Ilustrasi (Andres Ayrton via pexels)

Mempertahankan berat badan agar selalu dalam kondisi ideal sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Selain mencegah timbulnya berbagai macam penyakit, tubuh dengan berat badan ideal akan terasa lebih fit dan tak mudah lelah.

Mengonsumsi makanan halal sudah pasti baik untuk tubuh, tapi tetap diperhatikan porsinya. Meskipun halal kalau porsinya terlalu banyak, ya tetap saja akan berdampak tidak baik untuk tubuh kita.

Seperti kata sebagian orang, yang paling utama untuk jaga berat badan ideal adalah “JAMU”. Eits tapi “JAMU” yang dimaksud di sini bukan jamu yang dari rempah-rempah itu ya Sobat Halal, tapi singkatan, “JAMU” = jaga mulut, alias memperhatikan asupan makanan kita.

Nah selain “JAMU”, berikut adalah 10 tips agar berat badan ideal Sobat Halal tetap terjaga.

1. Jangan Lewatkan Sarapan Pagi

Ilustrasi oleh Nazmul-Alam Badhon (via pexels)

Sarapan pagi dalam Bahasa Inggris disebut sebagai “breakfast”. Kalau diterjemahkan break artinya buka, dan fast artinya puasa, alias buka puasa. Loh koq bisa? Ya memang, sarapan pagi itu adalah buka puasa setelah semalaman tubuh kita berpuasa saat tidur.

Sarapan pagi penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang hilang selama kita tidur. Dan ingat melewatkan sarapan pagi sama sekali tidak akan membantu menurunkan berat badan. Yang terjadi selain kehilangan nutrisi penting, kamu malah akan mengemil lebih banyak sepanjang hari karena tubuh butuh asupan nutrisi.

2. Jadwal Makan Teratur

Usahakan Sobat Halal punya jadwal makan di siang hari secara teratur. Dengan membiasakan tubuh menerima asupan makanan yang teratur itu akan membantu metabolisma tubuh untuk membakar kalori lebih cepat.

Dengan jadwal makan yang terartur juga mengurangi godaan untuk mengemil terutama jenis makanan yang tinggi lemak dan gula yang bisa memicu kenaikan berat badan.

3. Perbanyak Makan Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran hijau adalah makanan sangat sehat, lihat saja Popeye, hanya dengan makan bayam saja langsung otot-otonya muncul. Tapi ya meski efeknya tidak akan seekstrim Film Popeye, kandungan kalori, rendah lemak serta serat yang tinggi dalam dalam buah dan sayuran hijau akan menjaga berat badan ideal Sobat Halal.

Selain itu kandungan vitamin dan antioksidan yang dikandung buah dan sayuran banyak manfaatnya untuk seluruh organ tubuh kita seperti kulit, mata, usus, dll.

4. Makan Makanan Berserat Tinggi

Makanan yang mengandung serat tinggi dapat membantu perut merasa kenyang dalam waktu lebih lama. Sehingga tidak merangsang kita untuk makan lebih banyak.

Makanan berserat tinggi bisa ditemukan dalam buah dan sayuran, gandum, nasi merah, singkong dan kacang-kacangan (termasuk buncis, kacang polong, kacang merah, kacang panjang, dll).

5. Biasakan Membaca Label Makanan Dalam Kemasan

Ilustrasi oleh Tracy O’Connor

Khusus untuk makanan dalam kemasan biasanya ada label yang mencantumkan kandungan kalori dan nutrisinya di bagian belakang kemasannya. Baca dengan seksama dan temukan berapa persen Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang sudah kamu konsumsi hari ini.

Ingat ya, AKG ini harus dipadukan juga dengan asupan dari makanan lain di luar makanan kemasan yang Sobat Halal konsumsi. Misalnya AKG karbohidrat yang ada dalam satu makanan kemasan (contoh mie instan), harus dijumlahkan dengan karbohidrat yang sudah Sobat Halal dapat dari asupan lain, misalnya nasi.

Dengan membaca label makanan maka kita bisa mengontrol seberapa banyak asupan kalori harian yang kita konsumsi agar berat badan ideal tetap terjaga.

6. Gunakan Piring dengan Ukuran Lebih Kecil

Otak kita bisa “ditipu” untuk merasa kenyang dengan efek visual. Maksudnya begini, 10 sendok nasi akan terlihat sedikit jika ditaruh dalam piring besar. Sebaliknya 10 sendok nasi yang sama akan terlihat banyak jika diletakkan dalam piring kecil. Nah otak kita tidak menghitung 10 sendoknya, tapi jumlah “sedikit” atau “banyak” dari visual yang dihasilkan oleh ukuran piring.

Otak juga butuh waktu sekitar 20 menit untuk mengetahui bahwa perut sudah kenyang. Karena itu makanlah dengan perlahan, dan berhentilah makan sebelum perut benar-benar merasa kenyang.

7. Bergerak Lebih Aktif

Hati-hati dengan kemudahan teknologi. Melototin layar hape atau smart TV memang bikin betah untuk duduk berlama-lama. Tapi hati-hati jika tubuh kurang bergerak maka tubuh akan kesulitan dalam membakar kalori. Jadi diet yang tepat harus disertai dengan tubuh yang lebih aktif bergerak.

Lakukan olah raga ringan agar otot-otot di tubuh bergerak. Atau jika tak sempat berolahraga secara khusus, lakukan aktifitas ringan seperti menyapu ruangan, membereskan tempat tidur atau mencuci piring. Selain bisa rumah beres, aktifitas ringan semacam itu akan memberikan rangsangan tubuh untuk membakar kalori.

8. Jangan Pantang Makanan

Jangan berpantang makanan halal, apalagi jika itu makanan favorit Sobat Halal, bakso misalnya. Berpantang makanan hanya akan membuat keinginan makan makanan tersebut makin besar. Yang terjadi ketika kesempatan itu ada malah balas dendam.

Makan makanan yang memiliki kalori tinggi tidak apa dilakukan sekali-sekali, selama kita bisa menjaga tetap ada dalam batas kalori harian kita.

9. Perbanyak Minum Air Putih

Banyaknya pilihan minuman manis apalagi bersoda sering mengacaukan bedanya rasa haus dan lapar. Maksud hati menghilangkan haus, tapi jika malah meminum minuman manis atau bersoda, bukan hausnya yang hilang malah kalori yang semakin bertumpuk di tubuh kita.

Minum air putih minimal 8 gelas sehari akan memenuhi kebutuhan tubuh dan mencegah dari timbulnya rasa haus dan lapar secara berlebihan

10. Jangan Menyetok Junk Food di Lemari Kita

Junk food terutama makanan kemasan yang tahan lama seperti coklat, biskuit, keripik serta minuman manis bersoda sebaiknya tetap berada di mini market saja, tapi jangan menyetok atau menyimpan di lemari kita. Terlalu besar godaannya, apalagi saat kita mengalami “sugar rush” di malam hari.

Lebih aman menyimpan junk food di mini market saja, minimal kalau sesekali kita ingin makan makanan tersebut kita harus usaha dulu untuk keluar rumah. Itu akan meredam keinginan kita.

Ilustrasi camilan sehat (Maddi Bazzocco via unsplash)

Agar berat badan ideal tetap terjaga, mending kita stok camilan sehat seperti buah, biskuit gandum, kacang-kacangan tawar (misalnya: mete, macadamia, dll).


Berikan bintang kamu
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar