Rizki Fauzi (foto HalalLife.ID)

Rizki Fauzi yang akrab dipanggil Kiki ini memulai usaha kecilnya pada tahun 2018.

“Kondisinya saat itu aku habis melahirkan, jadi ya jualannya gak greget karena masih sibuk sama baby dan mood masih acak-acakan banget,” ungkapnya kepada HalalLifeID kemarin Minggu (30/8).

Kiki mengakui bahwa aktifitas berjualan yang kerap ia lakukan itu awalnya hanya untuk iseng-iseng karena dia memang memiliki hobi berjualan. Selain itu ia sendiri masih terikat kontrak kerja sebagai karyawan kantor yang memang bekerja secara remote dari rumah. Namun lambat laun, hobinya yang kerap menghasilkan cuan ini semakin asik untuk ditekuni hingga mengalami trial and error.

Kiki sendiri merasakan secara langsung, bahwa hasil tidak bisa didapat secara instan sehingga ia selalu berusaha mencari alternatif lain untuk berjualan. Menurutnya, tiap usaha yang gagal berarti belum rezeki.

“Awalnya aku cuma me time sama handphone, di kamar lagi rebahan, terus nemu komunitas penjual dengan harga barang yang jauh lebih murah dari e-commerce padahal sama,” terangnya.

“Dari situ aku mulai post barang-barang di story-ku dan ada yang mau beli dong, jadinya aku beli barang ada barengannya dan lebih murah. Kayak kulakan bareng gitu loh, bahkan aku ngeluarin modah gak sampe seratus ribu waktu itu.”

Semenjak pandemi Kiki semakin getol menggeluti hobi jual belinya ini. Di akun sosial media lapaknya, yakni @babykidsgoods, ia juga menyertakan tautan grup whatsapp-nya linktr.ee/hijastip. Jika sobat halal mengaksesnya, maka akan langsung digiring masuk bergabung ke grup whatsapp bernama “JAJAN MURAH AMANAH”. Wah, sudah murah, amanah pula.

Kiki sangat bersyukur karena hobi yang ia tekuni berujung keuntungan. Namun tak jarang juga Kiki mengalami kesulitan, dari membagi waktu, mengelola komunikasi dengan pihak-pihak terkait seperti kustomer dan supplier. Bahkan ia pernah di-ghosting oleh pelanggannya sendiri. Pasalnya pelanggan tersebut tidak membayar setelah dikirimi invoice dan menerima barang, sejak saat itu Kiki belajar menjadi penjual yang lebih hati-hati.

Selain itu, ia juga pernah mengalami masalah delay pada pengiriman. Hal tersebut jelas menghambat progress penjualan, khususnya kepada reseller yang sudah menanti barang dari jauh-jauh hari.

“Ya itulah kenapa aku mengawali usaha ini dengan kirim invoice di belakang. Karena aku tahu kalau barang ke-pending tapi disuruh bayar dulu itu rasanya gak enak. Aku maunya ada barang, ada uang, dan itu berlaku untuk para resellerku. Tujuannya pun agar reseller pada tetap semangat jualan dan kita belajar jadi untuk sama-sama amanah.” Ungkap Kiki.

Berkat kerja keras dan kejujurannya, sekarang Kiki mengantongi omzet hingga 20 jutaan setiap bulannya. Berhubung barang dagangannya berdasarkan kebutuhan konsumen, maka terkadang omzetnya mengalami kenaikan atau penurunan. Namun hal tersebut dapat ia atasi dengan menawarkan barang-barang yang kerap dibutuhkan atau lagi viral.

“Karena kalau yang aku jual sesuai sama kebutuhan anggota grup, sudah pasti omzetnya naik,” ungkapnya, bahkan ia tak melewatkan momen berjualan croffle maker saat demam croffle merajalela.

Ke depannya, Kiki ingin memiliki gudang sendiri dan impor barang sendiri. Selain itu, ia ingin membuka lapangan kerja, menambah reseller, dan bisa membuka kedai juga konveksi, sebab impiannya dari dulu adalah memiliki usaha kuliner.

“Kalau mau usaha memang kuncinya adalah amanah sama konsumen dan supplier, lalu sedekah. Seiring berjalannya waktu, usaha ini bikin aku jadi punya tujuan, yaitu sedekah. Kalau ada sumber dayanya bersedekah jadi terasa mudah,” imbuhnya.

Selain itu, Kiki juga menyarankan untuk memilih usaha yang sesuai dengan hobi sehingga bisa dijalankan dengan enjoy dan nyaman.

Nah, buat Sobat Halal yang tertarik dengan lapak Kiki bisa langsung mampir ke instagram @babykidsgoods dan langsung akses linktr.ee/hijastip untuk bergabung ke dalam lapak sekaligus berkenalan dengan Kiki.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk @babykidsgoods
[Total: 2 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar