Ilustrasi via unsplash.com

“Pakeeeet!!!!” Hayo, siapa yang sering dengar teriakan ini di pintu depan rumah? Mendengar teriakan kurir yang mengantar pesanan barang yang kita beli online dari market place kini rasanya lebih merdu dari lagu apapun.

Tapi hati-hati kecanduan Sobat Halal, kemudahan pesan barang hanya dari smartphone sambil rebahan, ditambah dengan diskon melimpah dan iming-iming gratis ongkos kirim, bisa-bisa bikin kita lupa diri dalam belanja online.

Belanja online tentu boleh saja, asal tahu batasan dan sesuai dengan kebutuhan ya, Sobat Halal. Karena jika berlebihan, hal tersebut akan memberikan dampak buruk bagi kondisi finansial Sobat Halal.

Wah, kalau sudah kecanduan belanja bagaimana ya? Yuk kita cermati beberapa tips menanggulangi kecanduan berbelanja online, siapa tahu bisa bermanfaat untuk Sobat Halal!

1. Usahakan Hindari Penggunaan Kartu Kredit dan Fasilitas Belanja Kredit

Tidak bisa dipungkiri bahwa kartu kredit atau fasiltas kredit belanja dulu bayar belakangan mempermudah seluruh transaksi keuangan kita. Salah satunya pengguna tidak perlu lagi mengkhawatirkan saldo yang ada di tabungan. Namun, hal ini cenderung menyebabkan pengguna jadi tidak bisa mengontrol uang yang dibelanjakan.

2. Buat Jadwal Belanja dan Daftarnya

Jadilah smart shopper dengan cara menentukan daftar sekaligus jadwal belanja, misal sebulan sekali atau dua minggu sekali. Dengan begitu, Sobat Halal sudah langsung tahu apa yang harus dibelanjakan, sehingga dapat memilah barang-barang barang yang benar-benar diperlukan dan yang bukan prioritas.

3. Gunakan Fasilitas Tabungan Berjangka

Memegang uang secara berlebihan atau menggunakan mbanking juga tanpa sadar kerap menjadi pemicu untuk selalu berbelanja. Tantanglah diri anda untuk membuka tabungan berjangka yang nominalnya langsung ditentukan dan tidak bisa diambil hingga kurun waktu tertentu. Alih-alih kehabisan uang, Sobat Halal justru punya tabungan di masa depan.

4. Super Sale? Belajar Berpikir Seperti Pria

Pria fokus terhadap seberapa banyak ia mengeluarkan uang untuk berbelanja. Di sisi lain, wanita justru berpikir seberapa banyak ia berhemat saat berbelanja. Semisal harga sebuah sepatu adalah 500 ribu, diskon 200 ribu, sehingga harga menjadi 300 ribu dan kemudian kita membelinya. Kenyataannya kita tidak sedang menghemat 200 ribu, melainkan menghabiskan uang sebesar 300 ribu.

5. Log Out / Uninstall Aplikasi Belanja Online

Cara ini adalah cara terakhir yang cukup ekstrim untuk dilakukan jika cara-cara sebelumnya belum mampu menghentikan kecanduan belanja online. Cara terakhir ini biasanya ampuh untuk mengurangi rasa penasaran dan lapar mata untuk belanja online secara berlebihan.

***

Jadi Sobat Halal, kemudahan teknologi dalam belanja online sejatinya untuk mempermudah hidup kita. Tapi kemudahan itu jangan sampai jadi jebakan yang malah mempersulit hidup kita. Jadilah smart and wise shopper!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 1 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar