digital book-474dc189

Terlalu banyak beraktivitas di rumah tentu menimbulkan rasa jemu jika Sobat Halal tidak mengisi keseharian dengan ragam kegiatan. Demikian juga halnya ketika Sobat Halal pulang bekerja, selain penat rasanya butuh hiburan yang berbeda.

Membaca adalah pilihan yang paling pas untuk beristirahat, tanpa perlu membeli buku, Sobat Halal bisa mengakses aplikasi-aplikasi yang menyediakan layanan baca buku digital gratis.

1. Wattpad

Aplikasi yang usianya sudah 14 tahun ini berasal dari Toronto, Kanada. Selain menyediakan wadah bagi para pengguna, khususnya para penulis, Wattpad juga memberikan akses para pengguna untuk membaca jutaan karya yang ada di aplikasi tersebut secara gratis.

Cara menggunakannya mudah sekali loh Sobat Halal, download aplikasi dan sign up menggunakan akun google, lalu Sobat Halal bisa langsung mengakses jutaan cerita dengan pilihan genre yang bermacam-macam.

2. CABACA

Nah, kalau yang satu ini adalah aplikasi baca dan perbitan di Indonesia. Aplikasi ini dikenal memiliki fitur yang unik jika dibandingkan dengan platform lainnya, yaitu :

  • 3 bab pertama setiap buku bisa diakses dengan gratis
  • Ada misi kerang untuk transaksi di aplikasi. Sobat Halal akan menerima kerang gratis setiap kali memberikan rating pada buku, membagikan cerita, memberikan komentar di setiap bab, dan setiap kali mengalami kenaikan level baca. Asik ya, bahkan membaca ada levelnya, dapat bonus lagi. Selain itu, Sobat Halal akan mendapatkan 100 kerang saat pertama kali sign up
  • Baca offline. Membaca lewat ponsel seringkali banyak gangguan ya Sobat Halal, terutama saat banyak notifikasi dari media sosial. Dengan fitur yang satu ini, Sobat Halal bisa membaca dengan tenang dengan memasang mode pesawat pada ponsel. Selain itu, tidak perlu galau lagi karena sinyal yang terkadang tidak bersahabat dan baterai menjadi lebih hemat.
  • Status buku. Di aplikasi cabaca, fitur status buku tidak terbatas ‘tamat’ atau ‘bersambung’ saja, tetapi juga dilengkapi informasi buku yang di update dari hari Senin hingga Minggu
  • #happyhournyacabaca atau lebih dikenal dengan tagar #jambacanasional, Sobat Halal bisa baca gratis semua buku tiap pukul 21.00-22.00 WIB

Namun demikian, aplikasi ini tidak membebaskan penggunanya untuk menulis dan mengunggah ceritanya dengan bebas. Semua naskah yang diunggah di Cabaca wajib melewati seleksi yang ketat. Tentu saja hal ini demi kenyamanan pengguna, Tim Cabaca selalu mengedepankan kualitas untuk para pembacanya.

3. Storial.co

Storial dikenal sebagai wattpad versi Indonesia karena sekilas terlihat mirip. Selaim itu, Storial juga membebaskan penggunanya untuk mengunggah ceritanya di aplikasi.

Jika naskah yang diunggah berhasil menggaet banyak pembaca dan dinilai layak, maka besar kemungkinan naskah unggahan tersebut akan dikontrak oleh Storial atau bahkan penerbit terkemuka yang ada di Indonesia.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 0 Rata-rata: 0]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar