mudah, sayur dan buah cepat sekali layu. Namun, selain merupakan sumber serat, sayur dan buah juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Kurangnya konsumsi buah dan sayur juga menurut The World Health Report dapat menyebabkan kanker gastrointestinal sebesar 19%, penyakit jantung iskemik sebesar 31% stroke sebesar 11% di seluruh dunia.

Ada sekitar 2,7 juta warga dunia yang meninggal setiap harinya akibat kurangnya konsumsi sayur dan buah. Rendahnya konsumsi kedua sumber serat tersebut menjadikannya masuk ke dalam 10 besar faktor penyebab kematian di dunia.

2. Kurangi Konsumsi Makanan & Minuman Kemasan Atau Siap Saji.

Makanan dan minuman siap saji memang menjanjikan keragaman, kualitas dan kemudahan bagi konsumen. Namun, Sobat Halal perlu mempertimbangkan juga dampak negatifnya terhadap tubuh jika konsumsi tersebut tidak dibatasi dan diimbangi dengan asupan gizi serta vitamin yang tepat.

World Health Organization (WHO) dan Food and Agricultural Organization (FAO) menyatakan bahwa ancaman potensial dari residu bahan makanan dan minuman siap saji terhadap kesehatan manusia dibagi dalam 3 katagori, yaitu :

a) aspek toksikologis yang merupakan kategori residu bahan makanan dengan sifat beracun terhadap organ-organ tubuh,

b) aspek mikrobiologis, kemungkinan mikroba dalam bahan makanan dan minuman yang dapat mengganggu keseimbangan mikroba baik dalam saluran pencernaan manusia,

c) aspek imunopatologis, yaitu keberadaan residu yang dapat menurunkan kekebalan tubuh.

Sebagai pengingat, dalam makanan dan minuman siap saji tak jarang di antaranya mengandung beberapa zat adiktif seperti sulfit, pewarna buatan, MSG, BHT & BHA, dan pemanis buatan.

3. Kurangi atau Hindari Gorengan

Aduh, siapa sih yang tidak tergoda dengan pesona gorengan yang sangat mudah kita jumpai di mana saja?  Sobat Halal perlu hati-hati ya! Gorengan memang nikmat dan memikat, tapi gorengan mengandung banyak kalori, radikal bebas, dan lemak trans.

Kandungan-kandungan tersebut dapat meningkatkan resiko obesitas, penyakit jantung, diabetes dan kanker. Namun, Sobat Halal tidak perlu khawatir, kita masih bisa mengkonsumsi gorengan dengan cara yang lebih sehat, yaitu dengan mengganti minyak gorengnya dengan minyak kelapa, alpukat atau zaitun, mengubah metode menggoreng dengan metode memanggang. Atau Sobat Halal bisa memanfaatkan teknologi air fryer. Namun tetap saja kita harus ingat, segala sesuatu yang berlebihan memang tidaklah baik.

4. Perhatikan Konsumsi Air Putih

50% tubuh manusia terdiri dari air. Air yang kita konsumsi bermanfaat untuk menunjang fungsi jaringan dan sel agar tetap bekerja dengan baik. Bayangkan jika tubuh kekurangan air, selain masalah dehidrasi tentu saja ada dampak negatif lainnya jika ditinjau dari manfaat utama air bagi tubuh.

Mungkin Sobat Halal kerap mendengar anjuran meminum air putih sebanyak 2 liter dalam sehari yang setara dengan 8 gelas. Namun pada dasarnya, kebutuhan air setiap individu berbeda, tergantung kondisi fisik, kondisi medis dan juga rutinitas sehari-hari. Oleh karena itu, untuk mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh ada banyak hal mudah yang bisa Sobat Halal terapkan sehari-hari, yaitu :

a) biasakan minum air putih setiap bangun tidur, selain untuk detoksifikasi alami juga bermanfaat untuk merangsang sel dan sistem syaraf dalam tubuh,

b) selalu minum air putih setelah makan, hal ini sangat baik bagi pencernaan,

c) kenali isyarat haus tubuh anda. Minumlah saat merasa haus, maka Sobat Halal bisa terbebas dari dehidrasi karena rasa haus merupakan sinyal atau pertanda alami ketika tubuh mulai kekurangan cairan,

d) jika rutinitas sering membuat Sobat Halal lupa atau menunda rasa haus hingga akhirnya justru terlupakan sama sekali, biasakan minum 1 gelas air setiap 1,5 jam – 2 jam sekali saar beraktivitas.

5. Kurangi Konsumsi Manis, Asin dan  Pedas

Makan tanpa kehadiran 3 rasa ini memang terasa hambar, membayangkan saja bisa membuat napsu makan berkurang. Jika Sobat Halal tidak hati-hati dan terlalu sering memanjakan lidah, makan bahaya diabetes, perut melilit atau mulas, dan darah tinggi siap mengintai kapan saja.

Sobat Halal bisa menjaga pola makan sehat dengan mengurangi takaran garam dan pedas dalam masakan dan mengganti gula dengan madu alami, rasa makanan pun tidak kalah nikmat.

Jadi, Sobat Halal, mari kita lebih bijak dalam menentukan makanan dan minuman yang akan kita konsumsi agar tubuh tidak menjadi stress sehingga imunitas kita tetap terjaga.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 1 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar