Foto Ilustrasi oleh Timur Weber via pexels

Makan sahur bagi banyak orang merupakan tantangan tersendiri. Bagaimana tidak, dalam kondisi masih ngantuk, nafsu makan pun belum lagi muncul. Tapi kita harus memaksakan diri untuk makan dan minum agar badan tetap fit berpuasa selama sekira 13 jam ke depan. Jadinya makan sahur tidak bisa banyak-banyak yang penting ada yang dimakan.

Lalu ada sebagian orang yang beranggapan bahwa semakin banyak porsi makanan yang dimakan saat sahur akan membuat tubuh semakin kuat berpuasa seharian. Namun, secara medis terbukti bahwa bukan berapa banyak makanan yang dimasukkan tapi pentingnya makanan yang sarat nutrisi, bergizi dan mengandung protein tinggi-lah yang membuat seseorang dapat merasa kenyang lebih lama.

Kini selain makanan yang biasa kita santap, Sobat juga Halal dapat melakukan variasi menu dengan beberapa pilihan makanan yang direkomendasikan berikut ini ya!

1. Kentang

Kentang Oven (foto: Markus Winkler via Unsplash)

Kentang mengandung banyak vitamin C dan kandungan pati yang tinggi. Menurut para ahli, kentang lebih efektif mengenyangkan perut jika dibandingkan roti putih.

Namun demikian, saran penyajian yang dianjurkan untuk mendapat manfaat maksimal adalah dengan cara direbus atau dipanggang dan bukan digoreng ya.

2. Minyak Kelapa

Ilustrasi foto oleh Towfiqu Barbhuiya via pexels

Berdasarkan riset, minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak yang unik, yaitu 90% lemak jenuh yang dicerna tubuh dan dirubah menjadi badan keton.

Badan keton merupakan asam yang dihasilkan saat tubuh mulai aktif membakar lemak  untuk menghasilkan energi.

Menurut penelitian, badan keton memiliki efek penurunan napsu makan loh. Saran penyajiannya, Sobat Halal dapat mencampurkannya dengan makanan lain seperti sayur atau salad.

3. Ikan

Ikan (foto: Alex Teixeira via Unsplash)

Ikan merupakan sumber protein hewani dari laut yang memiliki kandungan omega-3. Berdasarkan beberapa penelitian, asam lemak pada omega-3 memiliki efek mengeyangkan tahan lama pada penderita obesitas.

Selain itu, protein dari ikan merupakan protein yang memiliki efek mengenyangkan paling lama di antara protein yang berasal dari makanan lain.

4. Telur

Telur (foto: Trang Doan
via Pexels)

Telur merupakan sumber protein, vitamin dan mineral yang tinggi. Menurut penelitian dari para ahli, telur mampu memberikan rasa kenyang selama 4 jam ke depan, wow!

5. Gandum

Gandum (foto: Priscilla Du Preez via Unsplash)

Gandum merupakan makanan yang bermanfaat untuk mengontrol kolestrol dan gula darah dalam tubuh. Selain baik bagi pencernaan dan rendah kalori, gandum juga memiliki kandungan serat yang tinggi.

6. Kacang atau Jenis Biji-Bijian

Kacang/Biji-Bijian (foto: Mike via pexels)

Selain mengandung banyak vitamin, protein dan mineral, kacang dan biji-bijian juga membantu membersihkan pencernaan. Selama tidak disajikan dengan rasa yang terlalu asin dan manis, kacang tidak akan menghasilkan kalori tinggi, bahkan dapat menjaga rasa kenyang lebih lama.

***

Itu tadi beberapa jenis makanan yang bisa membuat Sobat Halal tidak gampang merasa lapar saat berpuasa. Tapi jangan lupakan juga asupan sayuran, buah dan tentu saja air putih yang cukup ya. Selamat berpuasa!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Makanan Sehat untuk Sahur
[Total: 4 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar