Ilustrasi foto oleh Muhammad Ruqi Yaddin via unsplash

Tubuh merupakan aset utama kita untuk beraktivitas dengan produktif, baik itu bekerja, berolahraga, bahkan saat bepergian dalam urusan dinas ataupun liburan. Bicara soal liburan, tentu saja tubuh yang sehat juga merupakan kebutuhan utama, apalagi di tengah pandemi seperti saat ini. Harapannya pasti tubuh selalu dalam kondisi sehat baik sebelum berangkat ataupun setelah pulang.

Namun demikian, kesehatan tubuh tidak didapat begitu saja, tapi wajib dijaga. Bagi Sobat Halal yang hobi berpetualang, berikut tips menjaga kesehatan saat berlibur, yuk kita simak!

1. Sarapan Adalah Kunci

Sarapan memiliki banyak manfaat, antara lain memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh untuk melakukan aktivitas pagi, menjaga kesehatan otak, mencegah penyakit maag dan menjaga agar makan tetap terkontrol.

Jangan lewatkan sarapan dengan gizi yang seimbang sebelum Sobat Halal memulai petualangan di hari yang indah!

2. Konsumsi Vitamin

Banyak yang berasumsi bahwa ketika tubuh dalam kondisi yang sehat, tidak masalah jika seseorang tidak mengonsumsi suplemen atau vitamin apapun.

Memang pada dasarnya, kita sudah mendapat asupan gizi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Namun, terkadang semua zat tersebut tidak dapat diserap tubuh secara sempurna karena banyak faktor.

Oleh karena itu, pertahankan kesehatan Sobat Halal dengan konsumsi vitamin saat berlibur. Jangan lupa konsumsi sayur dan buah juga ya!

3. Selalu Minum Air yang Cukup

70% berat tubuh manusia terdiri dari air, sehingga asupan cairan sangat diperlukan saat beraktivitas agar tubuh tidak lemas. Biar ramah lingkungkan dan selalu diingatkan, tumbler motivasi bisa jadi pilihan agar Sobat Halal tidak lupa untuk selalu minum air putih saat sedang berlibur.

Atau jika gak sempat bawa tumbler, beli air mineral botol secukupnya untuk diminum berkala. Dan jangan tunggu haus, minumlah sesuai anjuran dokter, minimal 8 gelas sehari.

4. Safety First!

Di era pandemi ini beberapa hal tambahan yang harus kita persiapkan dan pertimbangkan untuk berlibur. Selain bersiap untuk rapid antigen atau PCR saat menggunakan transportasi umum, jangan lupa untuk selalu memakai masker dan membawa hand sanitizer. Tetap menjaga jarak aman ya, Sobat Halal!

Biasakan mencuci tangan dengan air yang mengalir sebelum makan. Jika darurat, Sobat Halal bisa memanfaatkan hand sanitizer atau tisu anti bakteri.

5. Pilih Makanan Sehat

Di mana pun dan kapan pun, Sobat Halal wajib mengonsumsi makanan sehat ya. Namanya liburan tentu banyak godaan untuk menikmati kuliner di tempat liburan. Tentu boleh untuk menikmati jenis makanan halal yang ada, tapi tetap ingat agar tidak jajan berlebihan untuk jenis makanan yang mengandung minyak, pedas, asam, gula dan garam yang berlebih.

6. Begadang, Jangan Begadang!

Momen liburan kerap dijadikan ajang begadang, terutama saat berkumpul rame-rame bersama teman atau keluarga. Sesekali boleh, tapi jangan tiap malam.

Sayangi tubuhmu, tetap tidur sesuai anjuran kesehatan agar tubuh tetap dalam kondisi prima dan imunitas terjaga. Dan jika kebanyakan begadang, besoknya pasti lemas dan malah tidak bisa menikmati objek-objek wisata di tempat liburan.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu
[Total: 2 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar