Kredit: Samer Daboul via pexels

Keceriaan Idul Adha tentu Sobat Halal memiliki kebiasaan bersama keluarga atau sahabat dong! Setelah melaksanakan qurban lalu berkumpul bersama, bakar sate atau mengadakan barbeku biasanya menjadi rutinitas yang tidak bisa ditinggalkan selama hari raya tersebut.

Berbicara tentang sate, barbeku atau daging yang dibakar, tahukah Sobat Halal jika makanan yang dimasak dengan cara dibakar konon bisa mempercepat timbulnya keriput daripada makanan yang dipanggang dengan teflon atau oven? Wah, bisa gawat, padahal Idul Adha biasanya identik dengan makan sate sepuasnya ya, Sobat Halal!? Kita cari tahu dulu yuk informasinya!

Menurut penelitian dari University of Illinois proses mengolah makanan dengan cara dibakar atau dengan suhu tinggi memang bisa memicu peningkatan Advanced Glycation End Products (AGE) pada makanan.

Pada dasarnya zat ini diproduksi secara alami oleh tubuh. Namun semakin bertambahnya usia, maka akan semakin meningkat presentasenya di dalam tubuh. Meskipun demikian, penyumbang AGE  terbesar dalam tubuh sebenarnya berasal dari makanan yang dikonsumsi.

Makanan dengan tingkat AGE yang tinggi mudah sekali kita kenali. Biasanya rasa makanan menjadi lebih enak, tekstur lebih crunchy, lebih legit dan terasa lebih manis dan tasty. Misalnya seperti lemak kambing yang dibakar, gula yang terkaramelisasi pada brownies panggang, saus yang menjadi gumpalan kerak di dasar hot plate, bumbu ikan atau ayam bakar yang menghitam serta nikmat untuk disesap dan masih banyak lainnya.

Dilansir dalam Genius Beauty, para ilmuwan dari Inggris menemukan fakta bahwa makanan yang dibakar bisa mempercepat proses penuaan dini pada wanita karena AGE mampu meningkatkan proses glikolisasi dalam tubuh dengan sangat cepat. Glikolisasi sendiri merupakan proses melimpahnya gula darah dalam tubuh sehingga berpotensi besar merusak sel.

Saat sel-sel dalam tubuh mengalami kerusakan, salah satunya proses regenerasi kulit secara alami pun akan ikut terganggu dan menimbulkan berbagai masalah kulit termasuk keriput. Selain itu, pengolahan makanan dengan metode bakar dapat memicu pemasalahan lainnya seperti diabetes, asam lambung, kanker dan lain sebagainya.

Itulah sebabnya, sate yang dimasak dengan cara dibakar tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan, tidak terkecuali steak, ayam bakar, ikan bakar, sosis bakar dan makanan lain yang dibakar. Memang seperti kata pepatah sesuatu yang dikonsumsi berlebihan memang tidak baik kan?

Nah jika sudah mengonsumsi sate atau barbeyu secukupnya tapi masih ingin menghabiskan sisa daging di kulkas, Sobat Halal bisa juga memasak dengan cara alternatif, dari dibakar menjadi dikukus, direbus atau dipanggang tetapi jaga agar dagingnya tidak sampai berubah warna menjadi cokelat tua alias gosong.

Selain itu memarinasi bahan dengan rosemary, oregano dan rempah lainnya atau dengan mengucurkan jeruk juga merupakan solusi untuk mengurangi peningkatan AGE dalam makanan loh. Juga imbangi makanan selama perayaan hari raya Idul Adha dengan konsumsi makanan atau minuman mengandung antioksidan seperti minuman sehat, buah dan sayur serta tidak makan berlebihan.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk informasi ini
[Total: 5 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar