Kredit: Samer Daboul via pexels
Share artikel ini:


Keceriaan Idul Adha tentu Sobat Halal memiliki kebiasaan bersama keluarga atau sahabat dong! Setelah melaksanakan qurban lalu berkumpul bersama, bakar sate atau mengadakan barbeku biasanya menjadi rutinitas yang tidak bisa ditinggalkan selama hari raya tersebut.

Berbicara tentang sate, barbeku atau daging yang dibakar, tahukah Sobat Halal jika makanan yang dimasak dengan cara dibakar konon bisa mempercepat timbulnya keriput daripada makanan yang dipanggang dengan teflon atau oven? Wah, bisa gawat, padahal Idul Adha biasanya identik dengan makan sate sepuasnya ya, Sobat Halal!? Kita cari tahu dulu yuk informasinya!

Menurut penelitian dari University of Illinois proses mengolah makanan dengan cara dibakar atau dengan suhu tinggi memang bisa memicu peningkatan Advanced Glycation End Products (AGE) pada makanan.

Pada dasarnya zat ini diproduksi secara alami oleh tubuh. Namun semakin bertambahnya usia, maka akan semakin meningkat presentasenya di dalam tubuh. Meskipun demikian, penyumbang AGE  terbesar dalam tubuh sebenarnya berasal dari makanan yang dikonsumsi.

Makanan dengan tingkat AGE yang tinggi mudah sekali kita kenali. Biasanya rasa makanan menjadi lebih enak, tekstur lebih crunchy, lebih legit dan terasa lebih manis dan tasty. Misalnya seperti lemak kambing yang dibakar, gula yang terkaramelisasi pada brownies panggang, saus yang menjadi gumpalan kerak di dasar hot plate, bumbu ikan atau ayam bakar yang menghitam serta nikmat untuk disesap dan masih banyak lainnya.

Dilansir dalam Genius Beauty, para ilmuwan dari Inggris menemukan fakta bahwa makanan yang dibakar bisa mempercepat proses penuaan dini pada wanita karena AGE mampu meningkatkan proses glikolisasi dalam tubuh dengan sangat cepat. Glikolisasi sendiri merupakan proses melimpahnya gula darah dalam tubuh sehingga berpotensi besar merusak sel.

Saat sel-sel dalam tubuh mengalami kerusakan, salah satunya proses regenerasi kulit secara alami pun akan ikut terganggu dan menimbulkan berbagai masalah kulit termasuk keriput. Selain itu, pengolahan makanan dengan metode bakar dapat memicu pemasalahan lainnya seperti diabetes, asam lambung, kanker dan lain sebagainya.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk informasi ini
[Total: 5 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar