Ilustrasi foto oleh vjapratama [via pexels]

Bulan Ramadhan saatnya seluruh umat Muslim di dunia melaksanakan ibadah puasa. Sehari penuh sejak matahari terbit sampai matahari terbenam umat Muslim yang melaksanakan puasa atau shaum tidak makan ataupun minum.

Ternyata menahan asupan makanan dan minuman saat berpuasa di Bulan Ramadhan bukan sekedar perintah agama saja, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Mulai dari menjaga berat badan, regenerasi sel darah hingga fungsi jantung dan kesehatan pembuluh darah yang lebih baik. Selain itu puasa juga bisa menjaga tubuh tetap awet muda, bugar, dan lebih sehat.

Tapi ada syaratnya, agar manfaatnya bisa kamu rasakan, yaitu dengan cara pada saat waktunya berbuka jangan makan minum berlebihan ya! Yuk kita lihat beberapa manfaatnya di bawah ini:

1. Detoksifikasi

Mengosongkan lambung dari asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 12 jam di siang hari bisa memberi kesempatan lambung dan organ-organ dalam seperti hati, empedu dan pankreas untuk beristirahat. Maklum dengan terus menerus diberi asupan mereka harus bekerja keras untuk memisahkan zat-zat berbahaya yang mungkin terbawa dalam makanan minuman.

Saat itu organ-organ pencernaan punya kesempatan untuk membersihkan tubuh dan melakukan detoksifikasi. Sehingga akan meningkatkan sirkulasi darah dan membuang racun berbahaya dalam tubuh.

2. Menekan Nafsu Makan

Di hari-hari biasa seringkali kita mengalami perasaan tidak tahu kapan kita kenyang. Atau makan karena bosan sehingga kita terus menerus mengemil makanan. Berpuasa dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Dengan berpuasa kita Anda akhirnya terbiasa untuk tidak merasa lapar sepanjang waktu.

Selama bulan suci Ramadhan dengan mengatur asupan makanan tubuh kita mulai terbiasa tidak memasukkan makanan di luar kebutuhan. Sehingga semakin sedikit kita memasukkan makanan ke dalam perut kita dalam jangka waktu yang lama, semakin menyusut perut kita. Akhirnya perut kita terbiasa merasa kenyang setelah hanya sedikit makanan. Proses ini juga akan meningkatkan produksi hormon tiroid dalam tubuh, meningkatkan metabolisme dalam prosesnya.

3. Metabolisme Tubuh yang Lebih Baik

Salah satu manfaat puasa yang lain adalah mengurangi obesitas; Puasa akan mendorong enzim hati untuk memecah kolesterol dan lemak untuk mengubahnya menjadi asam empedu, yang, pada gilirannya akan diubah menjadi enerji – yang pada akhirnya merangsang metabolisme yang lebih cepat.

Secara alami, puasa juga menurunkan nafsu makan sehingga menurunkan kadar hormon lapar dalam tubuh. Tanpa kita sadari kita akan terbiasa mengubah ukuran porsi makan kita menjadi lebih sedikit secara signifikan setelah berpuasa sebulan penuh.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Puasa yang berasal dari kata “shaum”, dalam Bahasa Arab yang berarti “menahan diri”, dalam hal ini dari makanan dan minuman (juga dari hawa nafsu lainnya). Nah saat tubuh kita “dipaksa” mengalami proses kelaparan, tubuh akan membakar cadangan lemak dan mengubahnya menjhadi energi.

Hilangnya cadangan jaringan lemak dalam tubuh yang dibakar menjadi energi saat tubuh berpuasa, akan membuat struktur fisik yang lebih baik secara keseluruhan, membuat masa otot menjadi lebih padat,

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh sebagian besar dihasilkan dari sel darah putih. Dengan berpuasa akan mendorong tubuh kita untuk mendaur ulang sel darah putih tua yang akan menghasilkan sistem kekebalan yang lebih sehat dan lebih kuat. Tubuh kita akan meregenerasi sel induk yang terdiri dari sel darah merah dan putih bersama dengan trombosit setelah tubuh kita mengonsumsi makanan lagi.

6. Tekanan Darah yang Lebih Stabil

Dengan mengurangi asupan garam ke dalam tubuh selama berpuasa, khususnya dari aneka makanan cemilan akan membuat garam yang terbuang melalui urin lebih sedikit. Pada gilirannya hal ini akan membantu menurunkan tekanan darah tubuh.

7. Membentuk Postur Tubuh

Banyak atlit atletik profesional yang menggunakan metode puasa menjelang pertandingan besar. Karena berpuasa adalah kunci untuk membakar lemak sambil dan mengoptimalkan pertumbuhan otot oleh HGH (Human Growth Hormone = Hormon Pertumbuhan Manusia).

HGH yang secara organik diproduksi oleh tubuh manusia bertugas membangun massa otot yang secara efektif dan membakar lemak. Meskipun HGH hamya aktif dalam aliran darah hanya beberapa menit saja, itu akan sangat membantu meningkatkan kekuatan otot tanpa lemak yang bisa membentuk postur tubuh yang lebih baik.

8. Meningkatkan Fungsi Kardiovaskular

Dengan berpuasa dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan kinerja otot bersama dengan peningkatan pertumbuhan sel-sel baru pembuluh darah. Pada gilirannya akan membuat jantung yang lebih sehat,

9. Kesehatan Mental

Berpuasa juga sangat membantu menyeimbangkan pikiran dan mengurangi tekanan mental. Apalagi bagi umat Muslim, berpuasa bukan saja menahan diri dari makan minum, tapi juga mengendalikan hawa nafsu secara keseluruhan. Dengan menahan amarah akan memperkuat pikiran, melatih sabar, mempertajam fokus dan memberikan kejernihan mental.

Meningkatnya kesehatan mental ini juga adalah efek secara biologis sebagai akibat dari pengurangan asupan kalori, gula dan garam.

10. Pengendalian Gula Darah

Makanan dan minuman terutama yang bersifat olahan seringkali mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Sehingga bila terakumulasi akan menyebabkan kadar gula dalam tubuh berlebihan. Dengan berpuasa, kadar glukosa dalam darah bisa menjadi stabil dan dapat mencegah pemicu timbulnya diabetes tipe 2.

11. Membuat Kulit Lebih “Glowing” dan Memperlambat Proses Penuaan Dini

Berpuasa juga bisa memperlambat proses penuaan, membuat tubuh lebih muda dan bugar lebih lama. Puasa membuat produksi jaringan dan sel yang dipulihkan di dalam tubuh manusia, membuang sel-sel yang tidak perlu dalam prosesnya.

Hal ini memungkinkan tubuh kita memproduksi kolagen yang membuat kulit yang lebih sehat dan lebih glowing dan mencegah kerusakan sel berlebih penyebab penuaan dini.

12. Membuat Fungsi Otak dan Kognitif Lebih Sehat

Saat tubuh kita berpuasa, darah dalam tubuh kita akan dipenuhi dengan lebih banyak endorfin. Pada gilirannya itu akan memberi kita perasaan lebih sejahtera dan kesehatan mental yang baik. Efek keseluruhan dari berpuasa memiliki dampak yang sama pada otak seperti halnya latihan fisik.

* Diadaptasi dari artikel asli: Muslim Aid: The Benefits of Fasting


Berikan bintang kamu untuk Manfaat Berpuasa di Bulan Ramadhan
[Total: 4 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar