Bagikan artikel ini

Semangka dikenal sebagai buah yang kaya air, segar dan cocok dinikmati saat cuaca panas. Di Indonesia semangka selalu tersedia sepanjang tahun dan bisa dibeli mulai dari pasar tradisional sampai supermarket moderen. Buah Semangka tergolong ke dalam keluarga ketimun atau cucurbitaceae.

Selain mengandung 92% air,  Health Benefits Times menyatakan bahwa semangka mengandung vitamin A, B6, C, kalium, antioksidan, flavonoid, citrulline, asam amino, likopen, senyawa fenolik dan seng. Likopen, flavonoid dan antioksidan inilah yang banyak bermanfaat bagi kulit.

Yuk kita cermati beberapa manfaat semangka untuk kesehatan kulit berikut ini!

1. Meremajakan Kulit

Tingginya antioksidan pada semangka dapat menangkal radikal bebas sehingga bisa merevitalisasi kulit dan membuatnya lebih elastis. Akibatnya kulit kusam pun bisa kembali cerah secara alami.

2. Mengecilkan Pori

Vitamin A pada semangka dapat membantu mengecilkan pori, sehingga dapat meminimalisir sekresi minyak berlebih dari kelenjar sebaceous.

3. Meredakan Jerawat

Kandungan vitamin A, B6 dan C baik untuk kulit berjerawat. Selain menutrisi, kandungan tersebut dapat meredakan jerawat.

4. Melembabkan

Kadar air dalam buah ini efektif memberikan hidrasi pada kulit sehingga kulit menjadi lembab secara alami. Saat Sobat Halal sedang beraktifitas luar ruang terutama di bawah terik matahari seperti saat berenang atau jogging, sangat disarankan mengonsumsi semangka agar kulit tidak mengalami kering berlebihan.

5. Memperlambat Penuaan

Tingginya likopen, vitamin A dan vitamin B pada semangka dapat mengurangi dampak radikal pada kulit, sehingga mencegah timbulnya flek hitam, garis halus atau keriput.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk manfaat buah semangka
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar