Calendula (Foto: Patrick Pahlke via unsplash)

Calendula atau biasa disebut Pot Marigold, merupakan bunga hias yang cukup populer. Bunga ini berasal dari selatan Eropa, Mediterania, marigold dikenal akan warna cerah dan aromanya yang harum serta menenangkan.

Ajaibnya, bunga hias ini memiliki banyak manfaat untuk kulit loh, Sobat Halal! Banyak peneliti yang mengungkapkan bahwa calendula memiliki senyawa bioaktif yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, sehingga banyak ditemukan dalam produk pelembab, tabir surya, toner face wash dan sejenisnya.

Food and Drug Administration (FDA), Badan Pegawasan Makanan dan Obat Amerika Serikat, menyatakan calendula kering dapat dimanfaatkan sebagai bahan bumbu atau minuman, termasuk salah satunya kosmetik. Penasaran kan? Kita cermati manfaatnya satu per satu yuk!

Calendula Kering (Foto: Alina Vilchenko via pexels)

1. Anti Inflamasi

Calendula memiliki khasiat anti inflamasi yang sangat bermanfaat bagi penyembuhan luka, khususnya kasus peradangan kulit.

2. SPF Alami

Kulit rentan akan stress oksidatif, calendula dapat menghasilkan kolagen alami dan SPF yang dapat melindungi kulit dengan baik.

3. Anti Aging Alami

Kolagen dapat meningkatkan kelembaban, kekencangan dan kekenyalan kulit, sehingga membuat Sobat Halal tampak lebih muda.

4. Calming

Selain aroma harum dan menenangkan, kalendula dapat meredakan peradagan pada kulit seperti jerawat atau ruam popok.

5. Mencegah Infeksi Jamur

Berdasarkan penelitian, kalendula dapat mengobati infeksi dari 23 jenis jamur candida pada area kulit sekitar vagina.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Calendula
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar