Tteokbokki, siapa sih yang tidak kenal makanan yang satu ini? Makanan khas Korea yang berwarna merah menyala dan rasanya pedas ini kini hampir bisa kita temukan di mana saja, bahkan peminatnya sangat banyak sejak drama Korea mencuri perhatian penonton Indonesia. Momentum ini pun tidak dilewatkan oleh para pelaku bisnis kuliner, menu Tteokbokki di Indonesia pun menjamur dan digilai banyak penggemar Korea.

Tidak semua tteokkbokki yang dijual di Indonesia memiliki rasa yang sama dan itu merupakan hal yang wajar mengingat produsennya pun berbeda. Beda tangan, beda pula rasanya. Namun, apa jadinya ya jika warna merah pada Tteokbokki menjadi berwarna kehitam-hitaman?

Hadyan Asrafi, pemilik Brand “Dapur Cak Yen” yang berlokasi di Puri Mayang  Cluster Bougenville Blok G-8, Mayang Mangurai,  Jambi adalah pelopor Tteokbokki dengan saus gochujang yang berwarna kehitam-hitaman.

Hadyan Asrafi

Selain menyukai makanan Korea, Hadyan sendiri mengaku terinspirasi oleh Netflix yang memberikan banyak pilihan drama Korea. Sebelum memulai usahanya, Hadyan melakukan riset makanan Korea dengan mencoba memasak resep-resep masakan Korea. Bahkan, ia mengalami beberapa kali trial-error sampai akhirnya menemukan cita rasa yang pas di lidah.

Modalnya pun terbilang minim, Hadyan merogoh kocek sebesar Rp 150.000 untuk mencoba-coba resep. Sisanya mengandalkan alat-alat dan bahan yang sudah berada di dapur. Untuk store saat ini pun belum tersedia karena masih pandemi, sehingga ia memutuskan untuk berjualan dari rumah saja. Sejauh ini usahanya juga terdaftar dalam GoFood dan GrabFood.

“Awalnya orang tua jual Burgo, Pempek, dan sebagainya, tapi sejak Januari 2021 saya transformasikan ke menu-menu Korea,” terang Hardyan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menu Tteokbokki milik Hadyan memberikan ciri khas tersendiri, yakni sausnya berwarna merah kehitaman. Pada umumnya, saus Tteokbokki difermentasikan, namun Hardyan tidak memfermentasikan sausnya lantaran menurutnya Indonesia tidak ada musim dingin, selain itu hasil alamnya melimpah sepanjang tahun sehingga mudah untuk menemukan bahan-bahannya.

Tteokbokki dengan Saus Gochujang (instagram@dapurcakyen)

Dalam hal ini, Hadyan menjelaskan bahwa produknya tidak hanya harus berbeda saja, melainkan juga harus menjadi lebih baik. Oleh karena itu, keunikan dan cita rasa merupakan keunggulan dalam produknya.

Dapur Cak Yen menawarkan varian makanan Korea seperti Tteokbokki Gochujang, Karaage Thyme Eeg Rice Bowl, Eomuk, Ayam Pedas Korea, Karaage Gochujang, Gochujang Chiken Wings, Jjajangmyeon, dan Es Jeruk Kalamansi yang menyegarkan.

Selain sempat dianggap ‘aneh’ dan dipandang sebelah mata oleh konsumennya, Hadyan mengaku pernah mengalami masa-masa di mana produknya hanya terjual 1-3 bungkus saja per hari. Namun berkat usaha yang tanpa henti, kini Tteokbokki dan menu lainnya menjadi best seller di Kota Jambi dan terjual sampai ludes.

Testimonial dari pelanggan juga menunjukkan kepuasan dan sangat positif, bahkan ada yang mengklaim bahwa Tteokbokkinya adalah yang terbaik di Kota Jambi.

“Kalau untuk omset masih naik secara bertahap, karena kapasitas kita juga baru sanggup untuk mengerjakan maksimal 75 porsi per hari, sehari biasanya laku sekitar 30 hingga 50 porsi untuk makanan di range harga Rp 15.000 – Rp 24. 000,” terang Hardyan.

Rencana ke depannya, Hadyan ingin melakukan rebranding menjadi GOCHUJANG.ID dan berencana ekspansi pasar di 5 titik strategis Kota Jambi terlebih dahulu, baru setelah itu Hadyan ingin membuka cabang di seluruh Nusantara.

“Kalau aku mulai dulu aja, karena yang terpenting bukan ide awal tapi bagaimana kita bisa mengembangkan dan mengoreksi ide awal itu menjadi sesuatu yang bernilai jual lebih,” ujar Hadyan saat ditanya tips menjadi entrepreneur.

“Lamborghini pun pada awalnya hanyalah sebuah merk mesin traktor yang sekarang bertransformasi menjadi super car termahal di dunia. Kita gak pernah tahu akan jadi apa brand receh yang kita mulai, tapi kita tahu brand kita tidak akan menjadi apa apa jika tidak dimulai,” imbuhnya.

Sobat Halal bisa kunjungi instagram Dapur Cak Yen yang memasang slogan: “Dapur Cak Yen, BEST TTEOKBOKKI IN JAMBI, 100% HOMEMADE 100% HALAL, Different but better”

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Dapur Cak Yen
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar