Sobat Halal sudah pernah dengar istilah Eco Enzyme? Jika belum, ini penjelasannya serta manfaatnya bagi kita dan lingkungan.

Eco enzyme adalah larutan multifungsi yang difermentasi dari kulit buah-buahan dan sisa sayuran mentah yang dicampurkan dengan gula dan air. Komposisi perbandingan 1:3:10 (1 bagian gula, 3 bagian kulit buah dan sayur, 10 bagian air mentah) selama 3 bulan, ditempat atau wadah yang tertutup rapat.

Tujuan utama pembuatan Eco Enzyme untuk mencegah sampah organik dari dapur kita menumpuk di TPA, sehingga mencemari lingkungan, menghasilkan gas metana yang memperparah pemanasan global. Dengan kita membuat Eco Enzyme berarti kita sudah menolong bumi kembali sehat.

Manfaat lain dari Eco Enzyme bisa juga dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga seperti untuk mencuci baju, mencuci piring, pel lantai, mandi, berkumur, dan cuci muka.

Eco Enzyme juga memiliki manfaat dibidang pertanian sebagai penyubur tanah dan tanaman, dan juga sebagai pengusir hama.

Manfaat Eco Enzyme yang lain di bidang pengobatan juga mampu sebagai obat luka (gosok), mengatasi flue (diffuser), obat kulit  gatal (oles), mengatasi sesak napas, kaki pegel linu, mengatasi insomnia sehingga tidur lebih nyenyak (aroma terapi), meningkatkan imunitas dan masih banyak lagi.

Kegunaan lain Eco Enzyme di lingkungan bisa untuk menjernihkan udara, menjernihkan air, menyerap bau, mengusir tikus, kecoa, dan semut.

Mungkin selama ini sudah ada yang memanfaatkan sampah organik sebagai kompos dan POC, itu bagus, tapi dengan diolah menjadi Eco Enzyme maka sampah organik ini jadi memiliki kemanfaatan yang  jauh lebih luas jangkauannya!

Yuk Sobat Halal mari kita mulai manfaatkan Eco Enzyme dalam kehidupan sehari-hari kita!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 3 Rata-rata: 2.7]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar