Ilustrasi foto oleh vjapratama [via pexels]
Share artikel ini:


Bulan Ramadhan saatnya seluruh umat Muslim di dunia melaksanakan ibadah puasa. Sehari penuh sejak matahari terbit sampai matahari terbenam umat Muslim yang melaksanakan puasa atau shaum tidak makan ataupun minum.

Ternyata menahan asupan makanan dan minuman saat berpuasa di Bulan Ramadhan bukan sekedar perintah agama saja, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Mulai dari menjaga berat badan, regenerasi sel darah hingga fungsi jantung dan kesehatan pembuluh darah yang lebih baik. Selain itu puasa juga bisa menjaga tubuh tetap awet muda, bugar, dan lebih sehat.

Tapi ada syaratnya, agar manfaatnya bisa kamu rasakan, yaitu dengan cara pada saat waktunya berbuka jangan makan minum berlebihan ya! Yuk kita lihat beberapa manfaatnya di bawah ini:

1. Detoksifikasi

Mengosongkan lambung dari asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 12 jam di siang hari bisa memberi kesempatan lambung dan organ-organ dalam seperti hati, empedu dan pankreas untuk beristirahat. Maklum dengan terus menerus diberi asupan mereka harus bekerja keras untuk memisahkan zat-zat berbahaya yang mungkin terbawa dalam makanan minuman.

Saat itu organ-organ pencernaan punya kesempatan untuk membersihkan tubuh dan melakukan detoksifikasi. Sehingga akan meningkatkan sirkulasi darah dan membuang racun berbahaya dalam tubuh.

2. Menekan Nafsu Makan

Di hari-hari biasa seringkali kita mengalami perasaan tidak tahu kapan kita kenyang. Atau makan karena bosan sehingga kita terus menerus mengemil makanan. Berpuasa dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Dengan berpuasa kita Anda akhirnya terbiasa untuk tidak merasa lapar sepanjang waktu.

Selama bulan suci Ramadhan dengan mengatur asupan makanan tubuh kita mulai terbiasa tidak memasukkan makanan di luar kebutuhan. Sehingga semakin sedikit kita memasukkan makanan ke dalam perut kita dalam jangka waktu yang lama, semakin menyusut perut kita. Akhirnya perut kita terbiasa merasa kenyang setelah hanya sedikit makanan. Proses ini juga akan meningkatkan produksi hormon tiroid dalam tubuh, meningkatkan metabolisme dalam prosesnya.

3. Metabolisme Tubuh yang Lebih Baik

Salah satu manfaat puasa yang lain adalah mengurangi obesitas; Puasa akan mendorong enzim hati untuk memecah kolesterol dan lemak untuk mengubahnya menjadi asam empedu, yang, pada gilirannya akan diubah menjadi enerji – yang pada akhirnya merangsang metabolisme yang lebih cepat.

Berikan bintang kamu untuk Manfaat Berpuasa di Bulan Ramadhan
[Total: 4 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar