Ya, nikotinamida memang memiliki analog struktural yang mirip dengan nikotin, zat adiktif yang ditemukan dalam produk tembakau. Namun meski memiliki kemiripan struktur ternyata dampak dari kedua zat ini sangat berbeda untuk tubuh kita.

Sumber: Hopes Standford

Nicotinamide biasa dikenal sebagai niacinamide atau niasin adalah turunan dari vitamin B-3. Secara umum. Niacinamide topikal (aplikasi luar) dapat membantu mengobati permasalahan kulit tertentu, termasuk jerawat dan eksim.

Niacinamide adalah bagian dari vitamin B kompleks, bersama dengan vitamin B lainnya, termasuk vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin) dan lainnya. Vitamin B3, atau biasa disebut juga sebagai niasin, hadir dalam tiga bentuk: asam nikotinat, niacinamide, dan inositol hexaniacinate. Vitamin B3 niasin telah dipelajari secara ekstensif dan telah terbukti membantu dalam mengobati berbagai masalah kesehatan yang umum terjadi.

Niacinamide bekerja dengan cara membantu membangun protein pada kulit dan mengunci kelembapan untuk mencegah kerusakan kulit.

Menurut The Australasian College of Dermatologists, Niacinamide juga cukup menjanjikan untuk pengobatan berbagai kondisi dermatologis, termasuk gangguan lepuh autoimun, jerawat, rosacea, penuaan kulit dan dermatitis atopik. Secara khusus, penelitian terbaru juga menunjukkan Niacinamide menjadi agen yang potensial untuk mengurangi keratosis aktinik dan mencegah terjadinya kanker kulit

Selain itu, dikutip dari Healthline, berikut manfaat niacinamide bagi kulit:

  1. Niacinamide membantu kulit memproduksi keratin yang menjaga kulit tetap kencang dan sehat.
  2. Membantu memproduksi ceramide (lipid) yang berfungsi mempertahankan kelembapan kulit.
  3. Meredakan kemerahan.
  4. Mengecilkan tampilan pori.
  5. Mengatur minyak.
  6. Melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari.
  7. Menyamarkan hiperpigmentasi dengan merangsang kulit memproduksi kolagen.
  8. Menyamarkan garis-garis halus dan kerutan.
  9. Melindungi kulit dari dampak negatif polusi.
  10. Mengobati jerawat dan memperbaiki tekstur kulit.

Makan makanan yang bergizi adalah cara terbaik untuk mendapatkan asupan mikronutrien seperti vitamin B-3 dari dalam tubuh. Mikronutrien seperti vitamin B-3 ini bisa Sobat Halal dapatkan dari makanan seperti telur, sereal, sayuran hijau, kacang-kacangan, ikan, dan susu.

Namun demikian, untuk penggunaan luar (topikal) sobat halal bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung Niacinamide  karena akan memaksimalkan proses perbaikan untuk kulit.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 1 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar