Gowes alias bersepeda merupakan salah satu aktivitas olah raga yang digandrungi banyak kalangan. Komunitasnya pun mudah ditemukan di mana saja, meski dilakukan sendiri atau bersama keluarga pun bisa.

Di kota-kota besar area untuk gowes bisa dibilang terbatas karena padatnya penduduk dan lalu lintas. Namun, Sobat Halal yang hobi gowes dan berdomisili di area Tangerang tidak perlu cemas! Sekalipun padat, Tangerang punya wisata alam yang bisa dituju sambil gowes.

Yuk kita cek satu per satu!

1. Tanjung Kait

Foto: vins/HLID

Tanjung Kait adalah pantai yang tak jauh dari pusat Kota Tangerang. Akses menuju pantai ini bagus, sehingga cocok untuk dijadikan rute gowes yang asik. Untuk masuk ke Tanjung Kait, Sobat Halal harus melewati kawasan area Radar TNI AU, setelah itu akan sampai di warung-warung pinggir pantai Tanjung Kait.

Di tempat ini Sobat Halal dapat beristirahat sambil menikmati keindahan alam, angin, debur ombak, bahkan bisa mengabadikan momen dengan pemandangan menakjubkan. Konon pantai ini merupakan tempat bagi para “pencari cahaya”, yaitu para penggiat fotografi.

2. Bukit Kandang Godzilla

Foto: vins/HLID

Bukit ini dikenal juga sebagai Tebing Koja, lokasinya tepat di Kampung Koja, Desa Cikuya, Solear, Tangerang, Banten. Untuk mencapai tempat ini Sobat Halal dapat melewati rute antara Rangkasbitung dan Maja.

Tempat ini merupakan kawasan batu kapur dengan luas area mencapai 2 ha, bentuknya sangat artistik dan dinamis. Masuk ke tempat ini wajib membayar retribusi yang telah ditentukan.

Selain menjadi bisa tujuan gowes yang ciamik, ada banyak kegiatan yang bisa Sobat Halal lakukan di sini seperti berperahu, off road, fotografi, trekking, piknik dan beberapa kegiatan lainnya.

3. Danau Cisoka

Kredit: instagram @cisoka-rinajuwita2111

Danau ini terletak di Jalan Cigaru, Cisoka, Tangerang, Banten. Rute dari Jakarta menuju danau ini cukup aman karena selalu ada polantas yang bertugas di sepanjang jalan.

Danau ini punya tiket masuk yang murah dan punya beberapa warung makan di tepi danau. Danau Cisoka juga dikenal sebagai telaga biru, sayangnya air di danau tidak selalu berwarna biru cerah. Jika cuaca baik, air danau tidak keruh dan berwarna biru menawan.

4. Danau Gawir

Kredit: instagram @gawir-dimas.y.langlang

Danau Gawir berada di Legok, Tangerang. Akses menuju danau ini cukup berlumpur. Namun, bagi Sobat Halal yang hobi gowes petualangan, rute ini justru terbilang seru.

Setelah gowes, Sobat Halal bisa jajan dan istirahat sambil menikmati pemandangan sekitar yang menenangkan. Di Danau Gawir ini sering digunakan juga untuk foto-foto prewed lho Sobat Halal.

5. Pulau Cangkir

Foto: vins/HLID

Pulau Cangkir berada di Desa Kronjo, Tangerang. Dulu areanya tersebut luasnya mencapai 4,5 ha dan memiliki bentuk menyerupai cangkir bila dilihat dari udara.  Selain itu, pulau ini merupakan swadaya masyarakat dengan pengurus makam setempat, yakni makam Pangeran Jaga Lautan.

Selain ziarah, pengunjung dapat berkeliling menyusuri hutan mangrove, menyaksikan aktivitas para pelayan dan menikmati keindahan di sekitar.

Sobat Halal bisa menikmati jajanan dan makanan olahan hasil laut yang banyak dijajakan di sepanjang Pulau Cangkir, yuk cuzz buruan kemari yuk!

6. Danau Cisawang

Kredit: instagram @danaucisawang

Butuh rute yang cukup menantang? Danau Cisawang yang berada di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, yang tak jauh dari Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPITEK) cocok Sobat Halal coba.

Jalannya memang cukup terjal, tetapi tetap nyaman untuk dilalui dengan sepeda. Sobat Halal bisa gowes, istirahat, makan dan ngopi sambil melihat-lihat alam sekitar.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk rute gowes seputaran Tangerang
[Total: 7 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
2 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Dinilai
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar