Sobat Halal, Olahraga merupakan salah satu upaya untuk menjaga tubuh tetap sehat di masa pandemi. Hasil penelitian dari University of Virginia School of Medicine menyatakan bahwa olahraga bisa mencegah dan mengurangi risiko terkenanya Acute Respiratory Distress Syndrome (ARDS) yang merupakan gejala perburukan dari COVID-19

WHO pun mengeluarkan rilis pedoman olahraga bagi orang dewasa di tehnag pandemic yang melanda seluruh dunia. Rekomendasi ini dirilis saat jumlah kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan secara signifikan. Hal ini karena riwayat obesitas cukup rentan terinfeksi virus corona.

“Aktif secara fisik sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan. Aktivitas ini juga dapat memperpanjang umur,” ungkap Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus selaku Direktur Jenderal WHO

Rekomendasi olahraga pada masa pandemi tergantung kesehatan masing-masing individu. Pada individu yang sehat atau tidak memiliki gejala apapun, dianjurkan dapat berolahraga di lingkungan pribadi, misalnya di rumah syarat ventilasi udara yang bagus dan dapat menggunakan alat pribadi dan yang terpenting tubuh harus sehat, tidak demam, pusing, nyeri otot atau keluhan lainnya. Olahraga di rumah dengan alat sederhana adalah langkah praktis untuk meminimalkan risiko penularan dan mengurangi risiko penyakit.

Rekomendasi olahraga di masa pandemi :

  1. Jalan kaki: Dapat meningkatkan detak jantung, menurunkan tekanan darah, hingga menguatkan otot jantung. Dengan rutin jalan kaki aliran darah dalam tubuh akan semakin lancer.
  2. Yoga: Beberapa riset membuktikan, partisipan dengan usia 40 tahun dan sudah melakuna yoga selama 5 (lima) tahun, mengalami penurunan tekanan darah dan detak jantung, sehingga jantung lebih sehat.
  3. Bersepeda: Sebuah penelitian membuktikan manfaat bersepeda dalam menurunkan risiko stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi.
  4. Lari: Sebuah riset membuktikan, lari selama 5-10 menit setiap hari sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko stroke, jantung dan kanker
  5. Lompat tali: Dengan lompat tali di dalam rumah kamu bisa meningkatkan koordinasi tubuh, menguatkan otot kaki, dan tentunya menyehatkan jantung.

Tips berolahraga yang aman saat masa pandemi :

  1. Tetap selalu gunakan masker saat olahraga diluar rumah, dan bila perlu selalu bawa masker cadangan. Apabila masker dirasa sudah basah oleh keringat segera ganti, karena fungsi masker jadi hilang jika dipakai dalam keadaan basah.
  2. Bersihkan tangan sesering mungkin, tangan kita harus selalu dalam keadaan bersih, dan kamu bisa menggunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol 60%.
  3. Tentukan lokasi yang sepi dan tidak banyak orang berkerumun dan tetap menjaga jarak.
  4. Saat di sekitarmu sepi kamu bisa sesekali melepas masker untuk mendapatkan asupan oksigen yang maksimal, dan yang perlu diingat jangan taruh maskermu di dagu, tapi simpan masker dengan dibalut tissue bersih, supaya ketika kamu pakai masker masih tetap bersih.

Dan yang pasti harus Sobat Halal perhatikan adalah pastikan cairan tubuh selalu tercukupi sebelum, dan sesudah melakukan latihan fisik.

Salam sehat selalu.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 0 Rata-rata: 0]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar