Foto ilustrasi oleh Charles Deluvio

Sobat Halal, apakah ada di antara kalian yang bekerja dari rumah atau tetap harus pergi ke kantor? Ternyata meskipun bekerja dari rumah saat pandemi merupakan salah satu “kemewahan”, kenyataannya WFH (work from home) dan WFO (work from office) masih menjadi pro dan kontra bagi sebagian orang.

WFH memang terkesan lebih santai dibandingkan WFO, namun jangan salah, para pelaku WFH seringkali dihadapkan dengan miskomunikasi, jadwal rapat daring yang ketat, bahkan perihal overtime pun tidak kalah dengan WFO dan tentu masih banyak faktor stressor lain.

Jika tidak berhati-hati, bisa-bisa Sobat Halal mengalami krisis eksistensial karena selalu berada di rumah atau terbiasa di rumah hingga kehilangan gairah untuk meninggalkan zona nyaman.

Untuk menghindari dampak tersebut, sebaiknya rutin melakukan self-care. Menurut Oxford Dictionary self-care adalah upaya mengambil peran aktif untuk melindungi kebugaran dan kebahagiaan diri sendiri, khususnya selama periode stres.

Self-care bukanlah tindakan egois atau wasting karena self-care merupakan langkah untuk merawat diri dengan melakukan hal-hal bermanfaat bagi diri sendiri.

Menurut pakar psikolog kesehatan klinis, Helen L. Coons, PhD, ABPP, self-care dapat dikatakan tindakan untuk fisik, emosi, relasi, dan mungkin juga profesional, edukasi, untuk beberapa orang, kesejahteraan spiritual yang mencerminkan cara kita menjaga diri kita sendiri pada tingkat yang paling mendasar.

Sehingga melalui self-care, kita dapat mengelola kesehatan fisik dan mental dengan baik. Pada akhirnya, baik pelaku WFO mau pun WFH, keduanya sama-sama memerlukan self-care.

Lakukan beberapa tantangan self-care ini saat Sobat Halal bekerja dari rumah.

1. Sesekali beristirahat di luar ruangan

Hilangkan kebiasaan makan di ruang kerja. Berpindah ruanglah untuk menghirup udara luar, merasakan sinar matahari dan melihat bentuk lain selain di ruang kerja. Kalau memungkinkan, Sobat Halal bisa makan bersama keluarga yang ada di rumah sambil berbincang santai.

2. Hindari berpenampilan seadanya

Hanya karena anda WFH bukan lantas berpenampilan sembarangan meskipun sebenarnya bukan masalah. Tapi dengan berpenampilan layaknya kamu akan pergi ke kantor seperti biasanya, rapi, wangi, dan good looking bisa menaikkan mood.

3. Renggangkan tubuh dan minumlah segelas air putih setiap 1-2 jam sekali.

Berjalan-jalan di ruangan sebentar, hindari berdiam diri terus-menerus di atas kursi. Tubuh butuh peregangan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan akibat tubuh kurang bergerak. Asupan air putih sangat penting untuk menghindarkan diri dari dehidrasi.

4. Kenakan Blue-Light-Blocking glasses untuk menjaga kesehatan mata

Ini adalah kacamata dengan lapisan khusus yang menghalangi sinar biru yang ditimbulkan dari layar monitor komputer dan smartphone. Kacamata jenis ini sekarang bisa didapat dengan mudah dan murah. Selain nyaman, dengan kacamata ini mata jadi tidak mudah lelah.

5. Lakukan video call untuk koordinasi secara personal

Penting untuk melakukan hal ini agar tetap terjadi kontak secara face to face sehingga fungsi sosial bekerja dalam tim dengan rekan kerja tetap terjaga.

6. Hindari overtime yang tidak perlu

Jika target kerja harian telah tercapai atau kamu sedang libur dan tidak ada hal yang bersifat urgent, sebaiknya hindari membuka laptop. Jika suntuk, lakukan hal lain agar tercipta work-life balance.

7. Lakukan bersih-bersih atau general cleaning

Lakukan ini setiap kamu sedang libur atau saat pekerjaan tidak terlalu padat. Ruangan di rumah yang bersih akan terasa lebih nyaman dan termasuk upaya menjaga kesehatan.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 1 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar