Ilustrasi (Andres Ayrton via pexels)
Share artikel ini:


Mempertahankan berat badan agar selalu dalam kondisi ideal sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Selain mencegah timbulnya berbagai macam penyakit, tubuh dengan berat badan ideal akan terasa lebih fit dan tak mudah lelah.

Mengonsumsi makanan halal sudah pasti baik untuk tubuh, tapi tetap diperhatikan porsinya. Meskipun halal kalau porsinya terlalu banyak, ya tetap saja akan berdampak tidak baik untuk tubuh kita.

Seperti kata sebagian orang, yang paling utama untuk jaga berat badan ideal adalah “JAMU”. Eits tapi “JAMU” yang dimaksud di sini bukan jamu yang dari rempah-rempah itu ya Sobat Halal, tapi singkatan, “JAMU” = jaga mulut, alias memperhatikan asupan makanan kita.

Nah selain “JAMU”, berikut adalah 10 tips agar berat badan ideal Sobat Halal tetap terjaga.

1. Jangan Lewatkan Sarapan Pagi

Ilustrasi oleh Nazmul-Alam Badhon (via pexels)

Sarapan pagi dalam Bahasa Inggris disebut sebagai “breakfast”. Kalau diterjemahkan break artinya buka, dan fast artinya puasa, alias buka puasa. Loh koq bisa? Ya memang, sarapan pagi itu adalah buka puasa setelah semalaman tubuh kita berpuasa saat tidur.

Sarapan pagi penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang hilang selama kita tidur. Dan ingat melewatkan sarapan pagi sama sekali tidak akan membantu menurunkan berat badan. Yang terjadi selain kehilangan nutrisi penting, kamu malah akan mengemil lebih banyak sepanjang hari karena tubuh butuh asupan nutrisi.

2. Jadwal Makan Teratur

Usahakan Sobat Halal punya jadwal makan di siang hari secara teratur. Dengan membiasakan tubuh menerima asupan makanan yang teratur itu akan membantu metabolisma tubuh untuk membakar kalori lebih cepat.

Dengan jadwal makan yang terartur juga mengurangi godaan untuk mengemil terutama jenis makanan yang tinggi lemak dan gula yang bisa memicu kenaikan berat badan.

3. Perbanyak Makan Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran hijau adalah makanan sangat sehat, lihat saja Popeye, hanya dengan makan bayam saja langsung otot-otonya muncul. Tapi ya meski efeknya tidak akan seekstrim Film Popeye, kandungan kalori, rendah lemak serta serat yang tinggi dalam dalam buah dan sayuran hijau akan menjaga berat badan ideal Sobat Halal.

Berikan bintang kamu
[Total: 3 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar